Berita Terbaru

BUPATI PANTAU IRIGASI HULA-HULI KEGIATAN PNPM-MP DI DESA MERANTI UTARA

Untuk lebih menjamin tercapainya tujuan dan manfaat serta dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana aplikasi di lapangan atas kelangsungan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM-MP) di lapangan hingga sesuai dengan sasaran yang diharapkan, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak melakukan pemantauan kegiatan fisik dan SPP PNPM-MP di Toba Samosir. Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak bersama rombangan dari pelaku-pelaku PNPM-MP di tingkat kabupaten meninjau pembangunan irigasi Hula-Huli di Desa Meranti Utara, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kamis (02/02).

Selama meninjau, terlihat dengan seksama Bupati memperhatikan fisik bangunan irigasi ini sambil mendengarkan keterangan yang disampaikan Camat Pintu Pohan Meranti Tumpal E. Hasibuan. Dalam keterangannya, Camat menjelaskan akan manfaat irigasi tersebut yang nantinya akan mampu mengairi sawah warga dan memenuhi pasokan kebutuhan air untuk + 70 kepala keluarga yang berada di sekitar lokasi irigasi tersebut.

Dalam kunjungannya kali ini, Bupati meminta agar bangunan fisik yang didanai PNPM-MP benar-benar dibangun dengan memperhatikan ketentuan yang berlaku, karena dengan demikian manfaat yang berkesinambungan dapat diperoleh dari bangunan tersebut. Karena itu, Bupati memerintahkan Camat, PjOK dan UPK serta pihak terkait lainnya untuk secara intensif melakukan pemantauan dan pengawasan, agar realisasi fisik tercapai sesuai target dan kualitas bangunan terjamin dengan baik.

Kabag Humas dan Protokol Arwanto H. Ginting dalam keterangannya menambahkan bahwa Bupati mengharapkan agar seluruh kegiatan fisik PNPM-MP benar-benar dapat dikerjakan sebagaimana RAB (Rencana Anggaran Biaya) yang telah disusun dan mempedomani ketentuan yang berlaku. “Apabila tidak sesuai dengan RAB, Bupati telah memerintahkan Kaban PM dan PD dan PjOKab untuk mengambil tindakan berupa perintah perbaikan fisik bahkan pembongkaran dan pembangunan ulang apabila tidak sesuai dengan ketentuan”, kata Ginting.

Sementara itu, sesuai dengan keterangan yang disampaikan Fasilitator Kecamatan Pintu Pohan Meranti Liston Saragih, irigasi Hula-Huli yang dibangun tersebut berbiaya Rp. 211.747.000,- dengan target volume sepanjang 750 meter dengan kategori pengusulan sebagai usulan campuran. Liston juga menambahkan, bahwa untuk TA 2011, terdapat 4 (empat) desa di Kecamatan Pintu Pohan Meranti yang berhasil didanai untuk kegiatan fisik terdiri dari Desa Halado, Pintu Pohan, Pintu Pohan Dolok dan Meranti Utara.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s