HARI KESAKTIAN PANCASILA DIPERINGATI DI MONUMEN DI PANJAITAN

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ke-46 Tahun 2011 tingkat Kabupaten Toba Samosir dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu di Kompleks Monumen Pahlawan Revolusi Mayjend Anumerta DI Panjaitan, Sabtu (01/10) di Balige. Upacara ini juga dirangkai dengan peletakan karangan bunga oleh Wakil Bupati Liberty Pasaribu selaku inspektur upacara setelah sebelumnya mengajak seluruh peserta upacara guna mengheningkan cipta sejenak untuk mengenang perjuangan para Pahlawan Revolusi yang telah mengorbankan jiwa dan raga untuk menjaga dan mempertahankan Pancasila sakti dari ancaman yang timbul.

Upacara peringatan Kesaktian Pancasila yang berlangsung hikmat ini mengangkat tema “Dengan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Kita Perkokoh Semangat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia yang Berkarakter”. Pada upacara tersebut, atas nama masyarakat Toba Samosir, Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan membacakan ikrar yang menyatakan kebulatan tekad dari seluruh masyarakat Toba Samosir untuk menjaga keutuhan Pancasila sebagai ideologi Negara serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila untuk menggalang kebersamaan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk memperingati Pancasila Sakti ini, pada upacara tersebut juga diisi dengan kumandang beberapa lagu-lagu perjuangan yang dibawakan siswa/i SMA Negeri 1 Balige. Upacara yang dimulai tepat pukul 08.00 Wib ini dikomandoi Komandan Upacara Ipda B. Sihotang yang sehari-hari menjabat Ka. Urbin OPS Reskrim pada Kepolisian Resort Toba Samosir

Disamping dihadiri Sekdakab Liberty Manurung dan Kasdim 0210/TU Risa Wilsi, Wakil Ketua TP PKK Ny. Agustina Sambenga, para peserta upacara yang hadir pada kesempatan ini terdiri dari para staf ahli Bupati, para asisten dan kabag Setdakab Tobasa, pimpinan SKPD, para pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemkab Tobasa, pimpinan instansi vertical, pimpinan BUMN/BUMD se-Kabupaten Toba Samosir, personil TNI dari Kipan “A” Yonif 125/SMB, personil Polres Tobasa dan para pelajar SMU/SMK. Juga terlihat hadir mahasiswa/i Sekolah Alkitab SAT-BMW dari Lumban Tor, Natolu tali, Kecamatan Silaen yang merupakan daerah tempat kelahiran Pahlawan Revolusi Mayjend DI Panjaitan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s