KEGIATAN FISIK PNPM-MP 2011 DI KECAMATAN SIGUMPAR DAN SILAEN DIRESMIKAN BUPATI

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) merupakan Program Nasional dengan acuan kerangka kebijakan pada pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja yang berbasis pemberdayaan masyarakat, demikian disampaikan Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Bupati Toba Samosir, Senin (22/08). “Untuk itu melalui PNPM-MP, paradigma pembangunan sekarang ini sudah beralih dari peradigma pembangunan yang Top Down menjadi Buttom Up, dari yang konvensional menjadi partisipatif dan diharapkan kapasitas masyarakat dapat meningkat, baik secara individu maupun kelompok, dalam memecah berbagai persoalan terkait upaya peningkatan kualitas hidup, kemandirian, dan kesejahteraannya” lebih lanjut kata Bupati pada peresmian kegiatan fisik PNPM-MP TA. 2010 di Desa Sigumpar Kec. Sigumpar. Bupati juga mengatakan bahwa PNPM-MP juga mengajarkan sistem demokrasi dalam pelaksanaannya yang terjadi pada saat rapat-rapat pengusulan kegiatan, dimana saat itu terjadi proses pembelajaran untuk menghargai pendapat orang lain dan berani untuk berpendapat, namun tetap pada koridornya.

Adapun kegiatan fisik PNPM MP yang diresmikan Bupati adalah Saluran Irigasi yang berbiaya Rp 163.827.000, dimana target awal adalah sepanjang 350 meter, namun berkat adanya kelebihan sisa dana, maka dana yang masih tersedia digunakan untuk melanjutkan Irigasi tersebut hingga mencapai panjang 388 meter. Peresmian Saluran Irigasi tersebut terlebih dahulu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Toba Samosir. Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyerahkan Surat Keputusan Pengangkatan bagi para pengurus Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM-MP Kecamatan Sigumpar, serta dirangkai dengan menyerahkan secara simbolis dana fisik dan dana perguliran Simpan Pinjam Perempuan (SPP) PNPM MP Tahun 2011. Kepada masyarakat Bupati berharap agar Saluran Irigasi yang baru diresmikan dijaga dan dipelihara sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakat. Diakhir bimbingan dan arahannya, Bupati berpesan kepada Fasilitator Kecamatan agar lebih proaktif dalam membina, memberi masukan dan memfasilitasi masyarakat dalam kegiatan-kegiatan PNPM MP, karena buat masyarakat banyak hal teknis dalam PNPM MP yang belum sepenuhnya dipahami masyarakat.

Hadir pula dalam kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Tobasa Rahmat K. Manullang, Asisten Pemerintahan Drs. Rudolf Manurung, Kaban Pemmas dan PMD James Silaban, Kabag Umum dan Perlengkapan Salomo H.K. Simanjuntak, Kabag Humas Arwanto Ginting, S.STP, Camat Sigumpar Arifin Simanjuntak, Danramil Silaen, Kapt. Marihot Simanjuntak dan Para Kepala Desa serta para perangkat desa lainnya.

Pada kesempatan lain, Rahmat K. Manullang dalam sambutannya mengatakan PNPM MP adalah satu dari empat Program Nasional yang bertujuan untuk pengentasan kemiskinan, dimana tiga lainnya adalah KUR (Kredit Usaha Rakyat), Jamkesmas, dan Transportasi Murah Perdesaan. Rahmat juga mengatakan bahwa program-program untuk percapatan pembangunan sangat perlu dilaksanakan di Kab. Tobasa dimana mata pencaharian dan domisili masyarakat Tobasa masih didominasi dari bertani dan di perdesaan. Rahmat menghimbau agar masyarakat juga turut berpartisipasi membantu pemerintah untuk percepatan pembangunan di perdesaan dengan menjaga dan memelihara segala fasilitas yang telah dibangun Pemkab di Kec. Sigumpar.

Sementara itu berdasarkan laporan Camat Sigumpar, Arifin Simanjuntak, pada tahun 2010 Kec. Sigumpar mendapat alokasi dana dari PNPM sebesar Rp 750.000.- untuk membiayai empat (4) kegiatan dimana tiga (3) diantaranya adalah kegiatan fisik dan satu untuk SPP. Desa yang mendapat dana dari PNPM MP disamping Desa Sigumpar adalah Desa Marsangap dengan kegiatan Dyk Jalan dan Perkerasan dengan alokasi dana sebesar Rp 223.843.000.-, Desa Sigumpar Julu dengan kegiatan Irigasi dengan alokasi dana sebesar Rp 341.084.000.- dan Desa Situa Tua dengan alokasi dana sebesar Rp 21.246.000 yang diperuntukannya sebagai SPP.

Selain meresmikan kegiatan fisik PNPM MP yaitu Saluran Irigasi, pada kesempatan tersebut Bupati juga melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan kegiatan fisik PNPM MP TA. 2011. Kegiatan fisik yang akan dilaksanakan adalah Saluran Irigasi yang berbiaya Rp 346.070.000.- dengan panjang 707 M juga di Desa Sigumpar.

DI SILAEN, BUPATI DISAMBUT TORTOR RESMIKAN PROYEK FISIK PNPM-MP

Selesai meresmikan Kegiatan Fisik PNPM di Kec. Sigumpar, Senin (22/08), Bupati Toba Samosir beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju Kec. Silaen, juga untuk meresmikan Kegiatan Fisik PNPM MP TA. 2010 berupa pembangunan sarana air minum di Desa Napitupulu. Setelah melakukan peninjauan ke lokasi bangunan sarana air minum, Bupati kemudian meresmikannya yang ditandai dengan penandatangan prasasti, dengan didampingi Ketua DPRD Tobasa Sahat Panjaitan, Wakil Ketua DPRD Rahmat K. Manullang serta rombongan pejabat lainnya di lingkungan Pemkab Toba Samosir.

Pada kesempatan itu, dalam bimbingan dan arahannya Bupati menyampaikan bahwa PNPM MP telah dilaksanakan di Kab. Tobasa sejak tahun 2007, yang bertujuan untuk menanggulangi kemiskinan sesuai dengan mandat Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. Bupati menjelaskan bahwa sejak dilaksanakannya PNPM MP di Kab. Tobasa, telah menghasilkan perkembangan yang positif, terutama dalam membangun Lembaga Masyarakat di tingkat desa yang cukup mengakar, representative dan kepemimpinan kolektif. Namun harus diakui bahwa tatanan masyarakat berdaya tersebut harus terus menerus difasilitasi sehingga mampu ditransformasikan ke tatanan masyarakat mandiri, lanjutnya.

Selain meresmikan kegiatan fisik PNPM MP, sebagaimana sebelumnya di Kec. Sigumpar, Bupati juga menyerahkan Surat Keputusan Pengangkatan bagi pengurus Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Silaen, serta dilanjutkan dengan menyerahkan secara simbolis dana fisik dan dana perguliran Simpan Pinjam Perempuan (SPP) PNPM MP Tahun 2011. Kepada UPK, Bupati berpesan agar dana yang sudah diterima dapat direalisasikan dan dilaksanakan dengan baik sesuai dengan petunjuk teknis operasional PNPM MP, yang hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat desa. “Untuk itu kami terus mengharapkan peran aktif seluruh masyarakat dan stake holder dalam memberhasilkan PNPM MP di Kab. Tobasa, sehingga misi Kab. Tobasa untuk mewujudkan masyarakat yang penuh Kasih, Peduli dan bermartabat dapat tercapai”, pungkas Bupati.

Sedikit berbeda dengan kunjungan kerja Bupati pada peresmian fisik PNPM MP di kecamatan lainnya, pada kunjungannya kali ini Bupati Toba Samosir disambut dengan Tortor selamat datang oleh anak-anak, serta dihibur dengan suara emas para Lansia dari masyarakat Desa Napitupulu. Pada press releasenya di lokasi, Kabag Humas Arwanto H. Ginting mengatakan hal ini merupakan bentuk kecintaan masyarakat kepada Bupati. “terlebih karena sebelum menjadi Bupati Toba Samosir, beliau berdomisili di Desa Simanobak yang bertetangga dengan Desa Napitupulu, sehingga masyarakat setempat sudah sangat akrab dengan beliau”, ungkap Arwanto.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s