BUPATI TOBA SAMOSIR RESMIKAN KEGIATAN FISIK PNPM-MP DESA UJUNG TANDUK KECAMATAN LAGUBOTI

Pelaksanaan salah satu kegiatan fisik Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) di Kecamatan Laguboti Tahun Anggaran 2010, siang tadi (Kamis, 11/08/2011) diresmikan Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak, di Balai Desa Ujung Tanduk. Peresmian kegiatan tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti. Adapun kegiatan fisik PNPM tersebut yaitu perkerasan jalan (Telford) sepanjang 1.250 M, Dyk sepanjang 315 M dan Drainase sepanjang 286 M yang berlokasi di Desa Ujung Tanduk, dengan anggaran sebesar Rp. 274.147.000. Tidak hanya itu Bupati juga menyerahkan Surat Keputusan bagi pengurus Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan serta penyerahan dana fisik dan dana perguliran Simpan Pinjam Perempuan (SPP) PNPM Mandiri Perdesaan Tahun 2011 kepada kelompok yang berhak menerima sesuai mekanisme dan aturan PNPM. Sebelum meresmikan Telford tersebut, terlebih dahulu Bupati meninjau lokasi yang didampingi oleh Asisten Pemerintahan Rudolf Manurung, Kaban Pemmas dan Pemdes James Silaban, Camat Laguboti Taruli Siagian, Kabag Humas dan Protokol Arwanto H. Ginting, Danramil Laguboti Kapten (Inf.) P. Sitinjak, dan Kepala Desa Ujung Tanduk Elizabeth Simanjuntak.

Berdasarkan laporan Camat Laguboti, kegiatan PNPM-MPd di Kec. Laguboti tidak hanya dilaksanakan di Desa Ujung Tanduk, namun juga di beberapa desa lain yaitu : Desa Sibarani Nasampulu dengan kegiatan pembangunan saluran irigasi Bondar Tangkapan dan Unte Mungkur sepanjang 944M beserta bendungan 1 (satu) unit dengan anggaran sebesar Rp 334.876.000, Desa Op. Raja Hutapea Timur dengan kegiatan pembangunan saluran irigasi sepanjang 521 Meter dengan anggaran sebesar Rp 218.552.000, Desa Si Raja Gorat dengan kegiatan pembangunan saluran irigasi sepanjang 587 Meter dengan anggaran sebesar Rp 164.353.000, Desa Pardomuan Nauli dengan kegiatan pembangunan saluran irigasi sepanjang 848 Meter dengan anggaran sebesar Rp 134.332.000. Disamping itu Camat juga menjelaskan bahwa saat ini jumlah SPP di Kecamatan Laguboti berjumlah 65 kelompok dan berjalan dengan baik. Sementara UEP berjumlah 6 Desa (10 Kelompok) juga berjalan dengan baik.

Pada kesempatan tersebut juga tampak hadir Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan, Anggota DPRD Toba Samosir Dua Robert Hutajulu serta beberapa pejabat Pemkab Toba Samosir seperti Kasat Pol PP Lukman Manurung, Kabag Umum Salomo H.K. Simanjuntak. Hadir pula beberapa Kepala Desa Kec. Laguboti yaitu, Kepala Desa Gasaribu Darianto Pangaribuan, Kepala Desa Lumban Binanga Sihar Hutajulu, Kepala Desa Op. Raja Hatulian Posman Hutajulu, Kepala Desa Sibarani Nasampulu Anna Elfrida Siahaan, Kepala Desa Op. Raja Hutapea Jaya M. Hutapea, Kepala Desa Siraja Gorat Ramlan Pasaribu, Kepala Desa Pardomuan Nauli Josia Hutahaean.

Sementara itu Ketua DPRD pada sambutannya mengatakan bahwa Program PNPM-MP ini bertujuan untuk menanggulangi kemiskinan dan berbasis kemasyarakatan, yang artinya bagaimana meningkatkan kesejahteraan dan memfasilitasi lapangan kerja kepada masyarakat melalui pemberdayaan. Beliau juga menyampaikan bahwa kompetensi masyarakat sangat dibutuhkan, karena desa yang menerima dana PNPM-MP, adalah desa yang masyarakatnya memiliki tingkat kesadaran dan kebersamaan yang tinggi. Beliau menambahkan bahwa program ini sangat menguntungkan masyarakat karena berasal dari masyarakat, untuk masyarakat dan oleh masyarakat. Artinya pembangunan fisik yang terlaksana sudah pasti lebih bermutu karena yang melakukan dan mengawasinya langsung dari masyarakat itu sendiri. Di akhir sambutannya Ketua berharap agar masyarakat menjaga dan merawat apa yang telah mereka bangun agar dapat dipergunakan untuk jangka waktu lama.

“Kunjungan kerja yang kami laksanakan pada hari ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan pengendalian program serta evaluasi terhadap kegiatan PNPM-MP Kab. Toba Samosir sebagai salah satu program nasional pemberdayaan masyarakat untuk mewujudkan program pengentasan kemiskinan sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden No. 13 Tahun 2009 tentang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan”, demikian disampaikan Bupati Toba Samosir di awal sambutannya. Bupati juga menjelaskan dengan mendetail bahwa pada tahun 2010 Pemkab Toba Samosir telah mengalokasikan dana sebesar Rp 3.750.000.000 sebagai dana pendukung dari pusat (APBN) sebesar Rp 15.000.000.000, sehingga seluruhnya berjumlah Rp 18.750.000.000, yang dialokasikan ke 16 kecamatan di Kab. Toba Samosir. Lebih lanjut menurut Bupati, untuk tahun 2011 Pemkab juga telah mengalokasikan dana sebesar Rp 4.100.000.000 sebagai dana pendukung dari pusat (APBN) yang berjumlah Rp 16.400.000.000, sehingga seluruhnya berjumlah Rp 20.500.000.000 yang dialokasikan ke 16 kecamatan.

“Kami sangat mengharapkan dana bantuan yang akan dialokasikan oleh UPK nantinya, dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan petunjuk teknis operasional PNPM-MP”, tambah Bupati terkait dengan dana SPP yang disalurkan. Kemudian beliau juga menyampaikan bahwa berdasarkan hasil koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri, untuk tahun 2012 direncanakan Kab. Toba Samosir akan menerima dana bantuan PNPM MPd sebesar Rp 18.335.000.000. Diakhir sambutannya Bupati berharap peran aktif seluruh masyarakat dan Stakeholder dalam memberhasilkan PNPM-MP di Kabupaten Toba Samosir untuk terwujudnya masyarakat yang penuh kasih, peduli dan bermartabat.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

2 thoughts on “BUPATI TOBA SAMOSIR RESMIKAN KEGIATAN FISIK PNPM-MP DESA UJUNG TANDUK KECAMATAN LAGUBOTI”

  1. Bravo buat tobasa yg menghargai perjuangan leluhur kita dulu,,
    semoga Tobasa makin maju dan jaya dikemudian dgn bersih dari KKN sesuai dengan visi PemKab Tobasa Penuh Kasih dan Bermartabat. Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s