“JADIKANLAH JUBILEUM 150 TAHUN HKBP SEBAGAI MOTIVASI UNTUK MELAYANI TUHAN”

Demikian disampaikan Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam sambutannya dihadapan ribuan jemaat HKBP Parparean pada acara Pesta Jubileum 150 Tahun HKBP Tingkat Ressort Eben Ezer Parparean, di Porsea pada hari Minggu (07/08). Lebih lanjut disampaikan Bupati, bahwa sudah sepatutnya kedatangan misionaris yang mewartakan injil 150 tahun yang lalu ke Tano Batak untuk disyukuri seluruh jemaat khususnya jemaat HKBP. Karena menurut Bupati, melalui pewartaan injil dan kehadiran Missionaris tersebut telah membawa kemajuan bagi Bangso Batak dalam berbagai aspek kehidupan, seperti bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya maupun Agama.

Bupati berharap momentum Jubileum 150 Tahun HKBP ini, dapat dijadikan sebagai motivasi  bagi seluruh jemaat HKBP khususnya bagi jemaat dan parhalado HKBP Ressort Eben Ezer Parparean untuk lebih bersemangat melayani Tuhan dan bekerja di Ladang Tuhan. Pada kesempatan itu, Bupati juga kami mengajak seluruh parhalado dan jemaat HKBP Ressort Eben Ezer Parparean, untuk turut serta mendukung visi dan misi Kabupaten Toba Samosir dalam mewujudkan kehidupan yang berlandaskan “Kasih, Peduli dan Bermartabat”. “Dengan dukungan pimpinan gereja dan jemaat, visi dan misi dimaksud akan dapat tercapai dengan baik”, pinta Bupati kepada seluruh jemaat dan pimpinan gereja yang hadir.  Mengakhiri sambutannya, seraya mengucapkan selamat dan sukses atas Pesta Jubileum 150 tahun HKBP Ressort Eben Ezer Parparean, Bupati mengharapkan pesta Jubileum tersebut akan dapat membawa damai, serta memberikan berkat dan sukacita bagi seluruh Jemaat.

Sementara itu, St. Maruahal Napitupulu, SH selaku Ketua Panitia Pesta Jubeleum 150 Tahun HKBP Ressort Eben Ezer Parparean, menyampaikan Pesta Jubileum ini sendiri merupakan bentuk ungkapan syukur jemaat atas telah sampainya ajaran Tuhan Yesus di Tanah Batak, khususnya di HKBP Ressort Eben Ezer Parparean.

Maruahal yakin, kedepan seluruh jemaat HKBP Parparean akan semakin berbuat yang terbaik untuk HKBP dan juga untuk pembangunan di Kabupaten Toba Samosir. Atas nama panitia, tidak lupa Maruahal mengucapkan terima kasih kepada Bupati Toba Samosir dan Wakil Buapti Toba Samosir serta jajaranya yang telah meringankan langkah untuk hadir, juga atas sumbangsih yang diberikan untuk kesuksesan acara tersebut. “Kiranya Bapak Bupati, Wakil Bupati serta seluruh jajarannya semakin diberkati Tuhan dalam memimpin dan menjalankan roda pembangunan di Kabupaten Toba Samosir ini”, ucapnya.

Sebelumnya pada acara kebaktian yang diselenggarakan, Pdt.Parulian Sibarani, MTh (Praeses HKBP Distrik IV Toba) yang bertindak sebagai pengkhotbah, dalam khotbahnya mengambil nats khotbah dari Johannes 6 : 30-35. Rangkaian kebaktian yang berlangsung khidmat dan penuh suasanan keteduhan ini, juga diisi dengan penampilan koor atau paduan suara jemaat mulai dari paduan suara sikkola minggu, naposo bulung,  koor ama dan koor ina.

Masih menurut panitia, disamping untuk memeriahkan Jubileum 150 Tahun HKBP, untuk mempererat persatuan dan kesatuan diantara jemaat, HKBP Ressort Eben Ezer Parparean, Porsea juga  menyelenggarakan perlombaan paduan suara kerohanian antar pagaran se-Ressort Eben Ezer Parparean yang berlangsung dengan hikmat dan berjalan sukses hingga sore harinya. Setelah berlangsungnya perlombaan, Bupati dan Wakil Bupati Toba Samosir juga didaulat untuk menyerahkan hadiah berupa piagam dan dana pembinaan kepada para pemenang.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan dan Wakil Ketua DPRD Toba Samosir Rahmat Kurniawan Manullang. Dari jajaran eksekutif, juga terlihat hadir para Staf Ahli Bupati seperti Staf Ahli Bidang Pemerintahan T.A.Dugat Panjaitan, Staf Ahli Bidang Pembangunan Arusdin Sagala. Pejabat lainnya yang hadir, seperti Inspektur Kabupaten Augus Simanjuntak, SE, Kaban Lingkungan Hidup dan Pertambangan Drs. Agust Nadeak, MSi, Kadis Perhubungan dan Infokom Espon Simanjuntak, Kadis Kesehatan dr. Haposan Siahaan, Mkes, Kadis Pendidikan Dra. Mariani, M.Pd, Kadis Kehutanan dan Perkebunan Hormat Panjaitan, SP, Kadis Pertanian Ir. Parlindungan, Kabag Humas dan Protokol Arwanto H. Ginting, SSTP, Plt. Kepala RSUD Porsea dr. Lisbeth Tambunan, MPH, dan para camat. Acara yang berlangsung meriah ini juga dihadiri hampir seribuan jemaat HKBP Ressort Eben Ezer Parparean.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s