PEDULI WARGA MISKIN, JAMKESDA KALIBER SEGERA DILUNCURKAN

Salah satu indikator pencapaian pembangunan masyarakat yang sejahtera adalah peningkatan indeks kesehatan masyarakatnya. Maka sebagaimana tertuang dalam visi yang peduli dan sebagaimana instruksi Presiden RI yang menekankan fokus program pembangunan yang berkeadilan dan pro rakyat, serta dengan  dilandasi keinginan terciptanya masyarakat Toba Samosir dengan tingkat kesehatan yang meningkat khususnya bagi masyarakat miskin, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir akan segera meluncurkan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat Umum (PJKMU) Jamkesda KALIBER Tahun 2012 di Pelataran Kantor Bupati Toba Samosir pada hari Senin (30/01) mendatang. Demikian disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir Arwanto H. Ginting dalam siaran persnya di ruang kerjanya, Kamis (26/01) di Balige.

Sebagaimana informasi yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Toba Samosir, Arwanto menjelaskan, Jamkesda Kaliber TA 2012 akan menampung peserta sebanyak 2.000 (dua ribu) orang masyarakat miskin di Toba Samosir dengan besar premi Rp. 15.000/orang/bulan. “Kita harapkan nanti di tahun mendatang, didukung dengan kemampuan keuangan daerah, peserta Jamkesda ini akan ditingkatkan”, ujar Arwanto.

Masih kata Arwanto, Jamkesda Kaliber ini memberikan pertanggungan untuk Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama dan Lanjutan. Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama meliputi Rawat Jalan Tingkat Pertama  (RJTP) pada puskesmas dan jaringannya, Rawat Inap Tingkat Pertama (RITP), Pelayanan Gawat Darurat (emergency), Persalinan Normal yang dilakukan di puskesmas dan atau bidan. Sedangkan, Pelayanan Kesehatan Tingkat Lanjutan yang ditanggung meliputi Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL) pada poliklinik spesialis rumah sakit, Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL) pada ruang kelas perawatan di kelas III, dan juga Pelayanan Gawat Darurat (emergency). Tidak lupa, Arwanto juga menginformasikan agar para peserta Jamkesda tersebut juga memperhatikan hal-hal  pelayanan kesehatan yang tidak ditanggung. “Karena itu, ketika peserta Jamkesda Kaliber hendak belum memperoleh perawatan, agar identitas sebagai peserta Jamkesda langsung diberitahu kepada petugas”, jelas Arwanto.

PENGOBATAN GRATIS

Dalam keterangannya lebih lanjut, Arwanto menambahkan, bahwa disamping program Jamkesda Kaliber, Dinas Kesehatan Kabupaten Toba Samosir juga sudah meluncurkan Program Pengobatan Gratis bagi masyarakat Toba Samosir yang meliputi kegiatan Konsulatasi medis dan penyuluhan kesehatan, pemeriksaan fisik, Laboratorium sederhana (darah, urine, feses rutin), tindakan medis kecil/ sederhana, pemeriksaan dan pengobatan gigi termasuk cabut/ tambal, pemeriksaan ibu hamil/ nifas/ menyusui, bayi dan balita, pelayanan KB dan penyembuhan efek samping serta pemberian obat standar sesuai indikasi medis.

“Untuk memperoleh pengobatan gratis tersebut, masyarakat Toba Samosir cukup hanya memperlihat Kartu Tanda Penduduk/ Surat Keterangan Domisili, Kartu Keluarga sesuai administrasi kependudukan yang menunjukkan secara sah sebagai warga Toba Samosir”, pungkas Arwanto.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s