Berita Terbaru

PERINGATAN HARI ANAK DAN KELUARGA TINGKAT KABUPATEN TOBA SAMOSIR MERIAH

Mengambil tempat di pelataran upacara Kantor Bupati Toba Samosir, peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2011 dan dirangkai dengan peringatan Hari Keluarga ke-18 tingkat Kabupaten Toba Samosir berlangsung meriah, Kamis (08/09). Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak bersama Uspida, para pimpinan SKPD, para pimpinan BUMN/ BUMD/ perusahaan swasta yang menghadiri pelaksanaan kegiatan ini serta menyaksikan rangkaian kegiatan dan perlombaan yang diperlombakan terlihat cukup antusias dan mengapresiasi kemampuan yang diperlihatkan para anak-anak sebagai generasi penerus bangsa dari Kabupaten Toba Samosir yang turut ambil bagian dalam berbagai kegiatan dan perlombaan pada acara tersebut.

Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak berharap melalui pelaksanaan kegiatan ini akan mampu mengingatkan betapa pentingnya peran, makna dan hakikat sebuah keluarga. “Keluarga adalah wahana utama bagi pewarisan peradaban dan budaya”, ujar Bupati. Lebih lanjut menurut Bupati, melalui keluarga sejak dini dapat ditanamkan nilai-nilai moral yang nantinya akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam diri seseorang. Karena melalui nilai-nilai moral tersebut, menurut Bupati akan dapat membentuk generasi muda bangsa yang berkualitas dan berdaya saing sebagai cerminan kekuatan bangsa dan negara. “Potret keluarga ideal merupakan cermin bangsa dan negara yang utuh dan bersatu”, kata Bupati.

Terkait peringatan Hari Anak, secara khusus Bupati meminta kepada para kader Bina Keluarga Balita (BKB), untuk lebih meningkatkan aktivitas pembinaan terhadap balita dengan harapan nantinya para balita tersebut kedepannya akan menjadi generasi yang dapat mengharumkan dan membawa kemajuan di Toba Samosir. Bupati mengatakan, masa kanak-kanak adalah masa emas dan menjadi mata rantai penghubung antara dunia anak untuk masa kini dan yang akan datang. Karena itu Bupati menghimbau untuk senantiasa menjaga, melindungi dan memenuhi hak-hak anak. Juga melalui momentum kegiatan tersebut Bupati juga berusaha untuk menggugah dan menumbuhkan kesadaran para orang tua, masyarakat dan seluruh aparat pemerintah untuk lebih memperhatikan upaya peningkatkan mutu kehidupan anak sekaligus mengantarkan anak-anak menjadi anak-anak yang terlindungi hak-haknya.

Pada kesempatan sebelumnya, Ketua TP PKK Kabupaten Toba Samosir Ny. Netty Pandapotan br Pardosi menyampaikan bahwa maksud dan tujuan penyelenggaraan kegiatan ini untuk meningkatkan komitmen seluruh pihak tentang pentingnya pemenuhan hak-hak anak secara holistik integratif  dalam menjamin terpenuhinya kebutuhan anak. Menurut Ny. Netty Pandapotan br Pardosi, salah satu kebutuhan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak secara sejahtera dapat dilakukan melalui penyediaan wahana bermain, melalui kegiatan unjuk prestasi, kreativitas dan karya inovatif anak.

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh perwakilan/ kontingen setiap kecamatan di Kabupaten Toba Samosir ini juga diisi dengan penyerahan secara simbolis insentif kader BKB, bantuan peralatan berupa laptop kepada PPLKB/ PKB serta penyerahan bantuan dana bergulir Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera/ UPPKS.  Penyerahan secara simbolis ini dilakukan oleh Bupati Toba Samosir selaku Ketua Dewan Penyantun TP PKK bersama Ibu Bupati Ny. Netty Pandapotan br Pardosi selaku Ketua TP PKK Kabupaten Toba Samosir.Untuk bantuan dana UPPKS tersebut diserahkan kepada 4 kelompok pada 4 kecamatan yang terdiri dari UPPKS Permata Desa Raut Bosi Kecamatan Porsea, UPPKS Saurdot Desa Hutagaol Sihujur Kecamatan Silaen, UPPKS Indah Desa Sionggang Tengah Kecamatan Lumban Julu dan UPPKS Marsiurupan Desa Jonggi Manulus Kecamatan Parmaksian.

dr. Frida Sinaga yang menjabat sebagai Kepala BPPAKB Kabupaten Toba Samosir dalam kapasitasnya sebagai panitia penyelenggara kegiatan ini dalam keterangannya menambahkan bahwa thema yang diangkat untuk Hari Anak tingkat Kabupaten Toba Samosir ini adalah “Anak Indonesia Sehat, Kreatif dan Berakhlak Mulia”, dengan sub thema “Dengan Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2011, Kita Tingkatkan Kreatifitas, Kepedulian dan Martabat Anak”. Lebih lanjut menurut dr. Frida, untuk peringatan Hari Keluarga mengambil thema “Dengan semangat Hari Keluarga, Kita mantapkan Program Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional”, dengan motto “Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera Harapan Bangsa”. Dr Frida juga menjelaskan bahwa sebelum perayaan puncak Hari Anak dan Hari Keluarga tingkat Kabupaten Toba Samosir ini juga telah digelar berbagai perlombaan.

Jenis Perlombaan dan para pemenang perlombaan tersebut, diantaranya Lomba Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) dimenangkan Roniasi Tamba dari Desa Lumban Gaol, Kec. Balige. Lomba PLKB dimenangkan Sonti Silaen dari Kecamatan Silaen. Lomba BKB diraih Kelompok BKB Primadona, Desa Parparean IV, Kec. Porsea. Lomba UPPKS dijuarai Kelompok UPPKS Sehat II Desa Lumban Silintong, Kec. Balige, Lomba Keluarga Harmonis dimenangkan Keluarga Andi Marlon Tambunan dari Desa Lumban Gaol, Kec. Balige. Lomba BLK diraih Kelompok BLK Desa Jonggi Manulus, Kec. Parmaksian. Lomba Penyuluhan Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja diraih Agni JM. Pardosi dari Kec. Habinsaran. Lomba membuat Cerita Pendek dengan pemenang Helena Pangaribuan dari Kec. Siantar Narumonda. Lomba Menggambar dimenangkan Gilbert Nainggolan serta Lomba Mewarnai diraih Kiara Olivia dari TK Asisi Balige.

Kemeriahan pelaksanaan kegiatan ini juga dapat dilihat dari penampilan Marching Band Bona Pasogit Sejahtera yang menyuguhkan alunan musik yang memanjakan telinga para hadirin yang hadir. Marching Band binaan PT TPL ini telah mengukir banyak prestasi dalam berbagai kompetisi marching band yang mereka ikuti baik tingkat daerah dan tingkat nasional. Dan sesuai informasi yang diperoleh, Marching Band ini juga akan ikut berkompetisi untuk memperebutkan Piala Gubernur Sumatera Utara dalam waktu dekat ini.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s