CEGAH RAWAN PANGAN DAN BALITA GIZI KURANG, BUPATI TOBASA SERAHKAN BANTUAN BAHAN PANGAN

Ketahanan pangan telah menjadi salah satu variabel strategis dalam pembangunan ekonomi nasional dan masih perlu mendapat perhatian. Hal ini ditandai dengan masih banyaknya kejadian kerawanan pangan di berbagai daerah di tanah air yang bersifat kronis terjadi sepanjang waktu dan transien yang terjadi secara mendadak terutama di daerah rawan pangan. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, Jumat (11/11), bertempat di Balai Pertemuan Desa Silaen Kecamatan Silaen, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan Rudolf Manurung menyerahkan bantuan sosial berupa bahan pangan kepada masyarakat prasejahtera dan balita gizi kurang. Tercatat sebanyak 53 Kepala Keluarga (KK) yang menerima bantuan. Dimana 43 KK diantaranya adalah keluarga yang mempunyai anak balita gizi kurang dan sisanya adalah keluarga prasejahtera. Adapun bantuan yang diserahkan adalah : Beras sebanyak 848 kg, Kacang Hijau sebanyak 159 kg, Susu Bubuk 424 Kotak @ 200 gr, dan Gula Pasir sebanyak 159 kg.

Dalam laporannya Kakan Ketahanan Pangan Kab. Toba Samosir Marsarasi Simanjuntak mengatakan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah DIPA APBN TP Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Toba Samosir No. 018.11.071710 TA. 2011 dan Surat Bupati Toba Samosir No. 520/255/KKP/XI/2011 tanggal 07 November 2011, tentang Penyerahan Bantuan Sosial Berupa Bahan Pangan Kepada Masyarakat Prasejahtera dan Balita Gizi Kurang. Sedangkan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu masyarakat prasejahtera dan balita gizi kurang dalam pemenuhan pangan keluarga melalui pemberian bahan pangan serta untuk mencegah agar tidak terjadinya rawan pangan bagi masyarakat atau keluarga yang tergolong prasejahtera dan balita yang terindikasi gizi kurang.

Sementara itu dalam sambutan tertulisnya Bupati mengatakan bahwa untuk mewujudkan ketahanan pangan diperlukan pendeteksian situasi pangan dan gizi masyarakat melalui Sistem Kewaspadaan Pangan dan Gizi (SKPG), yang bertujuan untuk mengetahui data dan informasi ketersediaan, akses dan pemanfaatan pangan masyarakat atau rumah tangga. Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa untuk mengetahui situasi pangan dan gizi masyarakat di Kabupaten Toba Samosir, telah dibentuk Tim SKPG yang terdiri dari lintas sektor terkait, yang bertugas untuk mengenali secara dini kemungkinan timbulnya masalah pangan dan gizi masyarakat, serta membuat rekomendasi upaya pencegahan dan penanganannya. “Saya menghimbau kita semua, agar ketersediaan pangan disetiap rumah tangga dapat terpenuhi, disarankan supaya lebih giat memanfaatkan secara optimal lahan-lahan yang tersedia termasuk lahan pekarangan untuk ditanami dengan berbagai tanam-tanaman pangan, sehingga ketersediaan dan kebutuhan pangan anggota keluarga dapat terpenuhi”, himbau Bupati diakhir sambutannya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kab. Toba Samosir, Ny. Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak berharap bantuan yang diserahkan tersebut kiranya bermanfaat untuk mencegah terjadinya rawan pangan sekaligus meningkatkan gizi masyarakat. Beliau menambahkan, kegiatan ini adalah merupakan bukti kepedulian Pemkab Toba Samosir kepada masyarakatnya yang prasejahtera, sesuai dengan Visi Kab. Toba Samosir, yaitu terwujudnya Kabupaten Toba Samosir yang memiliki Kasih, Peduli dan Bermartabat.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s