BUPATI HARAPKAN MASYARAKAT DAPAT MEMELIHARA INFRASTRUKTUR YANG DIBANGUN PNPM

Pada hari Selasa (06/09) kemarin Bupati Toba Samosir kembali meresmikan kegiatan fisik Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Perdesaan. Acara yang bertempat di Desa Tangga Batu Barat Kec. Tampahan tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak. Hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan, Asisten Pemerintahan Rudolf Manurung, Kaban Pemmas dan Pemdes James Silaban, Kabag Umum dan Perlengkapan Salomo H.K. Simanjuntak, Kabag Humas Arwanto H. Ginting, Camat Tampahan Manoras Taraja, serta segenap lapisan masyarakat Desa Tangga Batu Barat. Adapun kegiatan fisik yang diresmikan pada kesempatan tersebut adalah Pengaspalan Jalan dengan panjang 1.200 Meter, dengan target awal sesuai RAB sepanjang 1.050M. Kegiatan tersebut “menelan” dana sebesar Rp 264.071.500.-

“Kami sangat mengharapkan kiranya bangunan infrastruktur ini dapat difungsikan dan dipelihara serta dilestarikan secara maksimal, sehingga pemanfaatannya dapat berkesinambungan secara terus menerus”, demikian disampaikan Bupati pada bimbingan dan arahannya. Pada kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan bahwa, UPK Kecamatan Tampahan telah merealisasikan Bantuan Langsung Mandiri (BLM) untuk kegiatan PNPM Perdesaan Tahun 2011. Untuk itu diharapkan pengelolaan dana bantuan tersebut agar benar-benar dipergunakan dengan optimal, efisien, transparan dan berkualitas, sehingga masyarakat tidak berkeluh kesan atas hasil yang dicapai nantinya. Dalam sambutannya Bupati juga menghimbau kepada Pengurus Unit Pengelola Kegiatan (UPK) selaku pengelola dana BLM, agar bekerja dengan penuh tanggung jawab dan menaati segala mekanisme dan aturan PNPM Perdesaan.

Pada kesempatan tersebut, selain meresmikan kegiatan fisik PNPM Perdesaan, Bupati juga menyerahkan secara simbolis dana fisik PNPM Perdesaan Tahun 2011 dan penyerahan dana perguliran Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) untuk Kec. Tampahan.

Sementara itu Sahat Panjaitan, Ketua DPRD Toba Samosir menghimbau masyarakat agar benar-benar menjaga dan melestarikan segala kegiatan fisik yang ada di Kec. Tampahan, baik yang bersumber dari PNPM maupun kegiatan yang didanai APBD, agar dapat dipergunakan dengan jangka waktu yang cukup lama. Sahat berharap, jalan yang baru diresmikan dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan taraf hidupnya ke arah yang lebih baik. Demikian pula masyarakat yang menggunakan dana SPP agar menggunakan dana tersebut sebaik-baiknya sehingga dapat mengembalikan pinjamannya dengan tepat waktu. Diakhir sambutannya Sahat meminta masyarakat agar senantiasa mendukung Pemkab dalam pelaksanaan kebijakan, sehingga Pemkab juga dapat bekerja dengan baik untuk mengupayakan peningkatan BLM pada waktu mendatang.

Manoras Taraja, Camat Tampahan, dalam laporannya mengatakan bahwa pada tahun 2010 kemarin Kec. Tampahan mendapat alokasi dana PNPM Perdesaan sebesar Rp 937.500.000. Dana tersebut digunakan untuk mendanai 6 kegiatan di empat desa, yaitu Desa Tangga Batu Timur, Tangga Batu Barat, Gurgur Aek Raja, dan Tarabunga. Kemudian untuk tahun 2011, Kec. Tampahan mendapat alokasi sebesar Rp 1.000.000.000, yang akan dialokasikan ke tiga desa, yaitu Desa Tangga Batu Barat, Tarabunga dan Gurgur Aek Raja. “Kehadiran PNPM Perdesaan telah banyak merubah hidup masyarakat Kec. Tampahan, khususnya masyarakat Desa Tangga Batu Barat”, ungkap Taraja di akhir laporannya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s