GENERASI MUDA YANG “GO GREEN” DAN “GO CLEAN”

Upaya pelestarian alam telah dicanangkan dalam beragam kegiatan, sebagai wujud nyata menyelamatkan kondisi lingkungan yang kritis. Salah satunya, pencanangan “Toba Go Green” sebagai rangkaian Hari Menanam Pohon Indonesia, yang dilangsungkan pada hari Senin (28/11) yang lalu di Desa Lintong Nihuta Kabupaten Toba Samosir. Kegiatan yang diselenggarakan oleh KODAM I Bukit Barisan ini diikuti seluruh utusan dari Kabupaten se-kawasan Danau Toba. Layaknya event besar pada ruang terbuka serta menghadirkan banyak pejabat teras di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, kondisi kebersihan lingkungan sekitar tidak terlepas dari perhatian penyelenggara sehingga kegiatan yang sasarannya menghijaukan Kawasan Danau Toba, sejalan dengan menjaga kebersihan lingkungan Kawasan Danau Toba.

Sesuai pengamatan kami di lapangan, usai penanaman pohon terlihat rombongan berseragam warna merah hati yang ternyata adalah mahasiswa/i yang menimba ilmu pada Politeknik Informatika dEL Laguboti yang juga berpartisipasi dalam “Toba Go Green” ini, setelah melakukan penanaman pohon, juga langsung memungut sampah sisa botol minuman mineral yang ditinggalkan oleh warga yang turut hadir di lokasi acara. Dengan penuh semangat, para mahasiswa pilihan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia ini, melakukan pembersihan di sekitar lokasi acara Toba Go Green berlangsung.

Ketika ditanya apa yang menjadi motivasi mereka melakukan hal ini, para anak muda ini menjawab dengan santai bahwa ini adalah merupakan salah satu tanggung jawab moral generasi muda untuk menyelamatkan lingkungan dari kehancuran. Juga dikatakan mereka, dengan melakukan hal-hal kecil seperti pembersihan sampah ini mahasiswa PI-del berharap dapat memberikan contoh positif bagi masyarakat. Dan pelestarian alam terutama di Kawasan Danau Toba yang menjadi kebanggaan kita bersama mendapat dukungan dari seluruh masyarakat terutama yang bermukim di kawasan Danau Toba.

Ketika diminta tanggapannya atas sikap peduli lingkungan para mahasiswa ini, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir Arwanto H. Ginting menyambut baik dan memberi apresiasi atas kepedulian tersebut. Menurut Arwanto, karakter peduli lingkungan ini juga harus ditanamkan sejak dini sehingga upaya mewujudkan alam yang asri, sejuk dan sehat akan tercapai dengan bersahabat dengan alam. “Kita lestarikan Ekosistem Kawasan Danau Toba dengan “Toba Go Green” dan dijaga untuk tetap bersih”, pungkasnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s