“TUMBUHKAN KEPEDULIAN, PEMKAB TOBASA KEMBALI LAKUKAN BHAKTI SOSIAL”

Kemerdekaan yang telah diperoleh dengan perjuangan yang gigih dan penuh pengorbanan oleh para pendahulu bangsa ini sudah sepantasnya diisi dengan pembangunan yang menyeluruh dalam berbagai aspek kehidupan masyarakatnya. Nasionalisme, patriotisme dan solidaritas dalam ke-Bhineka-an yang diperlihatkan para pendahulu bangsa ini juga sudah sepantasnya dijadikan panutan dan teladan seluruh penerus bangsa. Memperkokoh rasa solidaritas seluruh warga negara salah satunya dapat diwujudkan melalui penumbuhan rasa kepedulian dan pembangunan di bidang sosial kemanusiaan. Oleh karena itu, masih dalam rangka memeriahkan dan menyambut HUT RI ke-66 dan sebagai upaya untuk mewujudkan kepedulian kepada masyarakatnya khususnya kepada masyarakat yang berada dalam kondisi keterbatasan fisik, Pemkab Toba Samosir melalui Panitia HUT RI ke-66 tingkat Kabupaten Toba Samosir melakukan kegiatan bhakti sosial di Panti Karya (PK) Hephata dan Rumah Sakit Kusta Huta Salem, di Laguboti, Toba Samosir, Kamis (11/08).

Kegiatan Bhakti Sosial yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu beserta Ny. Agustina Liberty Pasaribu ini, diisi dengan penyerahan bantuan bingkisan berupa bahan-bahan kebutuhan pokok kepada warga binaan yang menghuni Panti Asuhan dan Rumah Sakit tersebut. Bhakti sosial yang juga diikuti Pengurus TP PKK dan Dharma Wanita Persatuan Toba Samosir ini diawali dengan melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Kusta Huta Salem dan diakhiri dengan mengunjungi PK Hephata yang keduanya berada di wilayah Kecamatan Laguboti.

Dalam amanatnya ketika menyerahkan bantuan secara simbolis, Wabup Liberty Pasaribu berharap baik pihak panti dan rumah sakit beserta seluruh warga binaan di tempat tersebut dapat menilai pemberian bantuan ini sebagai wujud dari kepedulian dan solidaritas Pemkab Toba Samosir. “Lihatlah ini sebagai wujud kepedulian Pemkab Toba Samosir kepada warga binaan yang ada disini”, ujar Liberty

Drs. Sangkap Pasaribu selaku Sekretaris Umum Panitia HUT RI ke-66 tingkat Kabupaten Toba Samosir mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan kepedulian dan meningkatkan tali persaudaraan antara Pemerintah Kabupaten Toba Samosir dengan masyarakatnya, dalam hal ini warga binaan PK Hephata dan RS Kusta Huta Salem. Lebih lanjut Sangkap juga menyampaikan bahwa bantuan yang diserahkan tersebut disamping bersumber dari Panitia HUT juga diperoleh panitia sebagai sumbangan dari beberapa perusahaan Swasta, BUMN/ BUMD seperti PT. Hutahaean, PT Bank Sumut dan PT Bank BRI, Tbk.

Sementara itu, Koordinator Seksi Bhakti Sosial Dr CY. Hasugian, MA dalam laporannya melalui Sediana Lumbanraja, SE menyampaikan bahwa bantuan yang diserahkan untuk Panti Karya Hephata berupa Beras (6 karung), Susu Kental Manis (45 kaleng), Gula Pasir (50 kg), Minyak Goreng (30 kg), Sabun Cuci (8 pak), Sabun Mandi (1 Lusin), Sikat Gigi (1 Lusin), Pasta Gigi (4 Lusin), Mie Instan (25 dus) dan Bubuk Teh (2 pak). Lebih lanjut menurut Sediana, adapun bantuan yang diserahkan untuk Rumah Sakit Kusta Huta Salem terdiri dari Beras (4 karung), Susu Kental Manis (35 kaleng), Gula Pasir (30 kg), Minyak Goreng (24 kg), Sabun Cuci (5 pak), Sabun Mandi (1 Lusin), Pasta Gigi (2 Lusin), Buku Tulis (2 Lusin), Mie Instan (20 dus) dan Bubuk Teh (2 pak).

Mewakili pengurus PK Hephata, Pdt. Osten Matondang menyambut baik pelaksanaan bhakti sosial ini, dan senantiasa berharap bahwa kebersamaan dalam pembangunan kehidupan sosial yang telah dipupuk Pemkab Toba Samosir dapat berkesinambungan sehingga akan menjadi kebahagian bersama khususnya kepada masyarakat yang memiliki keterbatasan fisik atau yang lebih layak disebut sebagai masyarakat yang memiliki kebutuhan khusus/ kemampuan berbeda. Sementara itu, senada dengan Pdt Osten, pada kesempatan sebelumnya J. Manurung mewakili warga binaan di RS Kusta Huta Salem, J. Manurung mengungkapkan rasa terima kasih atas kepedulian yang diwujudkan Pemkab Toba Samosir dan dukungan yang diberikan dalam mewujudkan Indonesia bebas Kusta . Manurung juga berharap agar kepedulian ini terus berkelanjutan hingga akhirnya para warga binaan tersebut dapat memperoleh kehidupan yang layak serta diterima di masyarakat.

Pelaksanaan bhakti sosial ini juga diikuti para pejabat lainnya seperti Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan TA. Dugat Panjaitan dan Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi Saibon Sirait.

BAND TUNA NETRA HEPHATA AKAN TAMPIL DI JAKARTA

Pada kesempatan pelaksanaan Bhakti Sosial tersebut,  Pdt Osten Matondang juga menginformasikan bahwa dalam waktu dekat Kelompok Musik (Band Tuna Netra) PK Hephata memperoleh kesempatan untuk mengisi acara perayaan HUT RI ke-66 di Kementerian Kehutanan RI di Jakarta. Band Tuna Netra ini akan mempersembahkan alunan musik dan lagu yang berisi ajakan untuk melestarikan lingkungan hidup. Setelah melakukan pertunjukan musik, kelompok musik tuna netra ini juga akan melakukan serangkaian kegiatan penanaman pohon khas Danau Toba pada beberapa lokasi.

Penampilan dan rangkaian acara Band Tuna Netra Hephata ini diharapkan nantinya akan dapat menggugah para Putra/i Batak di “parserahan” untuk ingat dan peduli serta semakin mencintai “Bona Pasogit” yang salah satunya dapat diwujudkan dengan memberikan dukungan dalam pelestarian alam di Bona Pasogit. Meskipun kegiatan ini masih dalam skala kecil, Pdt Osten berharap kegiatan Band Tuna Netra Hephata ini akan mampu untuk lebih membuka mata seluruh orang Batak untuk peduli budaya dan kampung halamannya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s