PELATIHAN SETRAWAN PNPM-MP DITUTUP WABUP LIBERTY PASARIBU

Setrawan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaaan (PNPM-MP) merupakan pegawai  negeri  sipil  yang  dibekali kemampuan  khusus untuk menggerakkan perubahan  sikap  mental  di  lingkungan  pemerintah  dan perubahan  tata kepemerintahan yang berpihak pada  kepentingan  masyarakat, serta  mendampingi masyarakat khususnya dalam   manajemen   pembangunan partisipatif. Karena itu, Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu menekankan agar para setrawan tersebut mampu menjadi motivator khususnya dalam perencanaan pembangunan berbasis masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Toba Samosir. “Bekerjalah dengan sungguh-sungguh, hingga mampu menarik perhatian pimpinan dengan Prestasi yang saudara tunjukkan”, himbau Wabup Liberty Pasaribu.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu dalam arahannya ketika menutup secara resmi Pelatihan Setrawan PNPM-MP Tingkat Kabupaten Toba Samosir Tahun 2011 pada hari Kamis (15/12) di Hotel Mareda, Balige. Liberty Pasaribu berharap juga, pelatihan tersebut telah mampu memunculkan para pegawai negeri sipil yang mempunyai kapasitas dan kualitas sebagai setrawan yang benar-benar memahami PNPM-MP guna mendukung suksesnya PNPM-MP di wilayah Kabupaten Toba Samosir.

Sementara itu, menanggapi pelatihan ini, Kabag Humas dan Protokol Arwanto H. Ginting mengatakan, pelatihan ini dimaksudkan untuk membentuk setrawan sebagai pelaku PNPM-MP di Kabupaten Toba Samosir sebagai jembatan antara kepentingan masyarakat dengan program pemerintah sehingga diperoleh program-program yang benar-benar sesuai dengan skala kebutuhan masyarakat. Ditambahkan Arwanto, Setrawan juga dituntut untuk mampu mendorong  adanya  regulasi  daerah  yang  berpihak  pada  masyarakat  miskin dalam bentuk pengalokasian anggaran dalam penyusunan program pembangunan, sehingga prioritas kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi.

Pelatihan yang sudah berlangsung sejak 12 Desember ini, disamping dihadiri Sekdakab Toba Samosir Liberty Manurung sebagai narasumber, juga menghadirkan narasumber yang terdiri dari PjOK PNPM-MP Provinsi Sumut Otto D. Sagala, Fasilitator PNPM Provinsi Sumut Renta Pangaribuan dan Sukardi Pardede selaku PjOK PNPM-MP Kabupaten Toba Samosir.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s