TOBASA SIAP DUKUNG DAN SUKSESKAN PESTA DANAU TOBA 2012

Hal tersebut diutarakan Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam keterangan pers nya dihadapan para wartawan ketika menerima kunjungan Bupati Simalungun JR. Saragih di rumah dinas Bupati Toba Samosir, Kamis (16/02) di Balige. Untuk PDT Tahun 2012, Bupati Simalungun telah ditunjuk Gubernur Sumatera Utara untuk menjadi ketua panitia pelaksana, namun dengan didorong semangat kebersamaan Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak menyatakan kesiapan Toba Samosir untuk mendukung dan bekerjasama mensukseskan PDT 2012. “Saya dan Beliau (Bupati Simalungun-red) tadi sudah melakukan pembicaraan dan pembahasan akan berbagai program-program yang nantinya akan kita laksanakan demi suksesnya PDT 2012”, ujar Bupati Kasmin.

Bahkan menurut Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak, terobosan pelaksanaan PDT dengan melibatkan kabupaten/ kota di kawasan Danau Toba dalam penyelenggaraan program/ kegiatan merupakan ide yang sangat baik, karena dapat mendorong adanya rasa tanggung jawab untuk bersama-sama melestarikan kawasan Danau Toba. Karena itu, menurutnya, kebersamaan harus dipupuk oleh para kabupaten/ kota di kawasan Danau Toba, dan Bupati Kasmin menilai dengan komitmen ini akan dapat menggalakkan pengembangan kawasan Danau Toba menjadi lebih baik khususnya di sektor pariwisata. Lebih lanjut, Bupati Kasmin juga menyatakan kesediaan dan kesiapan Toba Samosir, apabila untuk PDT di masa mendatang dihunjuk menjadi ketua pelaksana.

Menyadari bahwa Danau Toba bukan hanya milik Kabupaten Simalungun, maka Bupati JR Saragih yang juga menjabat Koordinator APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia wilayah Sumatera berinisiatif mengajak seluruh pemerintah kabupaten/ kota di kawasan Danau Toba untuk bersama-sama mensukseskan pelaksanaan PDT. Menjawab pertanyaan wartawan akan konsep yang nantinya akan diusung dalam pelaksanaan PDT, Bupati JR Saragih menjelaskan, walau Simalungun menjadi Ketua Pelaksana, 7 (tujuh) kabupaten lainnya di Kawasan Danau Toba direncakan akan tetap melaksanakan program memeriahkan PDT, dengan demikian harapannya pengunjung Pesta Danau Toba bisa berkeliling kabupaten se-kawasan Danau Toba. “Saya tadi sudah menjelaskan beberapa gambaran konsep pelaksanaan PDT 2012 kepada beliau (Bupati Tobasa-red), jadi nantinya PDT itu dibuka secara resmi di Parapat, namun seluruh kabupaten/ kota di kawasan Danau Toba tetap melakukan kegiatan di daerahnya masing-masing untuk memeriahkan PDT”, papar JR Saragih.

Juga ditambahkannya, usai melakukan kunjungan  dan menjalin silaturahmi dengan 7 (tujuh) kabupaten sekawasan danau toba, JR Saragih akan mengundang para Bupati se-kawasan Danau Toba untuk membicarakan lebih lanjut program apa yang harus dibuat pada perayaan PDT nanti sehingga Pesta Danau Toba dirasakan dengan benar-benar sebagai milik masyarakat se-kawasan danau toba. Setelah itu,  JR Saragih  juga berencana akan ajak seluruh Bupati se-kawasan Danau Toba dan Panitia PDT 2012 untuk melakukan audiensi ke Gubernur Sumatera Utara seputar pelaksanaan PDT.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s