BUPATI APRESIASI PENYALURAN RASKIN DI KECAMATAN LAGUBOTI

Sebagai upaya mengurangi beban masyarakat miskin dalam pemenuhan kebutuhan pangan pokok dan untuk mengantisipasi kerawanan pangan, pemerintah telah menggulirkan Program Penyaluran Beras untuk Masyarakat Miskin/ Program Raskin kepada rumah tangga sasaran (RTS) yakni rumah tangga miskin. Maka, untuk mengawali penyaluran raskin di seluruh wilayah Kabupaten Toba Samosir, telah ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak untuk alokasi raskin di Kecamatan Laguboti. Alokasi raskin untuk periode Januari-Pebruari 2012 Kecamatan Laguboti sebanyak 50.160 Kg untuk 1.672 KK Rumah Tangga Sasaran (RTS) ini, diserahkan kepada Camat Laguboti Taruli Siagian yang didampingi seluruh kepala desa/ lurah se-Kecamatan Laguboti untuk selanjutnya disalurkan ke seluruh desa/ kelurahan.

Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam arahannya mengharapkan raskin yang disalurkan tersebut benar-benar tepat sasaran dan bermanfaat sebagaimana tujuan penyalurannya, karena itu, Bupati meminta Camat dan 23 (dua puluh tiga) kepala desa/ lurah di Laguboti untuk dapat memenuhi ketentuan yang berlaku dalam penyaluran raskin tersebut, seperti tepat jumlah, tepat harga, tepat waktu, tepat kualitas  dan tertib administrasi. Bupati juga mengapresiasi kinerja aparatur di Kecamatan Laguboti dalam penyaluran raskin untuk Tahun Anggaran 2011 yang termasuk dalam kategori sangat baik.

Sebelumnya, dalam keterangannya, Kabag Perekonomian Joni Hutajulu menyebutkan, adapun alasan dipilihnya Kecamatan Laguboti sebagai wilayah penyaluran raskin pertama untuk Tahun Anggaran 2012, mengingat pada TA 2011, Kecamatan Laguboti merupakan satu-satunya kecamatan yang realisasi penyaluran raskin dan pembayaran mencapai 100 % tanpa tunggakan.

Lebih lanjut, berdasarkan data yang dihimpun dari Bagian Perekonomian Setdakab Toba Samosir, untuk Tahun Anggaran 2012, jumlah RTS penerima manfaat raskin di Kabupaten Toba Samosir sebanyak 15.393 KK, dengan perincian Kecamatan Balige 2.463 KK, Kecamatan Tampahan, 451 KK, Kecamatan Laguboti 1.672 KK, Kecamatan Habinsaran 2.175 KK, Kecamatan Borbor 759 KK, Kecamatan Nassau 1.013 KK, Kecamatan Silaen 1.004 KK, Kecamatan Sigumpar 696 KK, Kecamatan Porsea 658 KK, Kecamatan PP. Meranti 324 KK, Kecamatan Siantar Narumonda 583 KK, Kecamatan Parmaksian 365 KK, Kecamatan Lumban Julu 920 KK, Kecamatan Uluan 1.026 KK, Kecamatan Ajibata 606 KK dan Kecamatan Bonatua Lunasi sebanyak 678 KK. Sedangkan jatah penyaluran raskin setiap bulannya untuk setiap KK sebesar 15 Kg.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s