Berita Terbaru

PASKIBRA HARUS MEMILIKI JATI DIRI SESUAI FALSAFAH PANCASILA

Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang akan bertugas untuk mengibarkan Bendera Merah Putih pada perayaan puncak Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-66 tingkat Kabupaten Toba Samosir dikukuhkan Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak melalui sebuah upacara pengukuhan di Balai Data, Kantor Bupati Toba Samosir di Balige, Selasa (16/08).

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan sudah selayaknya para paskibra untuk berbangga diri karena telah terpilih dan diberikan kepercayaan dan kehormatan untuk bertugas mengibarkan bendera Merah Putih pada perayaan puncak peringatan HUT RI ke-66 nanti. Sebagai duta yang terpilih mewakili sekolahnya masing-masing setelah melalui seleksi dan pelatihan, Bupati berharap para paskibra dapat menjalankan tugas mulia mengibarkan bendera nantinya dengan sebaik-baiknya. Menurut Bupati, para paskibra diharapkan kedepannya akan menjadi generasi muda yang dapat mengharumkan nama bangsa. “Oleh karena itu, kalian dituntut untuk maju, unggul dan berdaya saing tinggi serta memiliki jati diri sesuai falsafah Pancasila”, pinta Bupati.

Masih menurut Bupati dalam sambutannya, sudah sepantasnya untuk selalu mengenang perjuangan para pehlawan dan pejuang bangsa terdahulu yang telah berjuang tanpa pamrih mengorbankan jiwa dan raga untuk kemerdekaan yang dirasakan saat ini, karena itu perjuangan tersebut harus diteruskan hingga saat ini dengan mengisi kemerdekaan melalui perjuangan untuk mensejahterakan rakyat dengan dilandasi rasa kasih, peduli dan bermartabat.

Kepada para kepala sekolah yang siswa/i nya telah terpilih sebagai paskibra, tidak lupa Bupati berpesan agar para kepala sekolah dapat terus memupuk prestasi yang dimiliki para siswa/i nya, karena prestasi tersebut akan menjadi bekal untuk masa depan mereka di masa mendatang. Sebelum dikukuhkan, para paskibra ini juga mengucapkan ikrar pengukuhan selaku pasukan pengibar bendera yang dipimpin oleh AKP Gibson Siagian selaku pembimbing para paskibra. Adapun ikrar yang diucapkan para paskibra ini dikenal dengan sebutan “Ikrar Putra Indonesia”. Selanjutnya para paskibra dikukuhkan dengan ditandai dengan penyematan Tanda Pasukan Pengibar Bendera secara simbolis kepada salah seorang paskibra oleh Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak.

Sementara itu, menurut Robert Manurung selaku seksi upacara Panitia HUT RI ke-66, ke dua puluh lima orang paskibra yang terpilih ini berasal dari beberapa SMA/SMK di Kabupaten Toba Samosir. Setelah melalui proses seleksi oleh Tim Seleksi yang terdiri dari Danramil Balige, Kapolsek Balige, Kompi Senapan A dan Sub Denpom Balige, para paskibra juga memasuki masa karantina untuk selanjutnya terus digembleng dengan berbagai pelatihan fisik dan mental.

Disamping dihadiri Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, SH, MSi, pada pengukuhan paskibra ini juga hadir para pejabat di lingkungan Pemkab Toba Samosir antara lain, Plt. Sekdakab Liberty Manurung, Asisten Pemerintahan Rudolf Manurung, Staf Ahli Bupati DR CY Hasugian, Staf Ahli Bupati TA. Dugat Panjaitan, Kadis Sosial Sangkap Pasaribu, Kadis PPKKD Thamrin Simanjuntak. Tidak ketinggalan para kepala sekolah yang siswa/i nya terpilih sebagi paskibra juga hadir pada acara ini.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s