TOBA SAMOSIR GELAR APEL BESAR UNTUK TINGKATKAN KESADARAN TERTIB BERLALU LINTAS

Sebagai upaya berkelanjutan dalam mensosialisasikan budaya tertib lalu lintas, Polres Toba Samosir menggelar Apel Besar Masyarakat Pecinta Tertib Lalu Lintas. Apel yang dilaksanakan pada hari Minggu (20/11) di Halaman Kantor Bupati Toba Samosir, diikuti para peserta yang berasal dari unsur TNI, Polri, PNS/Non PNS di lingkungan Pemkab Toba Samosir dan beberapa klub motor di Toba Samosir serta masyarakat setempat. Kegiatan apel besar ini ditujukan untuk menumbuhkan kesadaran dari pengguna sepeda motor akan kewajibannya dalam menggunakan helm berstandard SNI dan penyalaan lampu (Light On) disiang hari, sebagaimana telah diatur dalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan. Hal tersebut dituangkan dengan thema yang diangkat, yakni “Dalam giat Safety Riding, kita sukseskan bersama Wajib Penggunaan Helm SNI dan Penyalaan Lampu Siang Hari (Light On) dalam sasaran POLANTAS membangun kepercayaan masyarakat”.

Kapolres Toba Samosir Budi Suherman, SH, M.Si yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam amanatnya mengatakan perkembangan pesat pada perekonomian masyarakat ternyata membawa dampak negatif  pada keamanan lalu lintas dengan adanya pertambahan jumlah kendaraan sementara fasilitas jalan tidak memadai sehingga menimbulkan kepadatan arus lalu lintas. Lebih lanjut ditambahkan Kapolres bahwa kepadatan arus lalu lintas ini mengakibatkan hilangnya etika dan ketidakpatuhan terhadap aturan berlalu lintas, yang bisa berdampak pada timbulnya korban jiwa maupun materil akibat terjadinya kecelakaan lalu lintas. Yang menyedihkan sesuai dengan analisa dan data kecelakaan lalu lintas ternyata korban meninggal dunia yang paling dominan masih berusia produktif dan pada umumnya adalah pengguna sepeda motor yang tidak menggunakan helm pengaman.

Ditambahkan Kapolres, kecelakaan yang terjadi tidak terlepas dari kedisplinan pengguna jalan yang tidak tertib berlalu lintas. “Pada umumnya kecelakaan selalu diawali dari suatu pelanggaran”, tegas Kapolres. Oleh karenanya pada kesempatan ini, secara khusus Kapolres menghimbau kepada seluruh komponen pemerintah dan elemen masyarakat termasuk para guru dan murid sekolah agar berperan aktif dalam mendukung dan mensukseskan program budaya tertib lalu lintas.

Kegiatan kali ini juga diisi dengan pawai keliling oleh seluruh peserta apel,  yang diawali dengan pelepasan balon ke udara oleh Bupati Toba Samosir yang diwakili Sekdakab Toba Samosir Liberty Manurung dan Kapolres Toba Samosir. Kemudian dilanjutkan dengan melepas start peserta pawai keliling yang mengambil rute dari halaman Kantor Bupati Toba Samosir kemudian bergerak menuju seputaran kota Balige dan akhirnya kembali finish di halaman Kantor Bupati Toba Samosir. Dengan pawai ini diharapkan dapat memberi contoh disiplin berlalu lintas kepada masyarakat, terutama bagi pemakai sepeda motor.

Turut hadir pada Apel Besar ini antara lain Anggota DPRD Toba Samosir Robinson Sibarani, Asisten Administrasi Umum Setdakab Toba Samosir Lodewyk Panjaitan, Kadishub Espon Simanjuntak, Kadis Catpilduk Rosita Siagian dan para undangan lainnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s