Berita Terbaru

INVESTASI DAN KELESTARIAN LINGKUNGAN HARUS DIJAGA

Pemerintah Kabupaten Toba Samosir melalui Badan Lingkungan Hidup sangat mengapresiasi para pengusaha yang menanam investasinya dalam bidang usaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun dalam menjalankan usahanya itu perusahaan tetap harus memperhatikan dan menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya.

Demikian dikatakan Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Pertambangan Kabupaten Toba Samosir Drs. Agust Nadeak M.Si saat sosialisasi pengelolaan limbah dalam rangka mewujudkan keserasian lingkungan yang diadakan PT Hutahaean di Kantor Camat Laguboti, Kamis (29/03/2012).

Dikatakan Agust, sesuai dengan peninjauan yang dilakukan pihaknya ke PT. Hutahaean beberapa waktu lalu, pihak perusahaan harus berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar pabrik dengan memperbaiki kolam penampungan limbah agar sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan untuk berdirinya sebuah pabrik. “Investasi yang ditanamkan para pengusaha kita jaga, namun kelestarian alam dan lingkungan sekitar harus terjaga pula,” ujar Agust.

Sementara itu, pihak PT. Hutahaean yang terdiri dari Ferry Syaflansein, didampingi Mangapul Hutajulu dan Dungdung Simanjuntak mengatakan PT Hutahaean yang bergerak di bidang pengolahan ubi kayu menjadi tepung ini sejak beroperasi pada Desember 2010 sudah berkomitmen untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Dikatakannya, pabrik PT Hutahaean dapat mengolah ubi kayu menjadi tepung dengan kapasitas 192 ton/ hari. Namun saat ini masyarakat hanya mampu mensuplai  sekitar 40 ton/ hari atau 20-25% dari kebutuhan pabrik. Untuk itu pihaknya berharap agar masyarakat dapat mengolah lahan kosong yang dimiliki masyarakat untuk ditanami ubi kayu. Dengan demikian, maka para penanam ubi, pengumpul, dan juga pengusaha  dapat diuntungkan dengan berdirinya pabrik di Desa Pintu Bosi Kecamatan Laguboti ini. Terkait dengan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), pihaknya berjanji untuk memperbaiki sebaik mungkin sesuai dengan persyaratan yang berlaku sehingga limbah pabrik tidak mencemari lingkungan sekitarnya.

Turut hadir dalam sosialisasi ini Camat Laguboti Taruli Siagian, SH, uspika, Sekdis Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Toba Samosir Ir. TH Sitorus,  para kepala desa dan warga desa sekitar pabrik PT. Hutahaean yakni Desa Ujung Tanduk,  Gasaribu, Pintu Bosi, Sintong Marnipi dan Pardomuan Nauli.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s