WABUP HADIRI SOSIALISASI KEWASPADAAN DINI FKDM TOBASA

Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Toba Samosir, Rabu (23/11), melaksanakan Sosialisasi Kewaspadan Dini Masyarakat bagi Aparat Kecamatan, Instansi Vertikal dan masyarakat Kabupaten Toba Samosir. Acara yang dilaksanakan di Balai Data Kantor Bupati Toba Samosir ini, dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu. Sosialisasi ini diikuti oleh para Camat Se- Kabupaten Toba Samosir, para Kapolsek dilingkungan POLRES Toba Samosir, para Danramil dilingkungan Kodim 0210/TU, Tokoh Masyarakat dan pengurus FKDM Toba Samosir. Acara ini sendiri dimaksudkan untuk menjalin kerjasama yang lebih erat antara FKDM dengan Pemkab Toba Samosir, TNI dan Polri dalam menghadapi indikasi dan potensi timbulnya bencana yang diakibatkan oleh perang, alam, ulah manusia dan penyebab lainnya yang dapat mengakibatkan korban dan penderitaan manusia, kerugian harta benda, kerusakan lingkungan, kerusakan sarana­prasarana, dan fasilitas umum, serta menimbulkan gangguan terhadap tata kehidupan dan penghidupan masyarakat. FKDM yang dibentuk berdasarkan Permendagri No. 12 Tahun 2006, sebagai elemen masyarakat yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat.

Acara ini sendiri dibagi dalam dua sesi. Dimana sesi pertama yang bertindak sebagai narasumber adalah Wakil Bupati Toba Samosir dan Kasdim 0210/TU Mayor Inf Risa Wilsi SH. Sementara sesi kedua diisi oleh Kapolres Toba Samosir Budi Suherman, SH, M.Si. Pada setiap sesi diisi juga dengan tanya jawab. Wabup Liberty Pasaribu dalam pemaparannya mengingatkan bahwa sesuai dengan Permendagri No. 12 Tahun 2006, penyelenggaraan kewaspadaan dini masyarakat di kabupaten/kota adalah menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh masyarakat. Adapun peran Pemerintah adalah dalam hal fasilitasi dan pembinaan. Oleh sebab itu FKDM diminta agar proaktif dalam menjaring, menampung dan mengkomunikasikan data dan informasi dari masyarakat.

Sementara itu, menurut Ketua FKDM Jhonny Sihombing melalui Humas FKDM Julius Parto Siahaan, keberadaan FKDM dimaksudkan untuk membantu terwujudnya situasi yang aman dan kondusif di wilayah Toba Samosir. Maka untuk mewujudkan hal tersebut, Julius Parto menambahkan, FKDM akan melakukan berbagai upaya, seperti sosialiasasi kewaspadaan dini kepada masyarakat dalam mewujudkan situasi yang kondusif di Toba Samosir. “FKDM juga akan senantiasa bekerjasama dan berkoordinasi dengan pihak yang berwajib”, tutup Julius Parto.

(Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s