PENCANANGAN KESATUAN GERAK PKK, KB – KESEHATAN DAN BINA GENERASI MUDA/REMAJA TINGKAT KABUPATEN TOBA SAMOSIR BERLANGSUNG SUKSES

Kesatuan gerak PKK-KB-Kes adalah intensifikasi peran PKK dalam program KB Nasional dan Pembangunan Kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu dengan lintas sektoral terkait di semua tingkat wilayah dalam rangka membangun keluarga yang sejahtera. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan pelayanan yang berkualitas dalam program pemberdayaan kesejahteraan keluarga, Keluarga Berencana dan Kesehatan sebagai upaya mendukung Millenium Development Goals (MDGs).

Sejalan dengan definisi dan tujuan Kesatuan Gerak PKK, KB, Kes diatas, Pemkab Toba Samosir pagi tadi (15/11) melaksanakan kegiatan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK, KB, Kes yang pada pelaksanaannya tahun ini dirangkaikan dengan Bina Generasi Muda/Remaja. Pencanangan yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Toba Samosir dibuka oleh Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak, yang ditandai dengan pemukulan gong. Hadir pada acara tersebut, Ketua DPRD Toba Samosir yang diwakili oleh Tony Sakkan Siahaan, Kapolres Toba Samosir, AKBP. Budi Suherman, Sekdakab, Liberty Manurung, Ketua TP-PKK Kab. Toba Samosir sekaligus Ketua Panitia Pelaksana, Ny. Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Para Ka. SKPD, Para Camat se-Kab. Toba Samosir, Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kab. Toba Samosir, insan pers serta undangan lainnya. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan BKKBN Propinsi Sumatera Utara.

Pada laporannya, Ny. Netty Pandapotan Kasmin Simanjuntak, mengatakan bahwa melalui pelaksanaan kegiatan ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap penurunan tingkat kelahiran dan kematian Ibu dan Bayi dalam rangka untuk mewujudkan manusia berkualitas. Untuk mendukung hal tersebut, PKK berada pada garis terdepan, karena kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan sangat strategis dalam menunjang keberhasilan program KB dan Kes serta penigkatan kualitas keluarga, khususnya keluarga Pra Sejahtera atau kurang mampu/miskin.

Adapun dasar pelaksanaan kegiatan tersebut adalah Petunjuk  Pelaksanaan (JUKLAK) Kegiatan Bulan Balita XXIX dan Bina Generasi Muda Remaja Tk. Propinsi Sumatera Utara Tahun 2011; Surat Keputusan Bupati Toba Samosir Nomor 200 Tahun 2011 Tanggal 25 Oktober 2011 tentang Pembentukan Panitia Pelaksana Kesatuan Gerak Pemberdayaam dan Kesejahteraan keluarga, Keluarga Berencana, Kesehatan dan Bina Generasi Muda/Remaja Tk. Kab. Toba Samosir Tahun 2011; Program Kerja TP-PKK Kab. Toba Samosir Tahun 2011. Thema Kegiatan Bulan Balita XXIX dan Bina Generasi Muda/Remaja tahun ini adalah “Dengan Bulan Balita XXIX dan Bina Generasi Muda/Remaja Tahun 2011 Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia Indonesia yang Siap Bersaing” dan Thema Kegiatan Kesatuan Gerak PKK, KB, Kes adalah, “Melalui Langkah Nyata Kesatuan Gerak PKK, KB, Kes, Kita Tingkatkan Pelayanan KB Kesehatan Berkualitas”.

Sementara itu, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan penjabaran dan kelanjutan pelaksanaan percepatan Revitalisasi Program Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Kesehatan dan Posyandu sesuai dengan Thema Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK, KB, Kes tahun ini. Bupati juga menyampaikan, meskipun pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK, KB, Kes hanya berlangsung 3 (tiga) bulan, mulai dari 1 Okt – 31 Des setiap tahunnya, namun mampu memberikan kontribusi melalui pencapaian sasaran atau target program kependudukan dan Keluarga Berencana, Program Kesehatan serta 10 Program Pokok PKK setiap tahunnya. Pada kesempatan tersebut, Bupati meminta kepada pihak-pihak terkait agar dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, sesuai dengan rencana dan mengacu kepada pedoman yang ada, sehingga pembinaan yang dilakukan dapat memotivasi para kader-kader di Desa/Kelurahan untuk menjadi pelaksana terbaik posyandu. Diakhir sambutannya Bupati berharap agar seluruh pihak-pihak terkait agar memanfaatkan momen  Bulan Balita tersebut, untuk meningkatkan pelayanan dan pembinaan terhadap tumbuh kembang anak, sehingga beberapa tahun ke depan, muncul anak-anak yang lebih berkepribadian, cerdas, sehat dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan visi kab. Toba Samosir, untuk mewujudkan masyarakat yang Penuh Kasih, Peduli dan Bermartabat.

Pada acara Pencanangan Kesatuan Gerak PKK, KB, Kes dan Bina Generasi Muda/Remaja tersebut juga dilaksanakan beberapa perlombaan untuk kategori Lomba Bulan Balita dan Lomba Bina Generasi Muda/ Remaja. Berikut para pemenang perlombaan kategori Lomba Bulan Balita, dengan berbagai jenis lomba, yaitu Lomba Bercerita Cinta Tanah Air, Juara I: Wirawati Gurning (Kec. Porsea), Juara II: Maura Azzahra (Kec. Balige), Juara III: Zefanya L.E. Lumban Tobing (Kec. Parmaksian). Untuk jenis  Lomba Menyusun Balok/Lego, Juara I: Samuel H. SIrait (Kec. Lumbanjulu), Juara II: Samuel Fransisco Siagian (Kec. Pintu Pohan Meranti), Juara III: Lasminar Simangunsong (Kec. Habinsaran).  Lomba Anak Memilih Makanan 3B, Juara I: Miranda Anastasya Sianturi (Kec. Silaen), Juara II: Elizabeth F. Manurung (Kec. Lumbanjulu), Juara III: Ari Purwanto Pratama Sirait (Kec. Bona Tua Lunasi). Para pemenang untuk  Lomba Bernyanyi, Juara I: Sifra Aldana Situmorang (Kec. Porsea), Juara II: Gracia Debora Manurung (Kec. Silaen), Juara III: Chelsie Jevonia Sitorus (Kec. Lumbanjulu).

Sementara untuk kategori Lomba Bina Generasi Muda/Remaja, para pemenang sebagaimana jenis lomba yang dipertandingkan, terdiri dari Lomba Pidato Pencegah Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Juara I: Marintan Siagian (Kec. Habinsaran), Juara II: Anita Sirait (Kec. Parmaksian), Juara III: Hotmian Sarajevo Tamba (Kec. Siantar Narumonda). Untuk Lomba Cipta Ape, Juara I: Ferdy Yalgemi Tambunan (Kec. Laguboti), Juara II: Freddy Panjaitan (Kec. Porsea), Juara III: Poltak Sitompul (Kec. Silaen).  Lomba Membuat Boneka Horta, Juara I: Ita Purnama Sari Sitorus (Kec. Balige), Juara II: Rusmina Ariwati Manurung (Kec. Laguboti), Juara III: Gustri Pratiwi Tampubolon (Kec. Porsea). Dan untuk Lomba Melukis Himbauan Berolahraga, Juara I: Srinovryanti (Kec. Laguboti), Juara II: Irvan Armay (Kec. Lumbanjulu), Juara III: Ganda Ricat Octora (Kec. Uluan).

Pemenang Pertama dari masing-masing lomba akan mewakili Kab. Toba Samosir untuk mengikuti Lomba Tingkat Propinsi Sumatera Utara di Medan pada tanggal 23 s/d 24 November 2011 yang akan datang.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s