AJAK PEDULI LINGKUNGAN HIDUP, BUPATI TOBASA TANAM POHON DI TAMAN EDEN

Ajakan berbuat nyata dalam pelestarian lingkungan hidup dalam wujud penanaman dan pemeliharaan pohon khususnya di sekitar kawasan Danau Toba, diutarakan Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak di hadapan ratusan undangan dan masyarakat di sela-sela peresmian Sopo Toba Eden Lestari, Jumat (27/01) di Kawasan Taman Eden 100, Lumban Rang, Desa Sionggang Utara, Kecamatan Lumban Julu. Masih kata Bupati, penanaman pohon ini akan menciptakan keindahan yang nantinya akan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Toba Samosir. Bersama Bupati, juga turut Direktur Utama PT. Toba Pulp Lestari (TPL) SC. Paruthi dalam melakukan penanaman pohon tersebut.

Dengan keberadaan Sopo Toba Eden Lestari (sopo = aula/ tempat pertemuan-red) yang dibangun dari bantuan dana Community Development (CD) PT. Toba Pulp Lestari yang diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp. 300 juta, Bupati berharap bangunan “sopo” ini akan menjadi sarana dalam pengembangan sektor pariwisata dan pelestarian lingkungan. Taman Eden 100 yang didukung dengan Sopo seluas 20×30 meter ini juga diharapkan Bupati nantinya akan menunjang pemberian layanan wisata kepada para wisatawan serta mampu meningkatkan pembinaan dalam pelestarian budaya Batak.

Setelah melakukan penandatangan prasasti, dalam sambutannya secara khusus, Bupati juga mengapresiasi para pengelola Taman Eden 100 yang dikoordinir Marandus Sirait yang secara nyata telah peduli dan memberikan perhatian penuh dalam melestarikan lingkungan hidup yang dipadu dengan pengembangan pariwisata. Salah satunya, Bupati merasa bangga akan keberadaan Taman Konservasi Anggrek Endemik Toba di lokasi Taman Eden 100 sebagai tempat pengumpulan, pengidentifikasian, penangkaran dan pelestarian tanaman Anggrek khas Toba yang sudah mulai langka. Sementara Ketua DPRD Toba Samosir Sahat Panjaitan pada kesempatan tersebut berjanji akan memberikan dukungan dalam pengalokasian dana dalam pengembangan kawasan Taman Eden sebagai objek wisata kebanggaan Toba Samosir. Sahat juga menyambut baik dengan slogan “Salam Lestari” sebagai slogan bagi pemerhati dan pencinta lingkungan hidup.

Peresmian Sopo ini diawali dengan pelepasan burung Jalak sebagai simbol kepedulian lingkungan dan dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak. Juga dilakukan pagelaran tor-tor oleh sanggar Lusido Ajibata serta pementasan seni alat musik tradisional Batak “Sordam” yang mengiringi pementasan puisi dengan judul “Holong Namali-ali” yang menceritakan makin rendahnya kepedulian manusia akan lingkungan hidup. Atas kehadiran Bupati dan jajarannya ini, Pengelola Taman Eden 100 Marandus Sirait yang juga merupakan salah satu penerima Kalpataru ini menyatakan penghargaannya dan suka citanya karena pemerintah juga sangat peduli atas terobosan yang dilakukannya dalam pelestarian lingkungan dan budaya Batak. Karena itu, Marandus juga memberikan cendera mata dengan “mangulosi” Bupati dan Ketua DPRD.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s