TIM EVALUASI TP. PKK PROPSU SAMBANGI DESA JONGGI MANULUS

Selasa (26/10), TP. PKK Propinsi Sumatera Utara mengunjungi Desa Jonggi Manulus, Kec. Parmaksian, Kab. Toba Samosir. Kunjungan ini merupakan bentuk evaluasi TP-PKK Propinsi, dimana Desa Jonggi Manulus terpilih sebagai salah satu nominasi dari 8 desa lainnya untuk kategori Lomba Desa Percontohan 10 Program PKK Tingkat Propinsi Sumatera Utara. Acara tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Kepala Desa Jonggi Manulus, Kec. Parmaksian.

Kunjungan Tim Evaluasi yang dipimpin Ny. Ratna Raja Thamrin, serta 4 orang anggotanya yaitu; Ny. Azis Siregar, Ibu Dirmawati Tindaon, M.Pd (Bapemmas Propsu), Drs. H. Rukyan dan Irwadi, disambut oleh Wakil Ketua TP. PKK Kab. Toba Samosir Ny. Agustina Sambenga Liberty Pasaribu, Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan T.A. Dugat Panjaitan, Kepala Badan PPAKB Frida Sinaga, Kadis Kehutanan Hormat Panjaitan, Camat Parmaksian Alfaret Manurung, Ketua TP. PKK Kec. Parmaksian Ny. Lydia Alfaret Manurung, Kepala Desa Jonggi Manulus Heli Faiber Manurung, Ny. Matsa Heli Faber Manurung, LKMD, BPD, Karang Taruna serta Kader-kader PKK Desa Jonggi Manulus.

Dalam sambutan Ketua TP. PKK Propsu yang dibacakan Ny. Ratna Thamrin Manurung mengatakan bahwa tujuan kunjungan Tim Evaluasi ini adalah untuk melihat langsung perkembangan keadaan desa setelah sebelumnya dilakukan monitoring dan pembinaan baik dari Propinsi, Kabupaten maupun Kecamatan terhadap pelaksanan 10 Program Pokok PKK termasuk evaluasi terhadap jalannya kelembagaan organisasi di desa, yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan penilaian untuk menjadi Desa Percontohan Terbaik di Tingkat Propinsi Sumatera Utara Tahun 2011.

Pada kunjungan tersebut dilakukan tanya jawab dengan kader PKK Kelompok Kerja (Pokja) satu sampai pokja empat serta penyampaian ekspos pelaksanaan kegiatan desa oleh Kepala Desa dan pelaksanaan PKK oleh Ketua TP. PKK Desa, serta meninjau pelaksanaan kelompok simulasi, BKB, Posyandu, PAUD dan hasil keterampilan kader PKK desa. Pelaksanaan Evaluasi tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan anak-anak PAUD dan SD Hasahatan serta ibu-ibu lansia, dengan memberikan suara emas mereka.

Sementara itu Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan T.A. Dugat Panjaitan yang hadir mewakili Bupati Toba Samosir, mengucapkan terimakasih kepada Tim Evaluasi yang telah memilih Desa Jonggi Manulus sebagai salah satu nominasi dari 8 (delapan) desa lainnya. Sambil bergurau, Dugat berharap perhatian Tim terhadap Desa Jonggi Manulus tidak hanya berhenti sampai disitu, namun hingga penetapan Desa Jonggi Manulus sebagai yang terbaik, karena Pemkab dan seluruh elemen terkait telah berupaya untuk memberikan yang terbaik pada Desa Jonggi Manulus. Dugat juga menghimbau kepada Camat, Kepala Desa, Pengurus TP-PKK Kecamatan maupun desa serta seluruh kader PKK agar terus berupaya untuk meningkatkan kualitas desanya, sekalipun nantinya Desa Jonggi Manulus belum terpilih sebagai yang terbaik di Propinsi Sumatera Utara.

Sebelumnya Desa Jonggi Manulus, yang berpenduduk 482 orang, ditetapkan sebagai Desa Binaan Percontohan 10 Program PKK Tingkat Kabupaten Toba Samosir melalui Surat Keputusan Bupati Nomor 201 Tahun 2010 tentang Penetapan Desa Binaan di Kabupaten Toba Samosir Tahun 2011.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s