BUPATI TOBA SAMOSIR SERAHKAN BANTUAN PUPUK DAN BIBIT TANAMAN KEPADA KELOMPOK TANI DI TOBASA

Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakatnya, Rabu (2/11) Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak kembali menyerahkan bantuan pupuk dan bibit tanaman buah-buahan kepada warganya. Penyerahan bantuan yang dipusatkan di Desa Pardomuan, Kecamatan Silaen tersebut merupakan salah satu upaya Pemkab Toba Samosir untuk meningkatkan produksi berasnya, sesuai dengan Program Nasional Peningkatan Produksi Beras Secara Nasional (P2BN), dimana produksi beras Kabupaten Toba Samosir ditargetkan naik sebesar 5% dari tahun 2010.

Pada kesempatan tersebut Bupati Toba Samosir menjelaskan, bahwa Pemkab Toba Samosir telah melakukan beberapa upaya untuk mendukung keberhasilan Program Nasional P2BN tersebut, yaitu dengan penyediaan prasarana dan sarana produksi pertanian melalui usaha pokok intensifikasi pertanian yakni penyediaan benih unggul, pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi desa, jaringan irigasi tingkat usaha tani, penggunaan pupuk berimbang, penggunaan pupuk organik dan proteksi pengganggu pertanaman dengan melaksanakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanam Terpadau, serta perbaikan pengolahan lahan melalui pemberian alat mesin pertanian kepada kelompok-kelompok tani. “Kabupaten Toba Samosir memiliki lahan baku sawah seluas 18.000 Ha yang tersebar di 16 Kecamatan, namun hanya 4.500 Ha yang melaksanakan pertanaman dua kali setahun, maka untuk merangsang petani agar melaksanakan pertanaman padi dua kali setahun, Pemkab Toba Samosir melalui dukungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, memberikan bantuan pupuk sebagaimana yang dilaksanakan hari ini”, lanjut Bupati.

Adapun bantuan yang diserahkan yaitu NPK 41.700Kg, Pupuk Organik Granul (POG) sebanyak 61.716 Kg, dan Pupuk Organik Cair (POC) sebanyak 278 liter, serta bibit mangga sebanyak 1.400 batang dan bibit durian sebanyak 1.600 batang yang diperuntukkan untuk pengembangan lahan kering. Bantuan tersebut akan dibagi ke 6 Kecamatan, 11 Desa dan 14 Kelompok Tani.

Kabag Humas Setdakab Toba Samosir, Arwanto H. Ginting, dalam press releasenya mengatakan bahwa penyerahan bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemkab Toba Samosir terhadap masyarakatnya sesuai dengan visi Pemkab Toba Samosir, yaitu “Terwujudnya Kabupaten Toba Samosir yang memiliki rasa Kasih, Peduli dan Bermartabat”.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s