3 DESA BINAAN TP PKK TOBA SAMOSIR DIKUNJUNGI TP PKK PROVSU

Selama 2 (dua) hari berturut-turut, dari tanggal 27 Juli hingga 28 Juli 2011, 3 (tiga) desa binaan Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Toba Samosir mendapat kunjungan monitoring oleh TP PKK Provinsi Sumatera Utara.  Ketiga desa binaan itu masing-masing Desa Hutagaol Sihujur Kec. Silaen sebagai Desa menuju Objek Wisata,  Desa Aek Bolon Julu Kec. Balige sebagai desa binaan untuk Program Terpadu Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera atau PTP2WKSS dan Desa Jonggi Manulus Kec. Parmaksian sebagai Desa Percontohan 10 Program Pokok PKK.

Dalam sambutannya saat TP PKK Provsu melakukan monitoring di Desa Aek Bolon Julu, Kec. Balige, Rabu (27/07), Bupati Toba Samosir melalui Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu dalam sambutannya berpendapat, kegiatan pembinaan Desa PTP2WKSS identik dengan kegiatan pengentasan kemiskinan sebagaimana visi dan misi Pemerintah Kabupaten Toba Samosir. Oleh karena itu, Bupati meminta keterlibatan atau peran aktif dari seluruh instansi di Lingkungan Pemkab Toba Samosir.  Dengan dukungan tadi, Bupati berharap PTP2WKSS akan mampu untuk melakukan perbaikan pada unsur “TIGA RAWAN” yang meliputi rawan pendidikan, rawan kesehatan dan rawan ekonomi. Disamping dukungan seluruh instansi terkait, Bupati juga meminta dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat desa binaan PTP2WKSS.

Sementara itu, beberapa jam sebelumnya di hari yang sama, Tim Monitoring TP PKK Provinsi Sumatera Utara juga melakukan penilaian dan monitoring terhadap Desa Hutagaol Sihujur, Kecamatan Silaen sebagai desa binaan menuju Objek Wisata. Selama menyambangi desa tersebut, Tim ini terlihat sangat anatusias melihat keindahan ornament Batak yang terukir dengan sangat indah pada rumah adat Batak yang telah berusia ratusan tahun yang terdapat di desa tersebut. Tim berpesan agar rumah adat ini dijaga kelestariannya karena merupakan aset yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi. Ketika memberikan sambutannya Ketua Tim Monitoring mengharapkan agar para warga dan kader PKK dapat melaksanakan “poda nalima” dalam kehidupannya sehari-hari.

Sesuai jadwal, pada hari berikutnya, Kamis (28/07), TP PKK Provinsi Sumatera Utara kembali melakukan monitoring di Desa Jonggi Manulus, Kecamatan Parmaksian, sebagai Desa Binaan Percontohan 10 Program PKK. Tim Monintoring menilai desa ini cukup berhasil menjadi Desa Binaan Percontohan 10 Program PKK. Hal ini diungkapkan oleh Tim Monitoring dihadapan warga dan kader PKK desa Jonggi Manulus, setelah melakukan monitoring di desa tersebut. Dengan hasil yang didapat ini, Tim Monitoring sendiri yakin bahwa desa ini sangat mungkin untuk lolos ke tahap berikutnya.

Sementara itu pada acara pembukaan yang dilaksanakan sebelum dimulainya kegiatan monitoring, Ketua Tim Monitoring Dra. Wida Sari Daulay, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal diantaranya tentang sejarah awal terbentuknya PKK dan tujuan dibentuknya PKK itu sendiri. Menurutnya tujuan utama dari PKK adalah untuk meningkatkan taraf kesejahteraan keluarga dan masyarakat. Sungguh suatu tujuan yang sangat mulia. Oleh karenanya Ketua Tim ini berharap agar para suami turut mendukung istri mereka untuk mengikuti kegiatan PKK.

Desa Jonggi Manulus merupakan desa ketiga yang  dikunjungi TP PKK Provsu di wilayah Kab. Toba Samosir dalam rangkaian monitoring yang dilakukan. Desa ini sendiri ditetapkan oleh TP PKK Kabupaten Toba Samosir sebagai Desa Binaan Percontohan 10 Program Pokok PKK untuk Tahun 2011. Di desa ini terdapat 117 kepala keluarga yang terbagi dalam tujuh kelompok dasawisma. Menurut Tim Monitoring menilai kader dasawisma desa ini cukup berhasil menjalankan Sistem Informasi Manjemen (SIM) PKK.  Dengan SIM PKK akan didapat data seputar 10 program pokok PKK secara cepat, akurat dan menyeluruh. Data sendiri ini dapat juga digunakan oleh pemerintah untuk melakukan perencanaan pembangunan.

Plt. Sekdakab Tobasa Drs. Liberty Manurung, MM Biztel yang hadir pada kesempatan tersebut mewakili Bupati, menyambut gembira hasil penilaian yang didapat oleh desa Jonggi Manulus. Kedepan Liberty berjanji, Pemkab Tobasa melalui SKPD terkait, akan lebih mengintensifkan lagi pembinaan dan dukungan terhadap desa ini, sehingga kekurangan yang ditemui dapat diperbaiki. Liberty juga berharap desa ini dapat lolos ke tahap berikutnya untuk bersaing dengan desa dari kabupaten lainnya di Sumatera Utara.

Selama melakukan monitoring pada tiga (3) desa binaan ini, TP PKK Provinsi Sumatera Utara didampingi para Pengurus TP PKK Kabupaten Toba Samosir. Kepala Badan Pemmas dan Pemdes James Silaban, SE beserta jajarannya serta camat dari ketiga desa binaan tersebut juga terlihat hadir mendampingi dan mengikuti seluruh tahapan kegiatan ini.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s