MESKI SULIT DIJANGKAU, BUPATI TETAP KOMITMEN TINJAU PNPM-MP DI DESA SIRUNGKUNGON

Meskipun harus ditempuh melalui jalur transportasi air mengingat lokasi Desa Sirungkungon yang sulit ditembus dari jalur transportasi darat, tidak menyurutkan niat Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak untuk melakukan kunjungan kerja meninjau sekaligus meresmikan pelaksanaan kegiatan fisik proyek PNPM-MP (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan) di Desa Sirungkungan, Kecamatan Ajibata. Dengan menggunakan kapal penumpang, Rabu, (07/09), melalui keberangkatan dari dermaga pelabuhan kapal di Balige dan setelah menempuh perjalanan selama 3 (tiga) jam di kawasan Danau Toba, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak didampingi Asisten Pemerintahan Rudolf Manurung, Kaban Pemmas dan Pemdes James Silaban serta Kabag Humas dan Protokol Arwanto H. Ginting akhirnya tiba di bibir pantai Desa Sirungkungon dengan disambut secara antusias oleh masyarakat setempat.

Sebagaimana dalam kegiatan kunjungan kerja peninjauan proyek fisik PNPM-MP sebelumnya, pada kesempatan ini Bupati juga melakukan penyerahan secara simbolis dana fisik PNPM-MP dan dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Tahun 2011.  Sebelumnya, dengan disaksikan kepala desa, tokoh masyarakat dan masyarakat Desa Sirungkungon, Bupati juga melakukan penandatanganan prasasti sebagai tanda diresmikannya pembangunan Pipanisasi Air Minum di Desa Sirungkungon. Menurut Bupati, pembangunan pipanisasi air minum yang menyerap dana sebesar Rp. 179.591.000,- (seratus tujuh puluh sembilan juta lima ratus sembilan puluh satu ribu rupiah) merupakan perwujudan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat Desa Sirungkungon. Bupati mengatakan pipanisasi air minum ini akan memberi manfaat yang besar bagi warga setempat karena masyarakat akan dengan mudah menikmati layanan air bersih, oleh karena itu Bupati menghimbau agar seluruh warga dapat memelihara pipanisasi ini sehingga dapat dinikmati secara berkesinambungan.

Kepada pengurus kelompok yang menerima kucuran dana SPP, Bupati juga mengajak untuk dapat memanfaatkan dana tersebut dengan baik serta mengelolanya secara transparan. Dengan pengelolaan yang baik dan benar, Bupati yakin perguliran dana SPP akan dilakukan dengan maksimal sehingga akan lebih memberi manfaat yang lebih besar bagi masyarakat banyak. “Transparansi dalam melaksanakan program ini, akan mendorong partisipasi masyarakat untuk lebih aktif”,  jelas Bupati.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Kepala Badan Pemmas dan Pemdes James Silaban, untuk Tahun Anggaran 2011, Kecamatan Ajibata akan menerima kucuran dana PNPM-MP sebesar Rp. 1.000.000.000,- (satu milyar rupiah), dengan rincian Rp. 200.000.000,- bersumber dari APBD dan Rp. 800.000.000,- dari alokasi APBN. Lebih lanjut James menjelaskan, setelah melalui proses musyawarah antar desa dan kompetisi yang dilakukan sesuai Petunjuk Teknis Operasional PNPM-MP, dari 10 (sepuluh) desa yang berpartisipasi, diperoleh 5 (lima) desa yang berhak untuk menggunakan alokasi dana tersebut.

Melihat perkembangan pembangunan yang ditorehkan melalui PNPM-MP pada kunjungan kerjanya di seluruh kecamatan di Toba Samosir, Bupati memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pelaku-pelaku PNPM-MP atas peran serta dan partisipasi aktif yang diberikan hingga program tersebut dapat benar-benar dinikmati masyarakat.

Pada kunjungan kerja Bupati di Desa Sirungkungon Kecamatan Ajibata ini, disamping dihadiri anggota DPRD Toba Samosir Viktor Silalahi, juga terlihat hadir Camat Ajibata Robert Gono Hutajulu didampingi Sekretaris Kecamatan Ajibata Monang Manihuruk serta para kepala desa se-Kecamatan Ajibata dan undangan lainnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s