BUPATI TINJAU LOKASI KARYA BHAKTI TNI TA 2012

Meski harus menempuh medan yang sulit dijangkau dan harus ditempuh dengan berjalan kaki karena tidak dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat, tidak menyurutkan niat Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak untuk meninjau lokasi Karya Bhakti TNI TA. 2012 berupa kegiatan pembukaan jalan baru sepanjang 3.150 meter yang nantinya akan menghubungkan Desa Lumban Rau Utara menuju Lumban Rau Tengah di Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir, Senin (02/04). Selama melakukan peninjauan, tampak Bupati didampingi Dandim 0210/TU Letkol Arh Sony Hendayana, Kapolres Toba Samosir AKBP Budi Suherman, Camat Nassau Bakhtiar Simanjuntak, beberapa pimpinan SKPD dan undangan lainnya. Bupati berharap melalui Karya Bhakti TNI dalam pembukaan jalan ini, akan dapat membantu upaya mensejahterakan masyarakat melalui ketersediaan akses jalan yang mempermudah jalur transportasi dan dengan sendirinya akan menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Juga melalui pembukaan jalan ini, Bupati berharap  akan dapat mengurangi daerah-daerah yang masih terisolir di Kecamatan Nassau karena ketiadaan akses jalan menuju lokasi-lokasi tersebut.

Sebelum peninjauan lokasi Karya Bhakti, telah berlangsung upacara Pembukaan Karya Bhakti TNI TA. 2012 di Lapangan SMPN 2 Nassau, Desa Lumban Rau Utara dengan Inspektur Upacara Dandim 0210/ TU Letkol Arh Sony Hendayana yang sekaligus selaku Komandan Satgas Karya Bhakti. Dalam amanatnya, disampaikan bahwa Karya Bhakti TNI merupakan program lintas sektoral yang berupaya membantu percepatan akselerasi pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena itu, selaku Dan Satgas, telah memerintahkan  agar seluruh prajurit TNI di jajarannya,  melaksanakan tugas mulia ini dengan penuh tanggung jawab dan profesional. Disamping itu, juga dikatakannya, agar prajurit TNI juga mampu memupuk semangat gotong royong dan kebersamaan serta meningkatkan kepekaan dan kepedulian social dan dapat membangun komunikasi yang persuasive kepada seluruh lapisan masyarakat.  Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan secara simbolis alat-alat kerja yang diterima masing-masing yang mewakili unsur TNI dan masyarakat.

Sementara itu, sebagaimana laporan yang disampaikan Letnan Satu Inf. Marasaman Siregar selaku Perwira Seksi Teritorial, disebutkan bahwa Karya Bhakti TNI ini melakukan kegiatan yang meliputi sasaran fisik dan non-fisik. Untuk sasaran fisik, disamping pembukaan jalan baru, juga akan dilakukan pembuatan waker plat sebanyak 6 (enam) unit, jembatan 1 (satu) unit dan pembuatan tembok penahan. Sementara sasaran non-fisik meliputi kegiatan penyuluhan-penyuluhan kepada warga setempat seperti penyuluhan PPBN, penyuluhan wawasan nusantara dan kebangsaan, penyuluhan kesehatan dan pertanian serta penyuluhan narkoba dan hokum. Sesuai dengan rencana pelaksanaan kegiatan, Karya Bhakti TNI TA 2012 dijadwalkan akan berakhir pada 22 April 2012 mendatang.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s