LAPORAN KEUANGAN PEMKAB TOBA SAMOSIR DISAMPAIKAN DALAM RAPAT PARIPURNA DPRD

Kamis (08/09), bertempat di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Toba Samosir, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak, menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir Tahun Anggaran 2010 kepada Pimpinan Rapat.  Rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD serta didampingi kedua Wakil Ketua DPRD, dihadiri 23 orang dari 25 orang Anggota DPRD Toba Samosir. Dalam kesempatan itu tampak hadir Sekdakab Liberty Manurung, mewakili Kapolres AKP. Gibson Siagian, mewakili Dandim 0210 TU-TS Kapten Inf. H. Sitinjak, Para Asisten Setdakab, Staf Ahli Bupati, dan Kepala SKPD dan Camat se-Kabupaten Toba Samosir.

“Laporan realisasi anggaran tidak hanya menyajikan perbandingan antara realisasi terhadap anggarannya tetapi juga menyajikan prestasi kerja yang dicapai. Maka laporan keuangan Kepala Daerah perlu dikaji secara rasional, objektif, konstitusional dan cermat, karena merupakan wujud nyata pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah selama satu tahun anggaran, tahun 2010, sehingga perlu diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat Kab. Toba Samosir”, demikian disampaikan Ketua DPRD dalam sambutannya. Beliau juga menjelaskan bahwa Laporan Keuangan tersebut selanjutnya akan dibahas oleh tim gabungan komisi-komisi dan Badan Anggaran DPRD. “Hal ini merupakan sebagai bentuk tugas dan wewenang DPRD dalam melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah dalam pelaksanaan pembangunan di Kab. Toba Samosir”, pungkas beliau.

Dalam Pidato Pengantar Laporan Keuangannya, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengatakan bahwa sejak dilantik pada bulan Agustus tahun lalu, belum banyak dampak positif yang dicapai dalam realisasi program dan kegiatan yang telah dilaksanakan. Untuk itu program dan kegiatan akan difokuskan pada 7 (tujuh) prioritas pembangunan, sesuai dengan visi dan misi Pemkab Toba Samosir, yaitu Pemerintahan yang berwibawa; Kesehatan; Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Infrastruktur, Pengembangan Ekonomi Rakyat, Pengembangan Sumber Daya Alam; dan Stabilitas Kehidupan Masyarakat.

Kemudian Bupati juga menjelaskan bahwa berdasarkan Perda Kabupaten Toba Samosir Nomor 2 Tahun 2010, tentang Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Tahun Anggaran 2010, rencana pendapatan adalah sebesar Rp 480.449.033.199 sedangkan realisasi Rp 457.883.773.487.08 atau 95,30%. Kemudian untuk belanja Tahun 2010 adalah sebesar       Rp 501.909.347.240 dengan realisasi Rp 462.560.212.959.40 atau 92,16%. Untuk penerimaan pembiayaan daerah dapat terealisasi sebesar Rp 2.220.315.694.43 dari anggaran sebesar Rp 23.805.323.557 atau 9,33% dan untuk Sisa Kurang Pembiayaan Anggaran (SIKPA) Tahun 2010 adalah sebesar Rp 2.456.123.777.89. Sebelum mengakhiri Pidatonya, Bupati mengharapkan adanya dukungan, masukan, pendapat dan saran yang bersifat konstruktif dari para anggota DPRD Toba Samosir.

Adapun pelaksanaan Rapat Paripurna tersebut merupakan amanat dari Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah kepada Pemerintah, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah kepada Masyarakat.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s