PEDULI TOBA SAMOSIR, YAYASAN PERGURUAN TD PARDEDE JAJAKI JALIN KERJASAMA

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak yang diwakili Asisten Pemerintahan Rudolf Manurung memberikan apresiasi atas kepedulian yang diberikan Ny. Sariaty PR Siregar br Pardede melalui Yayasan Perguruan TD Pardede yang bersedia untuk bersama-sama dengan pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat Toba Samosir pada berbagai sektor. Mengingat dukungan dan kepedulian seperti ini sangat dibutuhkan Pemkab Toba Samosir, Bupati melalui Asisten Pemerintahan meminta jajarannya untuk memberikan dukungan guna terciptanya kerjasama ini, serta melakukan penjajakan atas kerjasama yang memungkinkan dijalin pada berbagai sektor prioritas seperti peningkatan kualitas SDM, peningkatan sektor pertanian, kesehatan dan lainnya. Menurutnya, salah satu kerjasama yang sangat tepat berupa peningkatan kemampuan petani di Toba Samosir dalam pembuatan dan pengolahan pupuk organik dengan Fakultas Pertanian Universitas Darma Agung, dengan demikian penggunaan pupuk kimia dapat diminimalisir dan dengan dengan sendirinya telah berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup, khususnya kawasan Danau Toba. “Kami sangat berterima kasih atas kesediaan dan kesanggupan Yayasan Perguruan TD Pardede untuk bersama-sama membangun Toba Samosir”, ujar Rudolf.

Yayasan Pergururan TD Pardede yang menaungi 3 (tiga) lembaga pendidikan yakni Universitas Darma Agung (UDA), Institut Sains Dan Teknologi TD Pardede (ISTP) dan Akademi Pariwisata dan Perhotelan Darma Agung (APP-DA) menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir. Dalam pertemuan yang dilaksanakan di “Rumah Parsaktian” TD Pardede di Tambunan, Balige (25/01), Ketua Umum Yayasan Perguruan TD Pardede Ny. Sariaty PR Siregar br Pardede mengatakan didorong rasa cinta dan peduli akan Toba Samosir sebagai kampong halaman, akan senantiasa bersedia memberikan sumbangan tenaga dan pikiran dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat Toba Samosir. “Saya Janji, saya selalu bersemangat untuk Tobasa, supaya lebih maju”, ujar Ny. Sariaty, yang lahir di Sangkar Nihuta, Balige ini. Pada kesempatan tersebut, Ny. Sariaty PR Siregar br Pardede disamping menyatakan kesanggupan dan kesiapan Yayasan Pergururan TD Pardede dalam menjalin kerjasama dengan Pemkab Toba Samosir, Ny. Sariaty juga menyatakan kesediaannya untuk melaksanakan pengobatan gratis bagi warga Toba Samosir.

Dalam pertemuan yang berlangsung akrab ini, untuk mengawali kerjasama yang berkesinambungan dan bermanfaat bagi masyarakat Toba Samosir, juga diisi pemaparan singkat yang masing-masing oleh Prof DR Binsar Panjaitan, MPd yang menjabat Rektor Universitas Darma Agung, Direktris APP-DA Dameria Girsang, S.Sos, MM, MSi, dan Rektor ISTP Syamsulsyah Lubis, MM. Dalam paparannya, Prof DR Binsar Panjaitan, MPd yang juga kelahiran Toba Samosir, menyatakan kesediaan UDA untuk bersama-sama melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Toba Samosir, khususnya aparatur pemerintah. Prof Binsar juga menyatakan, untuk mendukung peningkatan kualitas tersebut, UDA yang berorientasi pada mutu, mandiri dan berkarakter didukung dengan tenaga dosen dengan kualifiasi pendidikan minimal pasca sarjana. Masih  katanya, UDA yang memiliki 8 (delapan) fakultas dan pasca sarjana ini, juga menyediakan berbagai jenis beasiswa bagi mahasiswa yang menuntut ilmu di UDA. Bentuk-bentuk beasiswa tersebut antara lain beasiswa berprestasi akademik, beasiswa berprestasi di bidang olah raga, seni dan budaya, beasiswa sosial bagi keluarga tidak mampu dan lainnya. Prof Binsar juga memaparkan rencana untuk menggelar turnamen sepakbola UDA Cup tingkat SMA/SMK setiap tahunnya dan “Try Out” bagi siswa/I SMA/SMK di Toba Samosir. Senada dengan Prof Binsar, Rektor ISTP dan Direktris APP-DA juga menyatakan kesanggupan lembaga pendidikan yang dipimpinnya untuk menjadi sarana bagi masyarakat Toba Samosir dalam menimba ilmu sehingga tercipta SDM Toba Samosir yang berkualitas dan berdaya saing.

Acara yang diawali dengan kebaktian singkat ini, juga dirangkai dengan sesi diskusi untuk membahas sektor-sektor prioritas pembangunan di Toba Samosir yang memungkinkan untuk diwujudkan dalam bentuk kerjasama.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s