EVALUASI SEKTOR PENDIDIKAN, 9 PENGAWAS DAN 6 KEPALA SEKOLAH DIAMBIL SUMPAHNYA

Sesuai dengan evaluasi dan analisa yang dilakukan melalui beberapa indikator, maka untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, salah satu yang menjadi tolak ukur dan harus mendapat perhatian secara menyeluruh adalah kualitas sumber daya manusia yang berkecimpung sebagai tenaga kependidikan. Untuk mendorong peningkatan mutu pendidikan dan pengelolaan sekolah yang lebih terukur dan untuk menjawab tantangan era global yang berbasis keunggulan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir melalui Dinas Pendidikan sebagaimana hasil evaluasi yang dilakukan, melantik dan mengambil sumpah 9 (Sembilan) Pengawas Sekolah dan 6 (enam) Kepala Sekolah di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosir. Pelantikan dan pengambilan sumpah pengawas dan kepala sekolah ini dilakukan oleh Bupati Toba Samosir yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosir Dra. Mariani, M.Pd, Rabu (01/02) di Kantor Pengawas Dinas Pendidikan di Balige.

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati mengatakan bahwa sektor pendidikan memiliki peranan yang strategis dalam proses pembangunan di Toba Samosir. Karena itu, menurut Bupati, sektor pendidikan ditempatkan menjadi salah satu skala prioritas, sehingga harapan akan peningkatan sumber daya manusia yang bermutu dan handal akan semakin meningkat. Lebih lanjut, Bupati menegaskan agar para pengawas yang dilantik memberikan dedikasi yang tinggi serta memiliki komitmen dan konsisten dan secara profesional menjalankan tugasnya dalam melakukan pembinaan dan pengawasan di sekolah-sekolah binaannya. Sedangkan kepada para kepala sekolah yang dilantik, Bupati menginstruksikan agar para kepala sekolah harus dapat menjadi educator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator. Karena itu, sebagaimana amanah dan tanggung jawab serta kepercayaan yang diberikan atas jabatan yang diemban, Bupati mengharapkan para pengawas dan kepala sekolah mampu menjawab tantangan atas kondisi pengelolaan sekolah yang lebih baik dan mutu pendidikan hingga semakin meningkat. Di akhir sambutannya, disamping kepada para kepala sekolah, pengawas dan unsur pendidikan lainnya, Bupati juga mengajakan seluruh elemen masyarakat Toba Samosir untuk bergandengan tangan sehingga pembangunan di Toba Samosir khususnya di sektor pendidikan dapat lebih berkembang.

Sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Toba Samosir Nomor 025 Tahun 2012, adapun para pengawas sekolah yang dilantik dan diambil sumpahnya, yaitu Juara Sitorus, S.Pd, Drs. Mukhni, Tiarman Purba, S.Pd, Drs. Hotlan Panjaitan, Drs. Warsidi, Dra. Christina Sibuea, Sampeara Panjaitan, S.Pd, Drs. Jhonny Ronald Sihombing dan Yulce Manurung. Sedangkan para kepala sekolah yang dilantik, yakni Sarma Sirait, S.Pd menjadi Kepala SMA N 1 Lumban Julu, Parulian Sitorus, S.Pd menjadi Kepala SMP N 1 Pintu Pohan Meranti, Kepler Debataraja, S.Pd menjadi SMP Negeri 2 Pintu Pohan Meranti, Parlindungan Hutapea, S.Pd menjadi Kepala SMP N 2 Laguboti, Drs. Joslan Simanjuntak menjadi Kepala SMP N 1 Ajibata dan Bonar Maruli Haloho, S.Pd sebagai Kepala SMP N 1 Laguboti. Pelantikan dan pengambilan sumpah para kepala sekolah dan pengawas ini juga dihadiri para pejabat struktural eselon III dan IV di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosir.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s