WABUP LIBERTY PASARIBU PIMPIN TIM KOORDINASI PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Untuk menanggulangi masalah kemiskinan sebagai perwujudan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir yang “pro-poor” serta sebagai tindak lanjut dari program nasional dalam pengentasan kemiskinan, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak telah menghunjuk Wakil Bupati Liberty Pasaribu untuk memimpin langsung Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan/ TKPK Kabupaten Toba Samosir. Tim yang dibentuk melalui Keputusan Bupati Toba Samosir Nomor 77 Tahun 2011 ini dimaksudkan sebagai wadah mensinergikan sinkronisasi, harmonisasi dan mengintegrasikan dari berbagai usaha berupa program dan kegiatan dalam percepatan penanggulangan kemiskinan.

Pada rapat kerja Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Toba Samosir baru-baru ini, Senin (06/02) di Kompleks Perkantoran Simanjalo, Balige, Wabup Liberty Pasaribu dalam arahannya menegaskan, penangggulangan kemiskinan harus dilakukan dengan mempertimbangkan prinsip Perbaikan dan Pengembangan Sistem Perlindungan Sosial dan Prinsip Peningkatan Akses Pelayanan Dasar. Juga menurut Liberty harus berpedoman pada Prinsip Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Miskin dan Pembangunan yang inklusif. Penanggulangan kemiskinan pada dasarnya bersifat lintas sektoral dan lintas pemangku kepentingan, maka menurut Wabup Liberty, disamping melibatkan pihak pemerintah juga harus melibatkan peran aktif pihak non-pemerintah. “Karenanya, untuk efektifitas penanggulangan kemiskinan ini, kualitas koordinasi seluruh pihak terkait dalam tahapan perencanaan dan pelaksanaan program dan kegiatan akan sangat mempengaruhi”, ujar Liberty.

Sebagai strategi dalam upaya penanganan masalah kemiskinan ini, lebih lanjut Liberty menambahkan beberapa buah pemikiran seputar strategi yang layak untuk ditempuh, seperti strategi yang mampu mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin, strategi dalam meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin dan strategi yang mampu mengembangkan dan menjamin keberlanjutan usaha mikro serta kecil. Disamping itu, Liberty juga mengarakan pada strategi yang dapat membentuk sinergi kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan. “Strategi tersebut dapat dijalankan dengan berbagai program seperti program bantuan sosial, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan usaha ekonomi mikro serta program lainnya”, jelas Liberty. Pada kesempatan tersebut, Liberty berharap akan adanya persepsi dan pemahaman yang sama dalam penanggulangan kemiskinan di Toba Samosir, karena itu Liberty mengarahkan para anggota TKPK yang dipimpinnya untuk secara berkelanjutan mengembangkan kapasitasnya masing-masing.

Kabag Humas dan Protokol Arwanto H. Ginting menanggapi keberadaan TKPK ini mengatakan, pembentukan TKPK di tingkat kabupaten merupakan wujud respon Pemerintah Kabupaten Toba Samosir sehingga koordinasi kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan di tingkat daerah dapat terpenuhi. “Tim ini berfungsi sebagai mitra kerja Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang dibentuk di tingkat pusat melalui Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan”, papar Arwanto. Dalam pelaksanaan tugasnya, Ginting menambahkan, TKPK daerah akan melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada Bupati dan TKPK provinsi.

Pertemuan ini juga diisi dengan sesi pemaparan oleh masing-masing SKPD dan institusi terkait lainnya yang bertugas menyusun kebijakan, program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan yang terdiri dari para anggota TKPK Kabupaten Toba Samosir, para pimpinan SKPD di Lingkungan Pemkab Toba Samosir, pimpinan instansi vertical, BUMN/BUMD dan swasta, pimpinan organisasi serta para pemangku kepentingan lainnya di Kabupaten Toba Samosir.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s