TURNAMEN CATUR BUPATI TOBA SAMOSIR CUP TAHUN 2011 DIGELAR

Untuk menggalakkan dan meningkatkan minat dan bakat siswa serta untuk menjaring bibit unggul atlet Catur, Pengurus Cabang Persatuan Catur Seluruh Indonesia/ Pengcab PERCASI Kabupaten Toba Samosir dengan dukungan Pemkab Toba Samosir dan KONI Toba Samosir menggelar turnamen Catur BUPATI CUP Tahun 2011 tingkat Pelajar SLTP/ SLTA/ SMK dan tingkat Umum Non-Master se-Kabupaten Toba Samosir. Turnamen yang diikuti 150 orang peserta dari seluruh kategori ini digelar dari tanggal 10 s/d 12 Nopember 2011 di Aula SMK Negeri 1 Balige.

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak yang diwakili Staf Ahli Bupati DR. CY Hasugian, (Kamis, 10/11) membuka secara resmi turnamen yang menganut peraturan FIDE ini dengan malakukan langkah pertama bidak catur pada papan catur peserta pada masing-masing kategori. Selanjutnya, dalam sambutan tertulisnya, Bupati memandang turnamen ini sebagai kegiatan yang penting dalam upaya pengembangan olah raga catur, karena memberikan kesempatan bagi penggemar catur dalam mengasah kemampuan serta menimba pengalaman bertanding yang nantinya akan bermuara pada pencapaian prestasi di bidang olahraga catur. Masih menurut Bupati, turnamen ini juga diharapkan akan menjadi wahana lahirnya bibit-bibit atlet catur berbakat yang akan menjadi andalan untuk mampu berkompetisi dalam mengharumkan nama Toba Samosir pada kejuaran-kejuaran tingkat nasional dan regional bahkan tingkat internasional.

Untuk pengurus Pengcab PERCASI Toba Samosir, Bupati secara khusus meminta agar terus melakukan langkah-langkah yang intensif pada pembinaan atlet catur dalam mendorong prestasi pada olahraga catur. “Potensi yang sudah ada di masyarakat, agar didorong untuk tumbuh dan berkembang”, kata Bupati. Melalui upaya tersebut, Bupati yakin olahraga catur tidak hanya sekedar hobby perseorangan saja, tetapi akan dapat menjadi target dalam peningkatan prestasi keolahragaan di daerah. Mengakhiri sambutannya, Bupati meminta agar para seluruh peserta turnamen ini dapat bertanding dengan sportif sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan panitia.

Pada kesempatan sebelumnya, Ketua KONI Toba Samosir Franky Hutauruk, berjanji akan senantiasa berupaya menggalakkan potensi olah raga catur seraya mengharapkan dukungan dari seluruh pihak khususnya dukungan dari pemerintah daerah. Atas terselenggaranya turnamen tersebut, Franky memberikan apresiasi atas upaya dan kerja keras Pengcab PERCASI Toba Samosir, yang telah mampu memaksimalkan seluruh potensi yang ada hingga turnamen tersebut dapat berlangsung. Selaku Ketua KONI Toba Samosir, Franky juga tidak lupa meminta dukungan seluruh elemen masyarakat Toba Samosir, agar kontingen olah raga Indonesia dapat berjaya pada even akbar SEA GAMES XXVI tahun 2011 yang akan segera berlangsung.

Ketua Pengcab PERCASI Toba Samosir Drs. Alfaris Simanjuntak dalam laporannya menyampaikan, bahwa Toba Samosir memiliki potensi yang besar dalam pengembangan olah raga ini, karena itu menurutnya, olah raga catur sangat relevan untuk dapat dikembangkan di Toba Samosir. Alfaris juga menjelaskan, bahwa, turnamen olah raga catur yang mengusung slogan “Gens Una Sumus (kita satu keluarga-red)”  digelar dengan menggunakan system Swiss 7 Babak, dengan rincian peserta 52 orang untuk Tingkat SLTP, 56 orang Tingkat SMA/SMK dan 42 orang untuk Tingkat Umum. Turnamen ini menyediakan hadiah berupa tropy, piagam penghargaan serta dana pembinaan dengan total Rp. 21.000.000,-

Ada hal yang menarik dalam turnamen Catur Bupati Toba Samosir Cup Tahun 2011 ini, yakni adanya 2 (dua) orang peserta wanita pada tingkat pelajar. Kedua pecatur muda berbakat tersebut adalah Grace R. Simanjuntak, pelajar SMP Negeri Satu Atap Tampahan dan  Natalia R. Pakpahan yang mewakili SMK Negeri 2 Balige.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s