Berita Terbaru

BUPATI : TOBA SAMOSIR SWASEMBADA BERAS

Toba Samosir termasuk dalam kategori swasembada beras, dapat terlihat dari aspek ketersediaan pangan memiliki ketersediaan pangan cukup baik. Lebih lanjut, dari data produksi bahan pangan, diperoleh bahwa produksi bahan pangan pokok beras yang mencapai 70.000 ton beras per tahun, sementara kebutuhan konsumsi pertahunnya masih di kisaran 20.000 ton beras. Hal tersebut disampaikan Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam sambutannya pada Peringatan Hari Pangan Sedunia ke XXXI Tahun 2011 Tingkat Kabupaten Toba Samosir, Rabu (16/11) di kompleks Kantor Ketahanan Pangan Toba Samosir di Balige.  Walau sudah mencapai tingginya ketersediaan pangan, Bupati tetap mengingatkan adanya upaya dan perhatian akan peningkatan kwalitas konsumsi masyarakat khususnya di pedesaan sehingga lebih beragam, bergizin, berimbang dan aman.

Masih seputar upaya mewujudkan terciptanya ketahanan pangan di Toba Samosir, Bupati menyampaikan bahwa Toba Samosir telah menempuh beberapa program dan kegiatan, yang  meliputi pada aspek ketersediaan pangan, aspek distribusi pangan dan aspek konsumsi pangan dengan tujuan yang bermuara pada pencapaian kemandirian pangan masyarakat. Untuk menghindari terjadinya penurunan ketahanan pangan pada masyarakat akibat adanya fenomena dan perubahan iklim yang berdampak pada menurunya produksi pangan, Bupati meminta agar pihak terkait dapat melakukan langkah-langkah proaktif dalam mengantisipasi sehingga masalah tersebut dapat diatasi. Secara khusus, Bupati juga meminta adanya perhatian menyeluruh dalam penerapan pola tanam yang tertib tanam. “Pola seperti ini akan sangat efektif dalam meningkatkan produktivitas pertanian”, jelas Bupati. Karena itu, Bupati mengajak seluruh lintas sektoral terkait, untuk terus melakukan koordinasi dalam merumuskan kebijakan dan strategi dalam membangun ketahanan pangan.

Terkait dengan pelaksanaan kegiatan ini, Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Toba Samosir Marsarasi Simanjuntak menjelaskan, bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat akan pentingnya penanganan pangan, untuk pencapaian tersebut, menurut Marsarasi, harus dilakukan upaya memperkuat kerjasama dan membangun koordinasi yang efektif antara pemerintah dan masyarakat. Juga disampaikan bahwa peringatan Hari Pangan Sedunia ini, dirangkai dengan kegiatan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman (3B-A) dengan peserta yang terdiri dari masing-masin 1 (satu) tim dari 16 kecamatan di Toba Samosir.

Untuk lomba 3B-A ini, juara pertama berhasil diraih Kecamatan Bonatua Lunasi, sedangkan juara II dan III, masing-masing diduduki Kecamatan Lumban Julu dan Kecamatan Balige. Kegiatan lainnya yang dilaksanakan yaitu penyerahan bantuan secara simbolis oleh Bupati Toba Samosir kepada beberapa kelompok, yang meliputi bantuan Penguatan Modal Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (P-LDPM), bantuan Program Aksi Desa Mandiri Pangan, bantuan Sosial untuk 20 (dua puluh) kelompok wanita dengan kegiatan Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan serta bantuan 20 (dua puluh) unit Alat Mesin Penepungan. Masing-masing bantuan yang diserahkan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2011.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s