Berita Terbaru

BEKALI APARATNYA JELANG e-PROCUREMENT, PEMKAB TOBASA LAKUKAN SOSIALISASI

Sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2010, proses pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintah pusat dan daerah sudah harus diterapkan secara elektronik melalui Layanan Pengadaan Barang dan Jasa secara Elektronik (LPSE). Untuk memenuhi maksud ini serta menyadari tuntutan guna meningkatkan kredibilitas pemerintah akan layanan di bidang pengadaan barang dan jasa, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir membekali aparatnya dengan menggelar sosialisasi layanan pengadaan barang dan jasa khususnya layanan secara elektronik atau yang lebih populer sekarang dikenal dengan istilah e-Procurement.

Sebagai narasumber, secara khusus dihadirkan Direktur e-Procurement Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) Ir. Ikak Gayuh Patriastomo, MSP untuk memberikan pembekalan bagi aparatur di Lingkungan Pemkab Toba Samosir seputar e-Procurement ini. Sebagai informasi, Direktorat e-Procurement ini dalam tugas pokoknya sehari-hari, salah satunya berperan dalam pemberian bimbingan teknis dan promosi e-Procurement serta evaluasi pelaksanaannya. Dalam paparannya, Ikak Patriastomo menjelaskan secara detil hal ikhwal pelaksanaan dan penerapan metode e-Procurement. Menurutnya, penerapan e-Procurement akan mampu mereduksi permasalahan yang muncul selama ini dalam hal pengadaan barang/ jasa khususnya di lingkungan pemerintah karena diterapkan secara transparan. “e-Procurement juga membantu efesiensi biaya akan mekanisme pengadaan barang dan jasa sebelumnya”, ujar Ikak.

Mengingat pentingnya sosialisasi ini karena akan berperan dalam mendukung terciptanya pemerintahan yang bersih dan berwibawa, Wakil Bupati Toba Samosir Liberty Pasaribu dalam arahannya menghimbau seluruh jajarannya untuk benar-benar mengikuti sosialisasi ini dengan baik. Karena menurut Wabup Liberty Pasaribu, sosialisasi ini akan mampu meningkatkan kapabilitas dan menambah pemahaman serta wawasan aparatur daerah dalam menginterprestasikan substansi dan implikasi e-Procurement. Liberty juga secara tegas mengingatkan para jajarannya akan pentingnya pemahaman pengadaan barang/ jasa secara elektronik ini karena akan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah, disamping juga akan mendorong peningkatan akses pasar dan persaingan usaha yang sehat. Juga dikatakan, melalui e-procurement akan dapat memperbaiki tingkat efisiensi proses pengadaan, serta mendukung proses monitoring dan audit. Dari aspek ketersediaan layanan informasi, dengan e-procurement menurut Liberty, akan memenuhi kebutuhan akses informasi yang real.

Dalam keterangannya, Kabag Pembangunan Tumpal M. Malau menjelaskan e-Procurement dapat diartikan sebagai proses pengadaan barang/ jasa pemerintah yang pelaksanaanya memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan berbasis web/ internet, yang antara lain meliputi kegiatan pelelangan umum. “Proses ini nantinya akan diselenggarakan oleh Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE)”, jelas Malau. Ditambahkannya, untuk Kabupaten Toba Samosir, LPSE akan dibentuk tahun 2012 ini, karena itu dibutuhkan bantuan dan dukungan LKPP melalui sosialisasi dan dukungan teknis lainnya dalam pembentukan LPSE tersebut.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s