KORBAN KEBAKARAN DI HABINSARAN TERIMA BANTUAN

Kepedulian akan keadaan dan kondisi warganya sebagaimana tertuang dalam visi yang diusung Pemkab Toba Samosir terus diperlihatkan. Wujud kepedulian tersebut salah satunya ditunjukkan dengan memberikan bantuan sebagai tanda kasih dan kepedulian Pemkab Toba Samosir kepada 2 (dua) rumah tangga yang menjadi korban kebakaran yang terjadi di Dusun Matio, Desa Parsoburan Barat, Kecamatan Habinsaran. Rabu (07/09), Kepala Dinas Sosial Kabupaten Toba Samosir yang diwakili Sekretaris Dinas Sosial Sumihar Pasaribu terjun langsung ke lokasi kejadian untuk menyerahkan secara langsung bantuan tersebut kepada korban yakni keluarga Ayun Sitompul dan Keluarga Ramses Simanjuntak. Ketika menyerahkan bantuan, Sumihar Pasaribu berharap kiranya bantuan yang diserahkan pemerintah ini akan dapat meringankan beban keluarga korban yang sedang ditimpa musibah. “Kiranya bantuan ini bermanfaat, dan para korban dapat tabah menghadapi musibah ini”, kata Pasaribu.  Bantuan yang diserahkan tersebut berupa barang-barang perlengkapan rumah tangga serta sembako dengan masing-masing bersumber dari APBD Kab. Toba Samosir pada Dinas Sosial, APBD Provinsi Sumut pada Dinas Kesejahteraan Sosial  dan APBN pada Kementerian Sosial RI.

Ramses Simanjuntak sebagai salah satu pihak korban yang menerima bantuan ini merasa sangat tersentuh atas kepedulian berupa bantuan yang diserahkan pemerintah ini karena hal tersebut tidak pernah menduga sebelumnya. Ramses juga mengucapkan terima kasih atas kesigapan Pemadam Kebakaran yang langsung diturunkan sebanyak 3 (tiga) unit untuk memadamkan api sehingga kebakaran yang lebih luas dapat dihindari. “berkat kesigapan petugas pemadam, kami masih dapat menyelamatkan sebagaian harta benda yang sisa”, kata Ramses.

Camat Habinsaran Drs. Sawarman Nadeak yang hadir bersama Kapolsek Habinsaran W. Siagian dalam sambutannya menyambut baik atas respon yang diberikan oleh Dinas Sosial Kabupaten Toba Samosir yang begitu tanggap untuk segera memberikan bantuan kepada keluarga korban. “Kiranya kepedulian ini berkesinambungan dan tidak hanya kepada masyarakat yang mengalami musibah. Kepedulian ini akan menumbuhkan rasa kasih baik diantara masyarakat ataupun antara masyarakat dan pemerintah”, ujar Sawarman.

Sementara itu, berdasarkan keterangan yang dihimpun dari Kepala Desa Parsoburan Barat menjelaskan bahwa kebakaran tersebut terjadi pada hari Senin tanggal 22 Agustus 2011 sekitar pukul 01.30 Wib dini hari. Lebih lanjut dijelaskan bahwa dugaan terjadinya kebakaran disebabkan hubungan singkat arus pendek pada salah satu rumah yang dihuni korban. Namun kebakaran yang diperkirakan menyebabkan kerugian berkisar seratusan juta rupiah ini tidak sampai menyebabkan adanya korban jiwa.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s