Berita Terbaru

SELAKU KETUA DEWAN PENYANTUN PKK, BUPATI BERI PERHATIAN KHUSUS KEPADA DESA BINAAN PKK

Untuk dapat lebih mengetahui kondisi warganya serta untuk melihat secara langsung kinerja para SKPD nya dalam melaksanakan program kerja guna menggerakkan roda pembangunan, Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak semakin “intens” melakukan kunjungan kerja ke desa-desa di Toba Samosir. Kali ini, Jumat (10/02) giliran Desa Paindoan, Kecamatan Balige mendapat kunjungan kerja Bupati Toba Samosir untuk melihat kegiatan pembinaan desa tersebut sebagai salah satu desa binaan PKK sebagai Desa Percontohan 10 Program Pokok PKK.

Dalam arahannya ketika melakukan pembinaan di desa tersebut, Bupati meminta agar program percontohan Desa Binaan 10 Program Pokok PKK tidak hanya dimaknai sebagai ajang lomba, namun lebih jauh harus dipahami sebagai kegiatan pembangunan social dalam membentuk kemandirian dan pemberdayaan masyarakat desa yang antara lain dalam aspek kecukupan sandang dan pangan, ketersediaan akses pendidikan dan peningkatan derajat kesehatan. “Kita menyadari hal ini bukan hal yang mudah, namun kita harus berani memulai dan mengambil inisiatif”, ujar Bupati yang secara ex-officio jg selaku Ketua Dewan Penyantun PKK. Lebih lanjut, Bupati juga mengingatkan, keberhasilan untuk mewujudkan desa percontohan tidak semata-mata tergantung kepada peran pemerintah daerah dan TP PKK, namun harus melibatkan peran serta masyarakat secara keseluruhan. Dengan kata lain menurut Bupati, terciptanya sebuah masyarakat yang sejahtera, adalah ketika tumbuhnya kesadaran bersama di tengah-tengah masyarakat untuk mengangkat derajat kehidupannya sendiri.

Sebagai bentuk dukungan kesuksesan Desa Paindoan sebagai desa percontohan, Bupati telah memerintahkan pada instansi terkait untuk memberikan dukungan penuh, baik berupa pemberian penyuluhan-penyuluhan dan bantuan peralatan. Maka, pada kesempatan tersebut, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak menyerahkan 1 (satu) unit hand traktor dan beberapa paket varietas bibit tanaman. Dengan adanya hand traktor tersebut, Bupati meminta agar masyarakat setempat lebih mengupayakan pemanfaatan lahan kosong sehingga lebih produktif yang sendirinya akan mendukung peningkatan ekonomi desa. Juga diserahkan bantuan lainnya seperti bibit sayur mayur, seragam PKK dan bantuan penyelenggaran Pendidikan Anak Usia Dini/ PAUD. Dalam upaya penyelenggaraan PAUD di Desa Paindoan, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak juga secara resmi meresmikan pengoperasian PAUD DOAN. Dengan berdirinya PAUD tersebut, Bupati berharap, pembinaan dan pendidikan anak-anak di usia 0-6 tahun sebagai “golden age” dapat terselenggara secara efektif dan efisien sehingga karakter dasar anak-anak terbentuk dengan baik.

Sementara itu, Ketua TP PKK Toba Samosir, Ny Netty Pandapotan Kasmin br. Pardosi memberikan apresiasi atas berkenannya Bupati untuk terlibat langsung dalam melakukan pembinaan terhadap desa binaan PKK. “Saya haturkan terimakasih kepada Bupati selaku Ketua Dewan Penyantun TP PKK atas dukungannya”, kata Ny Netty seraya berharap dukungan ini juga akan mengalir kepada 2 (dua) desa binaan PKK lainnya, yakni Desa Nalela dan Desa Jangga Dolok. Secara khusus, Ny Netty mengajak seluruh elemen masyarakat Desa Paindoan dapat memanfaatkan dan memaksimalkan bantuan yang diberikan pemerintah, khususnya dalam mewujudkan Desa Paindoan sebagai Desa Percontohan 10 Program Pokok PKK.

Dalam kegiatan pembinaan yang dilakukan di Desa Paindoan sebagai Desa Percontohan 10 Program Pokok PKK, Camat Balige Sahala Siahaan menjelaskan bahwa pembinaan yang telah dilakukan meliputi pembinaan secara administrasi dan secara fisik infrastruktur desa. Ditambahkan Sahala, konsep pemberdayaan dan gotong royong sangat terlihat di Desa Paindoan, salah satunya berupa adanya swadaya masyarakat yang secara suka rela memberikan bantuan materil dalam melakukan renovasi kantor desa.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s