Berita Terbaru

BUPATI TOBA SAMOSIR MINTA PERAN AKTIF SELURUH STAKEHOLDER UNTUK BERHASILKAN PROGRAM PNPM-MP

Himbauan tersebut disampaikan Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak pada salah satu butir bimbingan dan arahannya pada acara peresmian kegiatan fisik PNPM-MP Tahun 2010 di Desa Siantar Sitio Tio Kecamatan Siantar Narumonda, pagi tadi (12/08). Pada acara tersebut Bupati meresmikan salah satu kegiatan fisik di Desa Siantar Sitio Tio, yaitu pembangunan saluran irigasi sepanjang 560 meter dengan alokasi dana sebesar Rp 84.901.000 yang ditandai dengan penandatangan prasasti. Namun disamping saluran irigasi tersebut Desa Siantar Sitio Tio juga mendapat bantuan kegiatan fisik PNPM-MP lainnya yaitu pembangunan saluran irigasi sepanjang 766 meter dengan alokasi dana Rp 155.900.000. Selain meresmikan kegiatan fisik PNPM-MP, pada kesempatan tersebut Bupati juga menyerahkan dana program PNPM-MP Tahun 2011 dan perguliran dana simpan pinjam perempuan (SPP).

Pada kesempatan tersebut tampak hadir Wakil Ketua DPRD Kab. Toba Samosir Rahmat K. Manullang, Asisten Pemerintahan Rudolf Manurung, Kaban Pemmas dan Pemdes James Silaban, Kasat Pol PP Lukman Manurung, Kabag Umum dan Perlengkapan Salomo H.K. Simanjuntak, Kabag Humas dan Protokol Arwanto H. Ginting,  Camat Siantar Narumonda Janji Situngkir, para Kepala Desa dan segenap lapisan masyarakat Desa Siantar Sitio Tio.

Informasi yang berhasil diperoleh berdasarkan laporan Camat, bahwa Kecamatan Siantar Narumonda pada tahun 2010 kemarin mendapat alokasi Dana PNPM-MP sebesar Rp 1.321.500.000, dimana Rp 984.375.000 dialokasikan untuk kegiatan fisik pada beberapa desa, antara lain: Desa Narumonda II dengan kegiatan fisik Perkerasan jalan sepanjang 180 meter dengan alokasi dana Rp 22.475.900 dan Rabat Beton sepanjang 360 meter dengan alokasi dana Rp 126.623.100, Desa Narumonda V dengan kegiatan fisik pembangunan saluran irigasi dengan alokasi dana Rp 143.349.000, Desa Narumonda VI dengan kegiatan fisik perkerasan jalan sepanjang 350 meter dengan alokasi dana Rp 71.598.000, Desa Siantar Sigordang dengan kegiatan fisik Pipanisasi sepanjang 2.000 meter dengan alokasi dana Rp 108.642.600, Desa Siantar Dangsina dengan kegiatan fisik pembangunan saluran irigasi 650 meter dengan alokasi dana Rp 270.902.200, disamping dua saluran irigasi di Desa Siantar Sitio Tio sebagaimana telah dijelaskan diatas. Camat juga menjelaskan bahwa Saluran Irigasi sepanjang 560 meter tersebut di atas, mampu mengairi persawahan seluas 75 Hektar, yang hasilnya benar-benar dinikmati masyarakat dan  berkat saluran irigasi sepanjang 766 meter masyarakat telah memiliki kolam ikan bersama seluas 10 Rante.

Sementara untuk Simpan Pinjam Perempuan (SPP) mendapat alokasi dana sebesar Rp 328.125.000 dengan rincian: Desa Narumonda II (1 kelompok) dengan alokasi dana Rp 43.916.000, Desa Narumonda V (2 kelompok) dengan alokasi dana Rp 105.263.000, Desa Siantar Tonga-tonga II (1 kelompok) dengan alokasi dana Rp 21.052.000, Desa Siantar Dangsina (2 kelompok) dengan alokasi dana Rp 78.947.000, Desa Narumonda VI (1 kelompok) dengan alokasi dana Rp 42.105.000, Desa Narumonda VIII (1 kelompok) dengan alokasi dana Rp 36.842.000.

“Berkat kerja keras Bupati Tobasa, Pandapotan Kasmin Simanjuntak, di awal pemerintahannya, Pemkab Toba Samosir tidak jadi mendapat pinalti dari Kementerian Dalam Negeri karena tidak menyediakan dana pendamping untuk dana bantuan pusat (APBN) PNPM-MP”, demikian disampaikan Wakil Ketua DPRD, Rahmat K. Manullang pada sambutannya. Rahmat juga menyampaikan masyarakat Toba Samosir sudah sepantasnya mengucapkan terimakasih untuk kerja keras Bupati. “Keberadaan PNPM MP dapat mengaktualisasikan integritas dalam membangun kapasitas untuk membangun profesionalisme yang tinggi, sehingga keberadaannya dapat digunakan sebagai rangsangan kepada masyarakat untuk bekerja dalam bentuk apapun juga, agar dimampukan se-proporsional mungkin”, lanjut putra Kecamatan Siantar Narumonda tersebut. Rahmat juga berharap melalui Kaban Pemmas dan Pemdes agar desa di Kecamatan Siantar Narumonda yang belum mendapat alokasi dana PNPM-MP pada tahun ini, bisa mendapatkannya di tahun mendatang.

Sementara itu pada bimbingan dan arahannya, Bupati menjelaskan bahwa kehadiran PNPM MP sebagai salah satu program Nasional Pengentasan Kemiskinan adalah merupakan amanat dari Perpres No 13 Tahun 2009 tentang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan. Namun tidak hanya itu, menurut Bupati PNPM MP juga sebagai sarana menuju demokratisasi. “Namun demokratisasi yang nantinya menuju demokrasi, yang terkandung dalam PNPM bukanlah demokrasi yang kebablasan. Masyarakat jangan salah mengartikan arti dari demokrasi tersebut, dengan berpendapat tanpa batas, namun masyarakat harus bijak memahaminya sehingga pendapat yang diutarakan berada pada hal yang tepat, waktu yang tepat serta tempat yang tepat”. Sebagaimana kunjungannya di Kecamatan Laguboti kemarin (11/08), Bupati juga menjelaskan dengan terperinci jumlah bantuan dana dari pusat (APBN) melalui Kementerian Dalam Negeri pada tahun 2010 dan 2011, serta rencana untuk tahun 2012. Diakhir sambutannya, Bupati berharap agar masyarakat dan stake holder berperan aktif dalam memberhasilkan PNPM-MP di Kabupaten Toba Samosir, sehingga misi Kab. Toba Samosir untuk mewujudkan masyarakat yang penuh kasih, peduli dan bermartabat dapat tercapai.

Kabag Humas dan Protokol Arwanto H. Ginting, yang berada di lokasi kegiatan dalam keterangan pers-nya menjelaskan bahwa, kunjungan kerja Bupati ini bertujuan untuk memberi motivasi, pengendalian program serta evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan PNPM-MP. “Kegiatan serupa akan dilaksanakan secara berkesinambungan pada 14 kecamatan lainnya, sebagaimana di Laguboti kemarin”, pungkas Arwanto.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s