MENYAMBUT HARI JADI KE-13 KAB. TOBASA, “TOBASA IDOL” DIGELAR

Untuk memeriahkan dan menyambut perayaan Hari Jadi Kabupaten Toba Samosir yang ke-13, ajang penyaluran bakat dan kemampuan olah vocal tingkat usia anak muda di Toba Samosir kembali digelar melalui even Tobasa Idol 2012. Ajang “Tobasa Idol” ini juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam menyemarakkan perayaan Hari Jadi Kabupaten Toba Samosir yang Ke-13 yang mengangkat thema “Wujudkan Kebersamaan untuk Keberhasilan Pembangunan Kabupaten Toba Samosir”.

Kabag Humas dan Protokol Arwanto Ginting yang tergabung dalam panitia Hari Jadi di bidang Publikasi dan Dokumentasi dalam keterangannya, Senin (20/02) menjabarkan, untuk sub-thema perayaan ini adalah “Melalui Perayaan Hari Jadi Kabupaten Toba Samosir ke-13 Tahun 2012, Kita Tingkatkan Kreatifitas dan Prestasi demi Mewujudkan Masyarakat Toba Samosir yang memiliki rasa Kasih, Peduli dan Bermartabat Tahun 2015. Guna memeriahkan perayaan ini, menurut Arwanto, akan digelar berbagai kegiatan lomba dan kegiatan lainnya. “Untuk kegiatan lomba, ya salah satunya Tobasa Idol ini”, ujar Arwanto.

Sementara itu, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba Samosir Drs. Robert Pardede, MSi dalam keterangannya yang ditemui di ruang kerjanya, (20/02) menambahkan even “Tobasa Idol” merupakan salah satu bagian dari program kerja instansinya yang bertujuan untuk meningkatkan kemitraan dan peran serta masyarakat dalam pengembangan sektor pariwisata melalui even-even yang mampu menarik minat kunjungan wisatawan ke Toba Samosir. “Harapannya, kedepannya event ini dapat menjadi even tahunan dalam kalender pengembangan wisata di Toba Samosir”, papar Robert. Dijelaskannya, hingga pendaftaran terakhir pada 10 Pebruari 2012 lalu, telah terdaftar peserta yang berjumlah hampir ratusan orang untuk selanjutnya akan diaudisi dan diseleksi hingga pada akhirnya akan berjumlah 10 (sepuluh) orang sebagai finalis yang akan bertarung pada grand final yang dijadwalkan pada 10 Maret 2012. Untuk Seluruh rangkaian lomba “Tobasa Idol” ini akan diselenggarakan di pelataran Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba Samosir, di Jl. DI Panjaitan, Balige.

Senada dengan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata, Harry Hutagaol salah seorang panitia penyelenggara even ini menambahkan ajang lomba tarik suara ini juga berperan sebagai bagian dari wadah generasi muda se-Toba Samosir yang nantinya diharapkan mampu menelurkan para penyanyi yang berbakat dan punya prospek kedepan di blantika musik daerah maupun nasional. Sebagai lagu wajib pada Tobasa Idol 2012, mengangkat lagu karya Tagor Tampubolon yang berjudul “Tangiang ni Dainang (Doa Ibu-red)” yang sarat makna menggambarkan keberhasilan seseorang itu tidak luput dari doa ibundanya. “Dari lagu tersebut, kita mencoba mendidik para generasi muda secara tidak langsung melalui syair lagu agar tetap menghormati orang tua, khususnya ibu sendiri,” papar Harry.

Untuk hadiah dan dana pembinaan yang akan diberikan kepada peserta yang berhasil menjuarai even ini, juara pertama akan diberikan piala beserta hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp 2,5 juta, juara kedua diberikan piala dan uang pembinaan Rp 2.000.000,- dan kepada juara ketiga diberikan piala dan uang pembinaan Rp 1,5 juta.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s