Berita Terbaru

BERPERAN AKTIF SELAKU PEMBINA TK PNPM-MP, BUPATI PANTAU PELAKSANAAN KEGIATAN FISIK

Pemantauan pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) merupakan suatu aspek penting hingga program tersebut dapat berjalan baik sesuai prinsip dan proses sebagaimana mestinya dan bermanfaat bagi masyarakat. Untuk menjamin tercapainya kemandirian dan kesejahteraan bagi masyarakat di Toba Samosir, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak disamping sebagai kapasitasnya sebagai pelaku PNPM-MP sebagai Pembina Tim Koordinasi (TK) PNPM Mandiri Kabupaten memberikan perhatian yang serius pada seluruh alur kegiatan atau tahapan penyelenggaraan PNPM-MP di Kabupaten Toba Samosir.

Salah satu wujud nyata pemantauan program ini, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak melakukan pemantauan pelaksanaan kegiatan fisik dan SPP PNPM-MP di Kecamatan Lumban Julu, Selasa (31/01). Pada kunjungannya kali ini, didampingi Asisten Pemerintah Rudolf Manurung, Kaban PM dan PD James Silaban dan Camat Lumban Juku Agus Sitorus, Bupati melakukan pemantauan langsung kegiatan fisik Pipanisasi Air Minum Aek Natolu di Desa Aek Natolu Jaya, Kecamatan Lumban Julu. Pipanisasi air minum sepanjang + 7.800 meter dengan alokasi dana berkisar Rp. 337 juta ini, mengalirkan air minum dari sumber air Aek Rodang ke beberapa bak penampung. Dalam dialognya dengan para pelaku PNPM-MP di Kecamatan Lumban Julu seperti PjOK, FT, UPK, TPK, Tim Pemantau dan Camat, Bupati menginstruksikan agar pelaku PNPM-MP dalam melaksanakan kegiatan ini supaya berpedoman pada Petunjuk Teknis Operasional (PTO) yang telah ditentukan.  Untuk menjaga manfaat pipanisasi ini secara berkesinambungan, Bupati meminta agar Tim Pemelihara dapat melakukan fungsinya secara maksimal hingga bangunan tersebut dapat terpelihara dan bermanfaat untuk jangka panjang. Bupati juga mengajak masyarakat secara bergotong royong melakukan pemeliharaan dan pelestarian kegiatan tersebut. “Rawat dan peliharalah dengan baik, Tim Pemelihara dan seluruh masyarakat desa harus secara bersama-sama berpartisipasi”, pinta Bupati.

Masih menurut Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak melalui Kabag Humas dan Protokol Arwanto H Ginting, pemantauan, pengawasan ataupun evaluasi yang dilakukan ini, akan menjamin terselenggaranya program sesuai dengan sasaran yang hendak dicapai. “Hasil yang diperoleh akan menjadi masukan kepada Bupati selaku Pembina Tim Koordinas PNPM-MP dan pelaku-pelaku PNPM di tingkat Kabupaten”, ujar Ginting.

Sementara Kepala Desa Aek Natolu Jaya Polmer Sitorus mengatakan, manfaat PNPM-MP bagi masyarakatnya sangat signifikan khususnya dengan keberadaan pipanisasi air minum ini. Polmer menambahkan, kesulitaan akan air minum bagi masyarakatnya yang berjumlah 1.158 jiwa dengan mayoritas mata pencaharian petani palawija dan kopi telah terjawab dengan pipanisasi tersebut. “Sekarang, masyarakat telah dapat dengan mudah memperoleh air, sebelumnya harus menempuh jarak yang sangat jauh”, kata Polmer. Senada dengan kepala desa, Fasilitator Teknik Kecamatan Lumban Julu Marsion Sihotang juga memberikan apresiasi atas partisipasi aktif masyarakat Desa Aek Natolu Jaya dan pelaku-pelaku PNPM di desa tersebut. Menurut Sihotang, melihat tingginya peran aktif warga desa tersebut dan kepala desa yang menjalankan fungsinya dengan baik sebagai pembina dan pengendali, dari alokasi dana yang diperoleh dimungkinkan akan dilakukan penambahan fisik berupa hydran.

Lebih lanjut lagi, Kabag Humas dan Protokol Arwanto Ginting juga menambahkan bahwa kegiatan pemantauan oleh Bupati atas pelaksanaan kegiatan PNPM-MP ini akan dilakukan secara rutin dan berkesinambungan. “Sesuai jadwal yang direncanakan, Bupati akan memantau PNPM-MP di Kecamatan Parmaksian pada 1 Pebruari 2012 dan Kecamatan Pintu Pohan Meranti pada 2 Pebuari 2012”, pungkas Arwanto.

BUPATI JUGA TINJAU PIPANISASI DI LUMBAN BALIK

Sehari sebelumnya, Senin (30/01) Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak juga melakukan pemantauan kegiatan fisik PNPM-MP Pipanisasi Air Minum di Desa Lumban Balik, Kecamatan Habinsaran. Terlihat, warga Desa Lumban Balik yang sangat antusias menyambut kedatangan Bupati dan rombongan untuk meninjau pembangunan di desanya. Meski harus ditempuh dengan medan yang sangat jauh dan sulit dijangkau,   Bupati dengan tekun memantau kegiatan fisik pipanisasi sepanjang 2.500 meter ini. Sembari memperhatikan kondisi fisik pembangunan tersebut dengan penjelasan yang disampaikan FT Kecamatan Habinsaran, Bupati juga melakukan dialog dengan pelaku PNPM di desa dan Kecamatan Habinsaran didampingi Camat Sawarman Nadeak.

Bupati juga meminta warga untuk menggalakkan budaya gotong royong untuk melakukan pemeliharaan pipanisasi tersebut. “Bentuk Tim Pemelihara untuk melakukan pelestarian, sehingga bangunan ini akan terjaga dan terus bermanfaat”, kata Bupati.

Kades Lumban Balik Sudirman Sitorus menjelaskan, pipanisasi air minum dengan sumber air dari Aek Simarudan-udan ini telah mampu memasok kebutuhan air kepada 80 kk di desanya yang sebelumnya sangat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s