PERAYAAN NATAL PNPM-MP LAGUBOTI SARAT MAKNA DAN BERJALAN SUKSES

Sederhana namun penuh kasih dan sukacita, sepertinya demikian ungkapan yang tepat akan suasana Perayaan Natal Keluarga Besar Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) Kecamatan Laguboti yang berlangsung di Gereja Bethel Indonesia, Gasaribu, para hari Kamis (15/12), di Laguboti. Terlihat jelas raut sukacita, rasa kekeluargaan dan kekompakan para pelaku PNPM-MP Laguboti yang hadir dengan keluarga masing-masing untuk merayakan kelahiran Yesus Kristus “Sang Juru Selamat” manusia. “Sebagaimana jargon Si Kompak PNPM, Perayaan Natal ini juga untuk meningkatkan tali persaudaraan”, ujar Mangatas Hutahaean, Ketua UPK PNPM Kecamatan Laguboti.

Mangatas juga menambahkan, untuk perayaan Natal ini mengambil tema “Sebab itu marilah kita mengejar apa yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun (Roma 14 : 19)”. Menurut Mangatas, tema ini sangat sesuai dengan aktivitas para pelaku PNPM yang menitikberatkan pada upaya yang saling membangun dengan partisipasi masyarakat selaku perencana, pelaksana dan yang melestarikan hasil pembangunan. Senada dengan Mangatas, Sekretaris UPK Masnita Sibarani menambahkan bahwa damai sejahtera sebagaimana pesan Natal ini akan terwujud dengan adanya rasa kepedulian satu sama lain melalui PNPM hingga kemandirian dan kesejahteraan masyarakat sebagai tujuan akan tercapai. Sementara  Bendahara UPK Demak Sibarani menjelaskan bahwa dana yang diperoleh hingga terselenggaranya perayaan Natal ini merupakan swadaya dari para pelaku PNPM-MP Laguboti. Secara khusus, selaku Ketua UPK, Mangatas juga memberikan penghargaan atas kerja keras para KPMD dan pihak lain hingga terselenggaranya perayaan Natal yang merupakan perayaan Natal pertama kali bagi kalangan pelaku PNPM-MP di Laguboti bahkan di Toba Samosir.

Perayaan Natal ini juga diisi dengan Kebaktian yang berlangsung dengan hikmat, namun sedikit unik dan berbeda dengan kebaktian biasa. Kebaktian pada Perayaan Natal umumnya diisi juga dengan liturgi yang diambil dari nats Alkitab, untuk mengingatkan umat kristiani akan makna Natal yang sebenarnya. Pada kebaktian PNPM-MP Laguboti ini diisi dengan adanya liturgy yang memuat lakon akan sifat-sifat manusia. Tak ketinggalan, juga pembacaan puisi dan beberapa penampilan vocal solo dan vocal group yang semakin menambah indahnya Perayaan Natal ini dengan penuh makna.

Perayaan Natal yang digagas para pelaku-pelaku PNPM-MP khususnya para KPMD (Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa) di tingkat Kecamatan Laguboti ini dihadiri hampir 500 orang yang mayoritas merupakan keluarga besar PNPM-MP Laguboti. Sebanyak 78 (tujuh puluh delapan) kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) yang merupakan binaan UPK Kecamatan Laguboti dan para Tim Pengelola Kegiatan (TPK) dengan antusias juga hadir pada perayaan Natal ini. Perayaan Natal yang direncanakan dalam waktu singkat namun dapat berjalan sukses ini juga dihadiri Fasilitator Kabupaten Berman Tampubolon, para Fasilitator dari kecamatan lainnya di Toba Samosir, Ketua BKAD Laguboti Loditua Sibarani dan undangan lainnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s