DORONG BERHASILKAN PNPM-MP, BUPATI KEMBALI MINTA PERAN AKTIF STAKE HOLDER

Selasa (06/09) Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak, kembali meninjau dan meresmikan kegiatan fisik Program Nasional Pemberdaraan Masyarakat Perdesaan (PNPM-MP) TA. 2010 di wilayah Kecamatan Balige. Salah satu kegiatan fisik PNPM-MP Kecamatan Balige yang ditinjau dan diresmikan Bupati berada di Desa Bonan Dolok III, yang berlokasi di Dusun Sihobuk. Pada kesempatan itu Bupati meresmikan Saluran Irigasi dengan biaya Rp 314.212.100, sepanjang 1.430 meter dengan target sebagaimana direncanakan pada RAB sepanjang 1.285 meter.  Peresmian saluran irigasi tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati yang didampingi oleh Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan dan Camat Balige Sahala Siahaan.

“Kunjungan kerja kami pada hari ini, bertujuan untuk memberi motivasi dan melakukan  pengendalian dan evaluasi kegiatan pada program PNPM-MP  di Kabupaten Toba Samosir, khususnya Kecamatan Balige”, demikian disampaikan Bupati dalam mengawali bimbingan dan arahannya. Bupati menambahkan bahwa Pemkab Toba Samosir memiliki komitmen yang tinggi dan kepedulian akan program PNPM-MP, sejalan dengan itu Bupati dan Ketua DPRD akan terus berupaya untuk menyediakan dana pendamping untuk mendukung bantuan dari pusat. Bupati juga berharap kiranya dana yang diserahkan dapat dipergunakan dengan optimal dan semaksimal mungkin, serta dalam pelaksanaannya selalu mengacu dengan ketentuan yang berlaku. “Keberhasilan suatu program dapat tercapai apabila terdapat harmonisasi dan saling pengertian antara pemerintah dan masyarakatnya, untuk itu sekali lagi kami sangat mengharapkan peran aktif masyarakat dan stake holder dalam memberhasilkan PNPM-MP di Kabupaten Toba Samosir, sesuai dengan visi Kabupaten Toba Samosir untuk mewujudkan masyarakat yang berlandaskan kasih, peduli dan bermartabat”, pungkas Bupati.

Menurut Camat Balige dalam laporannya menyebutkan bahwa untuk tahun 2010 Kecamatan Balige mendapat alokasi dana PNPM sebesar Rp 1.687.500.000 yang secara garis besar terbagi atas dua kegiatan yaitu Kegiatan Sarana dan Prasarana atau fisik dengan alokasi dana Rp 1.265.625.000 dan Kegiatan Simpan Pinjam Perempuan (SPP) BLM dengan alokasi dana sebesar Rp 421.875.000. Sementara untuk kegiatan PNPM tahun 2011, Kec. Balige mendapat alokasi dana sebesar Rp 600.000.000. Sementara terkait dengan saluran irigasi yang baru diresmikan Bupati tersebut, menurut Sahala, saluran irigasi tersebut akan mampu mengairi sawah seluas 110 Ha.

Pada kesempatan lain, Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan, dalam sambutannya mengatakan bahwa Program PNPM-MP ini bertujuan untuk menanggulangi kemiskinan dan berbasis kemasyarakatan, yang artinya bagaimana meningkatkan kesejahteraan dan memfasilitasi lapangan kerja kepada masyarakat melalui pemberdayaan. Sahat menambahkan bahwa program ini sangat menguntungkan masyarakat karena berasal dari masyarakat, untuk masyarakat dan oleh masyarakat. Artinya pembangunan fisik yang terlaksana sudah pasti lebih bermutu karena yang melakukan dan mengawasinya langsung dari masyarakat itu sendiri. Di akhir sambutannya Ketua berharap agar masyarakat menjaga dan merawat apa yang telah mereka bangun agar dapat dipergunakan untuk jangka waktu lama.

Disamping meresmikan kegiatan fisik PNPM-Perdesaan, pada kesempatan tersebut Bupati juga menyerahkan Dana Fisik program PNPM perdesaan tahun 2011 dan penyerahan Dana Perguliran Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP). Tampak hadir pada acara tersebut Asisten Pemerintahan Rudolf Manurung, Kaban Pemmas dan Pemdes James Silaban, Kabag Umum Salomo H.K. Simanjuntak dan Kabag Humas Arwanto H. Ginting.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s