BUPATI SALURKAN BANTUAN SOSIAL UNTUK KORBAN MUSIBAH KEBAKARAN DI NASSAU

Kepedulian sosial merupakan salah satu pondasi yang sangat penting dalam konsep pembangunan yang pro-rakyat, karena dengan tingginya tingkat kepedulian khususnya yang diberikan pemerintah, artinya pemerintah memberikan perhatian yang menyeluruh atas seluruh aspek kehidupan masyarakatnya. Konsep pembangunan yang peduli ini benar-benar diaplikasikan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir sebagaimana dengan visi dan misi nya serta telah tertuang dalam rencana pembangunan yang disusun. Karena itu, Senin (30/01), Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak melakukan kunjungan sosial ke Desa Lumban Rau Utara, Kecamatan Nassau untuk bertemu dan melihat kondisi warganya serta memberikan tali kasih berupa bantuan sosial kepada masyarakatnya yang menjadi korban ditimpa musibah kebakaran.

Pada kesempatan tersebut, seraya memberikan kata-kata penghiburan kepada para korban dan keluarga korban, Bupati berharap agar para korban dapat tabah menghadapi musibah ini serta tidak larut dalam kesedihan dan dapat segera bangkit dari keterpurukan atas kondisi yang mereka hadapi. Bupati juga mengatakan bahwa kehadirannya di tempat itu merupakan wujud kepedulian pemerintah yang senantiasa memperhatikan kondisi masyarakatnya. “Kiranya bantuan yang kami serahkan ini dapat bermanfaat untuk meringankan beban bapak ibu sekalian”, ujar Bupati. Bupati menambahkan, agar bantuan yang diserahkan tidak dilihat dari besaran nilainya, namun dapat dimaknai sebagai wujud kebersamaan dan kepedulian pemerintah yang turut merasakan kondisi yang sedang menimpa para korban.

Sebelum menyerahkan bantuan, sebagaimana adat Batak, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak juga “mangupa-upa” para korban dengan menyampaikan “boras sipir ni tondi”. Sementara itu, bantuan yang diserahkan Bupati kepada para korban bersumber dari APBD Kabupaten Toba Samosir dan bantuan dari Departemen Sosial Republik Indonesia berupa bahan pangan/ sembako, perlengkapan rumah tangga, pakaian, bahan bangunan dan lainnya.

Berdasarkan keterangan  Camat Nassau Bakhtiar Simanjuntak, sebanyak 7 (tujuh) unit rumah penduduk yang terbakar merupakan 2 (dua) unit rumah milik Santober Hutapea, masing-masing 1 (satu) unit rumah milik Hotman Siagian, Haposan Pasaribu, Bindur Pane dan Parasian Lumban Toruan. Selanjutnya kata Bakhtiar didampingi Kades Lumban Rau Utara Bintara Lumban Toruan dalam kronologis kejadian menjelaskan,  musibah kebakaran ini terjadi pada Kamis (26/01) sekitar pukul 23.00 Wib dengan sumber api diduga dari adanya hubungan arus pendek. Pada kesempatan tersebut, walaupun kebakaran ini menyebabkan kerugian yang ditaksir mencapai ratusan juta rupiah, namun Bakhtiar  memberikan apresiasi atas kesigapan petugas pemadam kebakaran, unsur TNI/ Polri memberikan bantuan dan memadamkan api, hingga kebakaran yang lebih besar dapat dihindari dan tidak menyebabkan adanya korban jiwa. Kunjungan sosial Bupati Toba Samosir ini diakhiri dengan meninjau lokasi kejadian kebakaran bersama rombongan yang hadir seperti Asisten Pemerintahan Rudolf Manurung, Kadis Sosial Sangkap Pasaribu, Kabag Umum dan Perlengkapan Salomo HK Simanjuntak, Kabag Humas dan Protokol Arwanto H Ginting serta didampingi Uspika Kecamatan Nassau.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s