HAORNAS XXVIII TINGKAT KABUPATEN TOBASA DIMERIAHKAN SENAM MASSAL

Peringatan Hari Olah Raga Nasional (HAORNAS) ke XXVIII tahun 2011 tingkat Kabupaten Toba Samosir berlangsung di Lapangan Sisingamangaraja XII, Balige pada hari Senin (26/09). Peringatan Haornas ini diawali dengan pelaksanaan upacara dengan Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak bertindak selaku pembina upacara dan Robert Manurung dari Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Toba Samosir selaku pemimpin upacara. Pada peringatan Haornas ini, di tribun kehormatan juga terlihat hadir Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, Kapolres Toba Samosir AKBP Musa Tampubolon, Ketua PN Balige Nasir Simanjuntak, Dandim 0210/TU yang diwakili Danramil Balige Kapten (Inf) P. Siahaan, Ketua TP PKK Toba Samosir Ny. Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Wakil Ketua TP PKK Ny. Agustina Liberty Pasaribu serta undangan lainnya.

Menteri Pemuda dan Olah Raga RI Andi A. Mallarangeng dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Toba Samosir mengatakan konteks olah raga saat ini, masih sangat relevan sebagai alat perjuangan, karena menurutnya dengan olah raga, kita dapat kibarkan Bendera Merah Putih dan  kumandangkan Lagu Indonesia Raya untuk mengharumkan nama bangsa dan negara di ajang internasional. Lebih lanjut juga disampaikan, pembinaan prestasi olahraga harus dikembangkan secara sistematis, berjenjang dan berkelanjutan. Karena itu, pemerintah telah menciptakan suatu wadah pembinaan atlet melalui Program Indonesia Emas (Prima) sebagai wadah pembinaan atlet-atlet nasional yang dipersiapkan untuk berprestasi pada tingkat internasional. Disamping meminta untuk menjadikan olah raga sebagai gaya hidup manusia modern, Menteri juga menghimbau, agar di lingkungan kantor-kantor pemerintah dan swasta untuk terus menggelorakan kembali “jam krida” olahraga setiap hari jumat yang sebelumnya telah dicanangkan. Sesuai tema peringatan Haornas XXVIII tahun 2011, yakni “Satu Indonesia, Bangkit dan Maju”, Menteri berharap olah raga akan semakin maju dan tidak ketinggalan oleh kemajuan bangsa pada bidang-bidang lainnya.

Setelah menggelar upacara, peringatan Haornas tingkat Kabupaten Toba Samosir ini juga dirangkai dengan pelaksanaan senam massal SKSU (Senam Kebugaran Sumatera Utara) yang diikuti oleh Bupati Tobasa, Wakil Bupati Tobasa beserta Uspida, para staf ahli Bupati, para Asisten dan Kabag Setdakab, para pimpinan SKPD, TP PKK Tobasa, para undangan lainnya dan seluruh peserta upacara lainnya yang antara lain terdiri dari Pegawai Negeri Sipil, personil TNI/ Polri dan pelajar tingkat SD, SLTP dan SLTA/SMK. Terlihat Bupati, Wakil Bupati dan Uspida serta para peserta senam massal lainnya sangat antusias melakukan berbagai gerakan senam yang diperagakan para instruktur senam. Senam Kebugaran Sumatera Utara ini mengadopsi berbagai gerakan tor-tor dan tarian dengan aransemen musik yang memadukan alunan alat musik dari berbagai suku dan daerah di Sumatera Utara.

Pada puncak perayaan Haornas tingkat Kabupaten Toba Samosir ini, Bupati dan Wakil Bupati Toba Samosir berturut-turut juga menyerahkan hadiah kepada para juara turnamen bola volley untuk memeriahkan Haornas tersebut. Pada turnamen bola volley antar kecamatan untuk tingkat pelajar SLTA/ SMK yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu (20-23/09), tim dari Kecamatan Balige berhasil menggondol gelar juara pertama setelah menundukkan Tim dari Kecamatan Habinsaran.Untuk pemenang ketiga dan keempat diraih tim Kecamatan Laguboti dan tim Kecamatan Porsea. Kepada masing-masing pemenang diserahkan hadiah berupa trophy, peralatan olah raga volley dan dana pembinaan.

Mengakhiri peringatan Haornas ini, dilakukan pengundian lucky draw dengan berbagai aneka hadiah yang disponsori PT Askes Indonesia Cabang Pematang Siantar. Untuk hadiah utama, masing-masing secara berurutan dilakukan penarikan undian oleh Bupati dan Wakil Bupati Toba Samosir serta unsur pimpinan daerah lainnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s