BUPATI TOBA SAMOSIR : SUKSESKAN PENERAPAN e-KTP TAHUN 2012 DI TOBA SAMOSIR

Dalam rangka penerapan program e-KTP yang berlaku secara nasional, Pemerintah Kabupaten Toba Samosir melalui Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan melakukan sosialisasi untuk tingkat kecamatan. Sosialisasi hari pertama berlangsung untuk kecamatan Balige bertempat di Aula SMKN 1 Balige, Senin (26/03/2012).

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak saat membuka secara resmi sosialisasi penerapan e-KTP untuk tingkat Kecamatan Balige mengatakan dalam rangka menciptakan kepemilikan satu KTP satu penduduk, maka pemerintah telah mengadakan 3 program strategis nasional di bidang kependudukan dan pencatatan sipil. Ketiga program itu meliputi pemutakhiran data kependudukan, penerbitan NIK (Nomor Induk Kependudukan), dan penerapan KTP Elektronik. Penerapan e-KTP ini sangat membutuhkan  sistem keamanan/ pengendalian dan teknologi reformasi dengan melakukan verifikasi dan validasi sistem database kependudukan.

Ditambahkan Bupati, NIK dinyatakan sebagai dasar penerapan e-KTP karena bersifat unik dan tunggal. “Unik” maksudnya adalah setiap penduduk mempunyai satu nomor yang tidak tergantikan dan berbeda untuk setiap orang dan berlaku seumur hidup. Dengan demikian,” Maka kependudukan dan peranan NIK yang bersifat unik merupakan nomor identitas tunggal bagi semua penduduk Indonesia dan sekaligus berfungsi sebagai kunci akses berbagai pelayanan publik,” ujar Pandapotan Kasmin Simanjuntak sembari mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyukseskan penerapan e-KTP tahun 2012 di Kabupaten Toba Samosir.

Sebelumnya, Kadis Catatan Sipil dan Kependudukan Toba Samosir Dra. Rosita Siagian mengatakan sosialisasi penerapan e-KTP untuk tingkat kecamatan akan berlangsung selama 16 hari kerja sejak tanggal 26 Maret s/d 18 April 2012.  Dikatakannya, pemerintah pusat telah memberikan kuota sebanyak 139.404 Wajib KTP untuk Kabupaten Toba Samosir. Untuk pelaksanaan perekaman data akan berlangsung  pada bulan April-Oktober 2012 bertempat di masing-masing kantor  kecamatan. Pihaknya akan memberi dana transportasi sebesar Rp.10.000 bagi setiap orang yang telah merekam data. Namun bagi masyarakat Wajib KTP yang menderita cacat pihaknya akan menyediakan fasilitas layanan bergerak (mobile)  dalam melakukan perekaman data. Hal itu juga berlaku bagi penghuni lembaga pemasyarakatan. Untuk itu, dirinya menghimbau agar seluruh masyarakat di Kabupaten Toba Samosir dapat memanfaatkan pelaksanaan e-KTP ini secara gratis dan massal. “Dengan adanya sosialisasi ini, maka diharapkan para peserta sosialisasi dapat membagi informasi tentang penerapan e-KTP ini kepada masyarakat luas,” ujar Rosita.

Acara sosialisasi yang dilanjutkan dengan paparan penerapan e-KTP dengan nara sumber Asisten Pemerintahan Setdakab Toba Samosir Drs. Rudolf Manurung itu dihadiri para asisten, staf ahli, pimpinan SKPD, camat se-Toba Samosir, uspika Balige, lurah/ kepala desa, kepala puskesmas, badan permusyawarahan desa, kepala sekolah dan guru, serta para tokoh agama,tokoh adat, dan tokoh masyarakat.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak didampingi Staf Ahli Bidang Hukum Lodewyk Panjaitan, SH dan Camat Silaen Harapan Napitupulu, SH saat Sosialisasi Penerapan e-KTP di Kantor Camat Silaen, Selasa (27/03/2012).
Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Drs. T.A.Dugat Panjaitan saat melakukan sosialisai penerapan e-KTP di Kantor Camat Habinsaran, Rabu (28/03/2012).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s