Berita Terbaru

BUPATI DORONG KINERJA UPK DALAM MEMBERHASILKAN PNPM-MP

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak meminta Unit Pengelola Kegiatan (UPK) dapat lebih meningkatkan kinerjanya guna memberhasilkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan (PNPM-MP). Hal tersebut disampaikan Bupati pada penyerahan Surat Keputusan UPK Kec. Lumban Julu di sela-sela acara peresmian Kegiatan Fisik Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) TA. 2010 di Desa Sionggang Tengah Kec. Lumbanjulu, Jumat (26/08). Peresmian pengaspalan jalan sebagai salah satu kegiatan fisik PNPM-MP di kecamatan tersebut, ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati dengan disaksikan segenap lapisan masyarakat Desa Sionggang Tengah. Pengaspalan jalan dengan volume 3×436 meter ini menelan anggaran sebesar Rp 193.861.400,- (seratus sembilan puluh tiga juta delapan ratus enam puluh satu ribu empat ratus rupiah).

Pada kesempatan tersebut turut hadir Anggota DPRD Kab. Toba Samosir yang berasal dari daerah pemilihan Kec. Lumbanjulu, seperti Viktor Silalahi dan Syamsudin Manurung. Selain itu Bupati juga didampingi oleh beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Tobasa seperti Asisten Pemerintahan Rudolf Manurung, Kaban Pemmas dan Pemdes James Silaban, Kabag Umum Salomo H.K. Simanjuntak dan Kabag Humas Arwanto Ginting. Para Uspika Kec. Lumbanjulu serta seluruh Kepala Desa se-Kec. Lumbanjulu juga tampak hadir.

Pada bimbingan dan arahannya, Bupati menyampaikan bahwa tujuan kunjungannya selain dari pada meresmikan kegiatan fisik PNPM-MP juga sebagai pemberian motivasi, pengendalian program serta untuk mengevaluasi kegiatan PNPM-MP di Kec. Lumbanjulu. Bupati juga menambahkan bahwa sejak dilantiknya beliau dan Liberty Pasaribu sebagai Bupati dan Wakil Bupati Toba Samosir, beliau telah memiliki komitmen yang tinggi dan peduli terhadap PNPM-MP, terbukti dengan upaya beliau untuk menyediakan dana pendamping BLM Pusat pada P.APBD 2010, dimana sebelumnya belum tertampung. Diakhir bimbingan dan arahannya beliau meminta kepada seluruh masyarakat Kec. Lumbanjulu agar lebih berperan aktif dalam memberhasilkan PNPM-MP.

Sementara itu berdasarkan laporan Camat Lumbanjulu, Drs. Agus Sitorus, pada tahun 2010 Kec. Lumbanjulu mendapat alokasi dana PNPM-MP sebesar Rp 1.312.500.000 yang digunakan untuk pembangunan Pipanisasi sepanjang 3.773M di Desa Jangga Dolok dengan dana Rp. 226.965.700, Saluran Irigasi sepanjang 440M di Desa Jangga Dolok dengan dana Rp 194.338.950, Perkerasan jalan sepanjang 3x120M di Desa Hatinggian dengan dana Rp 212.951.250, Sumur bor 4 titik di Desa Hutanamora dengan dana Rp 156.257.700 ditambah dengan perkerasan jalan di Desa Sionggang Tengah. Selain itu dana tersebut juga digunakan untuk SPP pada Kelompok Bersatu di Desa Aeknatolu Jaya dengan dana Rp 44.968.000, Kelompok Saudara dengan dana Rp 38.947.200, Kelompok Abadi desa Aeknatolu Jaya dengan dana Rp 40.000.000, Kelompok Sepakat Desa Sionggang Tengah dengan dana Rp 52.631.400, Kelompok Lasni Roha Deasa Sionggang Tengah dengan dana Rp 52.631.400, Kelompok Sahata Desa Lintongjulu dengan dana Rp 31.578.900, Kelompok Martabe Desa Hutanamora dengan dana Rp 35.789.200, Kelompok Serasi Jaya Desa Sionggang Selatan dengan dana Rp 31.578.900. Disamping itu Kec. Lumbanjulu juga mendapat PNPM Penanganan Khusus Dampak Krisis Moneter sebesar Rp 464.749.000 yang digunakan untuk kegiatan fisik, yaitu perkerasan jalan di Lumban Sinaga Desa Hatinggian dengan panjang 1.030M dan Pembangunan satu unit Jembatan plat beton di Sisakkalan Desa Sionggang Selatan.

Viktor Silalahi dalam sambutannya mewakili Ketua DPRD Toba Samosir mengatakan, masyarakat sudah sepatutnya berterimakasih kepada pemerintah pusat dan daerah atas penyediaan dana untuk pelaksanaan pengaspalan jalan yang baru diresmikan. Beliau menambahkan hal tersebut adalah bentuk kepedulian Pemerintah terhadap masyarakat. Kemudian Viktor juga mengatakan bahwa kompetisi antar desa dalam mendapatkan dana PNPM-MP sangatlah tinggi, namun hal tersebut tidak menjadi masalah besar apabila masyarakat juga memiliki kebersamaan yang tinggi. Tidak lupa Viktor berpesan agar masyarakat juga turut menjaga dan memelihara jalan yang telah diaspal, karena jalan tersebut berhasil diaspal atas jerih payah dari masyarakat dan dananya juga berasal dari masyarakat.

Selain meresmikan kegiatan fisik PNPM-MP, pada kesempatan itu Bupati juga menyerahkan secara simbolis dana PNPM-MP TA. 2011 dan dana perguliran Simpan Pinjam Perempuan untuk Kec. Lumbanjulu dengan jumlah Rp 1.750.000.000.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

2 thoughts on “BUPATI DORONG KINERJA UPK DALAM MEMBERHASILKAN PNPM-MP”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s