BUPATI AKAN LAKUKAN MONEV PELAKSANAAN PNPM-MP TA 2011

Menyadari manfaat yang sangat signifikan akan keberadaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) dalam upaya pengentasan kemiskinan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat Toba Samosir, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak beserta Wakil Bupati Liberty Pasaribu menunjukkan perhatian dan komitmen yang tinggi akan keberhasilan program ini. Hal tersebut dijelaskan Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Samosir Liberty Manurung dalam keterangannya di ruang kerjanya, Selasa (24/01). Sekdakab yang didampingi Kaban PM dan PD Kabupaten Toba Samosir James Silaban dan Kabag Humas dan Protokol Arwanto H Ginting dalam keterangannya menambahkan, untuk memenuhi aspek pembangunan yang pro-rakyat, pro-poor dan berkeadilan, Bupati dan Wakil Bupati juga tidak henti-henti melakukan terobosan melalui program-program yang berpotensi dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan kontinuitas pelaksanaan PNPM-MP.

Lebih lanjut kata Liberty, dari hasil pemantauan di lapangan terkait  PNPM-MP, masyarakat Toba Samosir sangat antusias akan keberadaan dan keberlangsungan program yang menekankan konsep pembangunan partisipatif  yang memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan sebagaimana skala prioritas kebutuhan masyarakat. Karena itu, Bupati dan Wakil Bupati direncanakan akan melakukan kunjungan kerja dengan turun langsung ke lokasi program ini untuk melakukan monitoring dan mengevaluasi pelaksanaannya dan akan manfaat yang diperoleh masyarakat.

Seputar rencana kegiatan dan jadwal kunjungan kerja ini, Sekdakab Toba Samosir melalui Kabag Humas dan Protokol menambahkan, selama melakukan kunjungan kerja yang direncanakan diawali dari Kecamatan Habinsaran pada hari Senin, 30 Januari 2012 mendatang, Bupati dan Wakil Bupati akan melakukan dialog dengan para pelaku PNPM-MP seperti UPK, TPK, Penlok dan lainnya. Selanjutnya, kunjungan kerja ini dijadwalkan secara berurutan akan dilanjutkan di Kecamatan Lumban Julu pada 31 Januari 2012, Kecamatan Parmaksian pada 1 Pebruari 2012 dan Kecamatan Pintu Pohan Meranti pada 2 Pebuari 2012.

Senada dengan Sekretaris Daerah, Kaban PM dan PD Kabupaten Toba Samosir James Silaban menambahkan, salah satu wujud komitmen Bupati dan Wakil Bupati dalam kelangsungan program ini, melalui Badan PM dan PD  telah diperintahkan untuk mengalokasikan insentif bagi pelaku-pelaku PNPM-MP. “Untuk TA 2012 telah dialokasikan insentif bagi para pelaku-pelaku PNPM-MP, seperti Kades, BKAD, Camat dan Penlok”, papar James.  Masih menurut James, untuk TA 2012, juga telah disiapkan Dana Daerah Urusan Bersama (DDUB) pada APBD untuk mendukung dana BLM (Bantuan Langsung Masyarakat) sebesar Rp. 18.335.000.000,-. “Alokasi BLM untuk  Toba Samosir TA 2012, mengalami peningkatan sebesar hampir Rp. 2 Milyar dari tahun sebelumnya”, tambah James.

Juga dijelaskannya, pelaksanaan PNPM-MP di Kabupaten Toba Samosir dari tahun ke tahun mengalami peningkatan baik dari unsur partipasif masyarakat dan juga pada percepatan pelaksanaan kegiatan. Pada TA 2011, dari 80 desa yang berpartisipasi, sudah 66 desa yang sudah menyelesaikan kegiatannya hingga ke tahapan Musyawarah Desa Serah Terima (MDST). Maka untuk keberlanjutan suksesnya pelaksanaan PNPM-MP TA 2012 di Toba Samosir , selaku Kaban PM dan PD, James mengharapkan semakin meningkatknya motivasi para pelaku PNPM-MP. “Disamping itu, kami juga mohon dukungan Satuan Kerja Provinsi dan RMC/ Region Management Consultant untuk mengisi kekosongan tenaga fasilitator di Toba Samosir”, harapnya.

Sementara menyinggung tingkat kepuasan masyarakat atas program-program yang sudah dijalankan selama ini, menurut Liberty, harus diakui tingkat kepuasan masyarakat atas pelaksanaan pembangunan relatif berbeda-beda, karena itu katanya, meskipun kadang ada isu-isu ketidak puasan atau sentimen dari sebagian kecil kelompok masyarakat yang belum terakomodir, Bupati dan Wakil Bupati tidak goyah dalam mewujudkan amanah yang diembannya. “semaksimal mungkin, tentunya kita berusaha memenuhi peningkatan tingkat kepuasan masyarakat atas pemerintah, dan kita akan merangkul seluruh elemen masyarakat untuk bersama mewujudkan Toba Samosir yang dilandasi Kasih, Peduli dan Bermartabat”, pungkas Liberty.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s