BUPATI TOBA SAMOSIR TINJAU PELAKSANAAN OPERASI KATARAK GRATIS

Pemerintah Kabupaten Toba Samosir bekerja sama dengan Lembaga Tears Internasional dan Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Prop. Sumatera Utara melakukan operasi katarak gratis di Rumah Sakit Umum Daerah Porsea, Kamis (08/03/2012).

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam kesempatan tersebut menyambut baik pelaksanaan operasi gratis ini. Dikatakannya bahwa operasi katarak merupakan tindakan pertolongan yang diidam-idamkan oleh penderitanya agar bisa melihat kembali indahnya dunia ciptaan Tuhan. Sesuai dengan visi Pemkab Toba Samosir 2010-2015 yakni Kasih, Peduli, dan Bermartabat, menjadi jaminan bahwa Pemkab Toba Samosir senantiasa memberi perhatian dan kepedulian akan nasib para penderita katarak yang ada di Kabupaten Toba Samosir.

Karenanya, ”Saya telah instruksikan kepada Direktur RSUD Porsea untuk mencari peluang kerjasama dengan lembaga-lembaga donateur di dalam dan luar negeri agar dapat menyelenggarakan operasi seperti ini secara gratis dan teratur, sehingga menjadi salah satu unggulan pelayanan pemerintah di bidang kesehatan,” tegas Kasmin.

Sebelumnya, Marganda Marbun dari Lembaga Tears Internasional didampingi Direktur RSUD Porsea dr. Sabam JMT Simatupang, MPH mengatakan bahwa pihaknya telah berhasil melakukan operasi gratis katarak sebanyak 380 mata selama 3 tahun berturut-turut di Toba Samosir. Dan untuk hari ini, sesuai dengan pemeriksaan bulan lalu, maka akan dioperasi sebanyak 144 mata, ujar Marganda.

Sesuai dengan pantauan di lapangan, para penderita katarak secara tertib menunggu panggilan untuk dilakukan operasi. Mereka bukan hanya dari Kabupaten Toba Samosir, namun ada juga yang berasal dari Kabupaten Humbang Hasundutan, Sibolga, bahkan Kota Pekan Baru.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s