BUPATI HIMBAU PARA PETANI GUNAKAN VARIETAS UNGGUL

Selasa (06/09), Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak beserta rombongan mengikuti acara Temu Lapang dan Panen bersama varietas unggul padi sawah pada program pendampingan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) di Desa Paindoan, Kecamatan Balige. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Pemkab Toba Samosir dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Utara. Juga terlihat hadir pada pertemuan tersebut Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan, Kepala BPTP Sumatera Utara, Didik Harnowo serta para pimpinan SKPD terkait.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Toba Samosir, Ketua DPRD Toba Samosir, Kepala BPTP, Kadis Pertanian, Peternakan dan Perikanan serta Camat Balige juga berkesempatan untuk melakukan panen perdana pada Demfarm varietas unggul Mekongga dan Inpari 3.  Kedua  varietas unggul yang dipanen tersebut merupakan jenis padi non hibrida yang ditanam pada Demfarm seluas 4 Ha. Selain kedua varietas unggul diatas, pada demfarm tersebut juga diuji varietas unggul baru yaitu Inpari 1, Inpari 4, Inpari 10, Inpari 13 dan Sarinah pada areal yang masing-masing seluas 0,5 Ha.

Berdasarkan laporan yang disampaikan penanggung jawab kegiatan SL-PTT, disebutkan inovasi teknologi padi yang disampaikan dan diterapkan pada demfarm tersebut adalah umur bibit 15 hari, tanam 2-3 bibit per lobang tanam, system tanam legowo 4:1, pemupukan melalui analisis tanah, aplikasi pupuk UREA sistem Bagan Warna Daun (BWD) dan pengendalian hama/penyakit dengan sistem PHT. Masih menurut penanggung jawab kegiatan SLPTT, padi pada demfarm dan uji varietas unggul tidak dapat serentak dipanen, karena perbedaan waktu tanam yang dilakukan petani.

Sementara itu Kepala BPTP, Didik Harnowo, mengatakan bahwa target dari rencana kegiatan ini adalah untuk mencapai swasembada beras berkelanjutan sebagaimana pernah dicapai pada tahun 1984 yang lalu.  Sesuai keterangan Didik, target swasembada beras ini merupakan salah satu instruksi Presiden Repbulik Indonesia kepada seluruh Kepala Daerah se-Indonesia. Didik menambahkan, jika petani di Kabupaten Toba Samosir dapat meningkatkan produksi gabah satu ton/Ha saja, dimana saat ini produksi gabah petani Toba Samosir masih di kisaran 4,5 – 5 ton/Ha, maka dengan luas sawah 18.000 Ha yang terdapat di Kabupaten Toba Samosir, akan ada penambahan produksi sebanyak 18.000 Ton untuk sekali panen. Didik optimis bahwa hal tersebut bukanlah suatu hal yang sulit untuk dicapai, karena Kabupaten Toba Samosir memiliki tanah yang subur, air yang tersedia serta ditunjang para petani yang mau bekerja keras, ditambah dengan telah tersedianya bibit varietas unggul. Juga diperoleh informasi bahwa melalui hasil perhitungan secara ubinan (2 X 5 M² atau 2,5 X 2,5 M²) akan diperoleh hasil produksi gabah basah untuk varietas Inpari 3 sebanyak 8,3 Ton/Ha dan 8,1 Ton/Ha untuk Mekongga.

Pada bimbingan dan arahannya, Bupati Toba Samosir sangat menyambut baik atas kesediaan BPTP Sumut yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan Kabupaten Toba Samosir telah menyelenggarakan Temu Lapang dan panen bersama tersebut, karena menurut Bupati kehadiran Demfarm akan lebih meningkatkan pengetahuan dan motivasi petani untuk menanam varietas unggul di Kabupaten Toba Samosir, sebagaimana telah dilaksanakan di Kec. Silaen pada waktu yang lalu. “Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman terpadu (SL-PTT) adalah suatu tempat pendidikan non formal bagi petani, untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengenal potensi, menyusun rencana usaha, mengatasi permasalahan, mengambil keputusan dan menerapkan teknologi sesuai dengan kondisi sumberdaya setempat”, ungkap Bupati. Sebelum mengakhiri bimbingan dan arahannya, Bupati menghimbau kepada para petani, agar pada tahun-tahun mendatang mau menanam padi varietas unggul tersebut, karena dengan meningkatnya produksi maka kesejahteraan para petani dalam hal ini untuk Desa Paindoan akan meningkat.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

3 thoughts on “BUPATI HIMBAU PARA PETANI GUNAKAN VARIETAS UNGGUL”

  1. Mohon dukungan nya untuk pelaksanaan produksi film Layar lebar “ULOS SIMALAKAMA” di Kabupaten Tobasa, kerjasama bapak sangat kami tunggu …………. Terima kasih, Pak!

    Eduart Pesta Sirait (Sutradara) – Lamsihar Pardede (Executive Produser)

    1. Balige, 08 September 2011

      yth. Bapak Lamsihar Pardede

      Salah sejahtera,
      Sesuai petunjuk pimpinan, kiranya bapak berkenan untuk melengkapi permohonan ini dalam bentuk proposal untuk selanjutnya dapat dikirimkan kepada Bupati Toba Samosir cq. Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir, Kantor Bupati Toba Samosir, Jl. Sutomo No. 1, Pagar Batu, Balige, Kab. Toba Samosir.

      Sebelumnya, juga kami mohonkan kiranya bapak berkenan mengirimkan kepada kami rekaman FTV “Ulos Simalakam” yang telah tayang di SCTV tersebut, untuk nantinya sebagai bahan pertimbangan bagi pimpinan untuk kami sampaikan.

      Demikian disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

      Horas

      admin,

      Robintang FP Sitepu
      Kasubbag PPD Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s