PERINGATAN HKN KE – 47 TINGKAT TOBASA SUKSES

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke – 47 Tahun 2011 untuk tingkat Kabupaten Toba Samosir, diperingati dalam suatu Upacara yang dilaksanakan pada hari Kamis (24/11) di lapangan Sisingamangaraja XII di Balige. HKN untuk tahun ini mengambil tema “Indonesia Cinta Sehat”. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu. Upacara yang cukup sederhana ini diikuti peserta dari unsur PNS/Non PNS dilingkungan Pemkab Toba Samosir, Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Staf Puskesmas se Kab. Toba Samosir, Mahasiswa Akper HKBP, Akper Arjuna dan juga dihadiri Uspida Kab. Toba Samosir, diantaranya Anggota DPRD Toba Samosir Toni Sakkan Siahaan.

Menteri Kesehatan dr. Endang Rahayu, dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan oleh Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu, mengatakan bahwa HKN adalah merupakan tonggak peringatan akan pentingnya kesehatan dalam berbangsa dan bernegara. Kesehatan merupakan suatu pilar pembangunan sumber daya manusia untuk mewujudkan manusia Indonesia yang tangguh, kuat, pandai, beradab mampu bersaing dengan bangsa lain, dan unggul dalam bidang ekonomi, teknologi dan sosial budaya. Dilanjutkannya bahwa pemilihan tema HKN ke – 47 ini, dimaksudkan untuk mengajak seluruh komponen bangsa melakukan gerakan dan tindakan nyata dalam mencapai hidup bersih dan sehat. Indonesia cinta sehat adalah juga cermin pelaksanaan amanat UUD 1945 yang mengatakan setiap orang berhak mendapatkan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan yang dijabarkan dalam UU No. 36 tahun 2009 tentang Kesehatan.

Dalam sambutan tersebut juga dipaparkan beberapa capaian sesuai sasaran Millenium Development Goals (MDGs) seperti penurunan kematian ibu, peningkatan status gizi, angka harapan hidup waktu lahir semakin meningkat dan penurunan jumlah penderita Tuberkulosi (TB). Sementara untuk meningkatkan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan yang bermutu telah dilancarkan Jamkesmas, Jampersal dan BOK. Di akhir sambutannya Menteri Kesehatan mengingatkan akan pentingnya dukungan dan partisipasi aktif masyarakat untuk mewujudkan masyarakat indonesia yang bersih dan sehat.

Kadinkes dr. Haposan Siahaan, M.Kes sebelum dimulainya upacara menjelaskan bahwa dalam rangka peringatan HKN Tahun 2011 di Kabupaten Toba Samosir, sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan jalan santai dan senam massal yang diikuti oleh masyarakat umum. Sementara pada perayaan puncak hari HKN ini, akan diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya lomba tarik tambang, lomba balap karung antar puskesmas se – kabupaten Toba Samosir dan juga dimeriahkan dengan atraksi marching band siswa TP. Arjuna.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s