KOMITMEN BUPATI TOBASA DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN MELALUI PNPM-MP TERUS BERLANJUT

Salah satu program pemerintah yang berskala nasional yang mendayagunakan masyarakat sebagai perencana dan pelaksana program pembangunan adalah Program Nasional Pemberdayaan Masyarkat – Mandiri Perdesaan (PNPM-MP). PNPM-MP sebagai program nasional yang bertujuan untuk menanggulangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat berbasis pemberdayaan dan partisipatif masyarakat terus mendapat dukungan dari Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak. Komitmen Bupati dalam mensukseskan program ini sebagai program yang benar-benar menyentuh kebutuhan dan aspirasi dari lapisan masyarakat salah satunya terlihat dari keberlanjutan pengalokasian dana co-sharing (dana pendamping dari APBD-red) PNPM-MP dengan tujuan untuk menjaga kesinambungan program ini di Toba Samosir. Bupati juga selalu mendorong partisipasi dan peran aktif  seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan dari program ini hingga sasaran pelaksanaan program ini dapat tercapai.

Kepedulian dan komitmen Bupati Toba Samosir dalam memberhasilkan kegiatan PNPM-MP terus berlanjut dengan melakukan kunjungan kerja dan monitoring kegiatan PNPM-MP pada seluruh kecamatan di Kabupaten Toba Samosir. Setelah melakukan kunjungan dan meresmikan beberapa kegiatan fisik serta menyalurkan dana SPP (Simpan Pinjam Perempuan) PNPM-MP pada beberapa kecamatan sebelumnya, Rabu (24/08), Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak juga melakukan kegiatan serupa di Kecamatan Habinsaran dan Kecamatan Nassau.

Sebagaimana dalam kunjungan kerjanya saat meninjau dan meresmikan kegiatan PNPM-MP pada beberapa kecamatan sebelumnya, dalam kunjungan di Kecamatan Habinsaran dan Nassau ini, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak kembali mendorong terciptanya sinergitas antara masyarakat dengan pemerintah daerah sehingga upaya menciptakan tatanan masyarakat mandiri dapat segera terwujudkan. “keberhasilan suatu program, apabila terdapat harmonisasi dan saling pengertian antara pemerintah dan masyarakat”, ujar Bupati. Terkait dengan pengelolaan dana SPP, Bupati meminta agar pengelolaannya dapat  lebih ditingkatkan sehingga pergulirannya akan lebih maksimal, dengan demikian akan semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya. Disamping diminta untuk meningkatkan kinerjanya, Bupati juga mengingatkan agar dalam pelaksanaan tugas-tugasnya seluruh pelaku-pelaku PNPM-MP untuk tetap mengacu sebagaimana ketentuan pada Petunjuk Teknis Operasional (PTO) PNPM-MP yang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri melalui Tim Koordinasi PNPM-MP. Mengakhiri bimbingan dan arahannya, tidak henti-hentinya Bupati mengajak peran aktif seluruh masyarakat dan stakeholder dalam memberhasilkan PNPM-MP karena dengan sendirinya telah berpartisipasi mendorong terwujudnya visi dan misi yang diusung Pemkab Toba Samosir.

Dalam kunjungannya di Kecamatan Habinsaran, Bupati meresmikan salah satu kegiatan fisik PNPM-MP TA. 2010 yakni kegiatan pengaspalan jalan yang berlokasi di Desa Hitetano. Peresmian pengaspalan jalan sepanjang 1.700 meter ini ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Toba Samosir.  Proyek ini dalam pelaksanaannya menyerap anggaran sebesar Rp. 349.788.000,- (tiga ratus empat puluh sembilan juta tujuh ratus delapan puluh delapan ribu rupiah). Dalam laporannya, Camat Habinsaran Drs. Sawarman Nadeak selaku pembina PNPM-MP di kecamatan menyampaikan bahwa untuk tahun 2010, disamping kegiatan pengaspalan jalan di desa Hitetano, kegiatan fisik PNPM-MP di Kecamatan Habinsaran juga meliputi perkerasan jalan sepanjang 2.000 meter dengan alokasi dana sebesar Rp. 327.242.000,- di Desa Lumban Ruhap, kegiatan telford dan sirtu sepanjang 2.350 meter dengan alokasi dana sebesar Rp. 305.317.000,- di desa Lumban Gaol, pembangunan jet pump air bersih di Desa Taon Marisi sebanyak 6 (enam) unit dengan alokasi dana Rp. 106.430.000,-, kegiatan telford dan sirtu berbiaya Rp. 251.635.000,- sepanjang 2.000 meter di Desa Lumban Balik, dan pembangunan parit jalan sepanjang 600 meter di Desa Pagar Batu dengan alokasi dana Rp. 349.063.000,-. Sedangkan untuk kegiatan SPP, Camat melaporkan bahwa telah disalurkan dana SPP sebesar Rp. 560.525.000,- dengan besaran pinjaman yang bervariasi pada 17 (tujuh belas) kelompok SPP.

Sementara itu, dalam kunjungan kerja nya pada hari yang sama (Rabu,24/08) di Kecamatan Nassau, Bupati juga melakukan penandatangan prasasti sebagai tanda peresmian salah satu kegiatan fisik PNPM-MP TA 2010 yang berlokasi di Desa Siantarasa berupa kegiatan pipanisasi air minum. Kegiatan pembangunan pipanisasi sepanjang 1.850 meter ini menelan dana sebesar Rp. 117.630.100,- (seratus tujuh belas juta enam ratus tiga puluh ribu seratus rupiah). Camat Nassau Tumpak Simanjuntak, SH dalam laporannya menyampaikan bahwa disamping kegiatan fisik yang telah diresmikan Bupati, untuk TA 2010 terdapat juga beberapa kegiatan fisik yang didanai PNPM-MP di wilayah Kecamatan Nassau yang terdiri dari : pembangunan pipanisasi air minum sepanjang 3.008,5 meter di Desa Napojoring, pembangunan MCK sebanyak 2 (dua) unit di Desa Lumban Rau Utara, pembangunan saluran drainase sepanjang 625 meter dan pipanisasi air minum sepanjang 1.180 meter di Desa Lumban Rau Timur dan pembangunan pipanisasi air minum sepanjang 2.000 meter di Desa Lumban Rau Tengah. Untuk penyaluran SPP, Tumpak melaporkan dana SPP telah disalurkan untuk 21 (dua puluh satu) kelompok SPP dengan alokasi dana yang bervariasi. Masih menurut Camat Nassau, berdasarkan pelaksanaan Musyawarah Antar Desa (MAD-3) Penetapan Usulan, untuk TA 2011 telah diperoleh desa-desa yang akan memperoleh SPP dan didanai untuk kegiatan fisik.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s