JELANG LEBARAN, POLRES TOBASA BERSAMA INSTANSI TERKAIT GELAR PASUKAN OPERASI KETUPAT TOBA 2011

Menjelang Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1423 H, Senin (22/08) secara serentak di seluruh Kepolisian Daerah dan Satuan Wilayah menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi “Ketupat 2011”. Gelar pasukan dalam pelaksanaan operasi ini dimaksudkan untuk mendukung perayaan Hari Raya Idul Fitri oleh Umat Muslim dengan aman, nyaman, tertib dan lancar. Kegiatan serupa juga dilaksanakan di Kepolisian Resort Toba Samosir, dengan Kapolres Toba Samosir AKBP Musa Tampubolon selaku Inspektur Upacara dan Kasat Lantas AKP Tamba Hutagaol selaku Komandan Upacara. Apel Gelar Pasukan ini dilaksanakan di pelataran di Lapangan Upacara Markas Polres Tobasa di Porsea, (22/08) dengan dihadiri para unsur pimpinan seperti Bupati Toba Samosir yang diwakili Asisten Pemerintahan Drs. Rudolf Manurung, Kepala Kejaksanaan Negeri Balige Timbul Pasari, SH dan Ketua PN Balige Natsir Simanjuntak, SH.

Terkait Kesiapan POLRI beserta instansi terkait menjelang Hari Raya Idul Fitri ini, Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Drs. Timur Pradopo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kapolres Toba Samosir pada apel gelar pasukan ini, mengharapkan tampilan kinerja Polri secara optimal bersama-sama dengan seluruh komponen masyarakat dan instansi terkait lainnya dalam merumuskan langkah-langkah inovatif dan cara bertindak yang efektif dalam mengatasi berbagai potensi kerawanan yang terjadi. Kapolri juga berharap akan efektifitas pelaksanaan operasi yang akan berlangsung selama 16 (enam belas) hari ini akan dapat memenuhi target untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman masyarakat dalam beribadah serta dapat mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas khususnya untuk para pemudik. Menurut Kapolri, target atas kelancaran distribusi bahan pokok dan keamanan aktivitas embarkasi pelabuhan/ terminal serta kewaspadaan terhadap ancaman aksi terorisme merupakan prioritas yang harus diperhatikan selama pelaksanaan operasi ini.

Khusus dengan”budaya mudik” masyarakat yang merayakan Idul Fitri, Kapolri juga menekankan agar para petugas memberikan perhatian khusus kepada para pemudik pengendara sepeda motor mengingat penggunaan sepeda motor sebagai alat transportasi mudik diperkirakan akan sangat meningkat. Kepada seluruh jajaran Kepolisian Resort Toba Samosir dan instansi terkait yang terlibat dalam suksesnya operasi ketupat 2011 ini, Kapolri juga menekankan untuk menghindari sikap-sikap yang tidak simpatik/ arogan dengan lebih menonjolkan jati diri sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat. “Bertindaklah secara tegas, namun Humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamseltibcarlantas maupun kamtibmas secara umum”, himbau Kapolri. Khusus kepada para personil kepolisian, Kapolri juga meminta para polisi dapat menjalin kerjasama yang harmonis dengan instansi terkait dan segenap masyarakat sehingga akan terwujud sinergi polisional yang proaktif dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Wilayah Kabupaten Toba Samosir sebagai daerah yang dilintasi Jalinsum (Jalur Lintas Sumatera-red) memerlukan kesiapan dan kesiagaan dalam menghadapi perayaan hari raya ini yang berdampak pada peningkatan aktivitas dan mobilitas masyarakat mengingat Idul Fitri merupakan momentum untuk menjalin silaturahim bagi umat yang merayakannya. Dengan demikian, melalui apel gelar pasukan Operasi Ketupat ini, Kepolisian Resort Toba Samosir khususnya, berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dengan  melakukan pemantuan arus lalu lintas melalui meningkatkan patroli jalan raya serta mengefektifkan pos-pos pengamanan dan pelayanan khususnya pada titik rawan kemacetan, kecelakaan dan kriminalitas.

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat ini juga diisi dengan penyematan pita operasi secara simbolis oleh Kapolres Toba Samosir kepada perwakilan masing-masing kesatuan barisan yang ambil bagian dalam operasi ini meliputi unsur Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan dan Unit Rescue. Sementara itu, disamping kesatuan barisan dari unsur Kepolisian Resort Toba Samosir, pada apel ini terlihat beberapa kesatuan barisan yang terkait pada pelaksanaan operasi ini seperti kesatuan barisan TNI AD Yonif 125/SMB, Sub Den POM 1/2-6 Balige, Dinas Perhubungan Kab. Toba Samosir, Unit Rescue dari Badan Kesbangpollinmas Kab. Toba Samosir dan kesatuan lainnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s