MUSRENBANG TINGKAT KECAMATAN MULAI BERGULIR DI TOBASA UNTUK TAMPUNG ASPIRASI MASYARAKAT

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Musrenbang-RKPD) merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan untuk memperoleh masukan dan usulan akan skala prioritas pembangunan. Musrenbang-RKPD dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat desa/ kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan terakhir di tingkat nasional yang merangkum aspirasi masyarakat dalam penyusunan rencana kerja pemerintah. Memperhatikan peran vital pelaksanaan musrenbang dimaksud, Pemkab Toba Samosir melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) secara bergilir telah menjadwalkan dan menggulirkan pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan di Kabupaten Toba Samosir.

Mengawali pelaksanaannya, Musrenbang tingkat kecamatan telah dimulai di Kecamatan Porsea dan Kecamatan Siantar Narumonda, Senin (13/02). Dalam musrenbang yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat ini, akan dirumuskan dan ditentukan prioritas usulan pembangunan dari desa/ kelurahan untuk diusulkan di forum SKPD dan musrenbang lanjutan di tingkat kabupaten. Demikian dikatakan Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak ketika menghadiri secara langsung pelaksanaan musrenbang tingkat Kecamatan Porsea yang juga dihadiri anggota DPRD dari daerah pemilihan Porsea. Masih menurut Bupati, usulan musrenbang kecamatan ini akan diselaraskan dan dipadukan dengan rencana kerja SKPD untuk penyempurnaan rancangan RKPD Kabupaten Toba Samosir tahun 2013.

Mengingat kemampuan APBD yang terbatas, lebih lanjut Bupati yang hadir bersama Ketua DPRD Sahat Panjaitan menghimbau, usulan rencana pembangunan yang dihasilkan dalam musrenbang, agar jangan hanya menekankan usulan pembangunan yang hanya didanai APBD tetapi harus dapat menghasilkan usulan yang layak dan dapat dibiayai oleh dunia usaha dan swadaya masyarakat sebagai wujud pembangunan partisipatif. “Diharapkan secara bertahap, dengan memperhitungkan kemampuan anggaran, usulan yang belum tertampung akan tetap menjadi perhatian Pemerintah”, kata Bupati yang didampingi Sekdakab Liberty Manurung. Namun demikian, di sisi lain untuk mengakomodir semua prioritas kebutuhan masyarakat, Bupati mengatakan, bahwa Pemkab Toba Samosir tidak henti-hentinya berupaya untuk memperoleh sumber pendanaan lainnya baik dari tingkat provinsi/ nasional maupun dari pihak swasta. Untuk tahun 2013, Bupati menambahkan gambaran akan sasaran pembangunan yang akan digalakkan adalah upaya peningkatan perekonomian masyarakat dan pemeliharaan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Toba Samosir Ir. Pargaulan Sianipar yang ditemui pada pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan Siantar Narumonda mengatakan, untuk terciptanya penyusunan dan perencanaan pembangunan yang “pro-rakyat”, dengan mempedomani UU Nomor 25/2004 dan Permendagri 54/2010, Musrenbang tingkat kecamatan di Kabupaten Toba Samosir diharapkan akan memberikan identifikasi akan prioritas pembangunan sesuai fungsi-fungsi SKPD dan skala prioritas kebutuhan masyarakat. Dikatakannya juga, agar proses pengusulan prioritas pembangunan tersebut tercapai, maka pada pelaksanaan musrenbang kecamatan ini dihadirkan seluruh elemen masyarakat terkait, seperti unsur muspika, unsur pemerintah kecamatan, unsur desa/ kelurahan dan unsur masyarakat yang antara lain meliputi tokoh masyarakat, LSM, kelompok profesi dan lainnya. Sebagai narasumber, Pargaulan menjelaskan, pada setiap rangkaian musrenbang di kecamatan akan dihadiri anggota DPRD dari daerah pemilihan bersangkutan, mewakili SKPD, Camat dan pihak Bappeda sendiri. “Hasil musrenbang kecamatan ini, akan dituangkan dalam berita acara, yang nantinya akan dibawa di musrenbang tingkat lanjutan”, pungkas Pargaulan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s